Pengguna Setia Facebook? Hati-Hati, Kepuasan Hidup Anda Terancam

Pengguna Setia Facebook? Hati-Hati, Kepuasan Hidup Anda Terancam | APAKAH Anda sering merasa hidup kurang optimal dan maksimal?

Jika Anda pengguna setia Facebook, mungkin Anda perlu berhenti menggunakan aplikasi jejaring sosial yang satu ini.

Sebuah studi menunjukkan bahwa penggunaan Facebook dapat menyebabkan ketidakpuasan dalam hidup.

Dengan kata lain, semakin sering aplikasi ini digunakan, maka kepuasan hidup diketahui semakin menurun, demikian dilaporkan Huffington Post, Jumat (16/8).

Ethan Kross, ahli psikologi sosial dari University of Michigan Institute for Social Research mengungkapkan, “Pada dasarnya, Facebook memang menyediakan sumber tak ternilai yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia untuk melakukan koneksi sosial.”

“Akan tetapi, dibanding mengembangkan diri, kami menemukan bahwa penggunaan Facebook malah menunjukkan hasil berlawanan, yakni mengacaukannya.” tambahnya.

Salah satu indikasi dilihat dari hasil survei yang menunjukkan bahwa Facebook aktif digunakan saat seseorang merasa kesepian.

Penelitian serupa yang dilakukan oleh sekelompok peneliti Jerman awal tahun ini juga mengemukakan bahwa satu dari tiga orang mengatakan, bermain Facebook malah membuat diri mereka merasa tidak puas dengan hidup.

“Kami terkejut saat mengetahui jumlah orang yang mengalami pengalaman negatif akibat Facebook yaitu diliputi perasaan iri, kesepian, kesal atau marah.” jelas Hanna Krasnova dari Institute of Information Systems di Humboldt University, Berlin.

Apakah Anda merasakan hal yang sama saat membuka jejaring sosial karya Mark Zuckerberg ini?