Ada Mobil Murah Suzuki, Nasib Splash Terancam?

Ada Mobil Murah Suzuki, Nasib Splash Terancam?

Bertepatan dengan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013, Suzuki Indomobile Sales (SIS) akhirnya memperkenalkan mobil murah ramah Lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC), Suzuki Karimun Wagon R.

Dengan bentuknya yang mirip Karimun model terdahulu, banyak yang bertanya apakah mobil yang dicanangkan pemerintah ini akan memakan pangsa pasar sang kakak, yakni Suzuki Splash.

Executive Vice President Suzuki Motor Corp, Toshihiro Suzuki tak menampik mobil murahnya bakal mempengaruhi penjualan Splash kedepannya.

"Sebelum adanya Karimun Wagon R, memang konsumen sudah pindah ke Ertiga, dan kemungkinan akan ke Karimun," kata Suzuki yang merupakan putra kedua pendiri merek Suzuki di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu 21 September 2013.

Namun, Suzuki belum memastikan apakah dengan adanya Karimun Wagon R, Splash akan 'dibunuh', sebab sejak hadirnya varian matik, penjualan Splash masin cukup tinggi.

"Selanjutnya kami baru akan anaslisa, setelah meluncurkan produk LCGC. Yaitu Karimun Wagon R, Oktober mendatang," jelasnya.

Meski sama-sama city car, namun baik Splash dan Karimun Wagon-R memang berbeda. Mulai dari fitur, desain, mesin hingga harga.

Splash disokong mesin K12M DOHC VVT 4 silinder in line berkapasitas 1.2 liter yang sanggup menghasilkan tenaga 85 Ps pada 6.000 rpm dan torsi 113 Nm di 4.500 rpm.

Sedangkan, Karimun Wagon R menggendong mesin terbaru K10B DOHC Multi Injection 1.000 cc 12 Valve 3 silinder, mobil ini mampu menghasilkan tenaga 68 Ps dengan torsi 90 Nm.

vivanews.com