Analis: iPhone 6 Bakal Dibanderol Rp 11 Juta

Analis: iPhone 6 Bakal Dibanderol Rp 11 Juta
iPhone seri terbaru, 5S, baru beredar selama dua bulan di pasaran. Namun, hal tersebut tidak menghalangi para analis untuk membuat prediksinya perihal iPhone generasi selanjutnya, iPhone 6.

Salah satu prediksi terbaru datang dari Chris Caso, analis dari perusahaan Susquehanna. Ia memprediksi bahwa iPhone 6 akan dibanderol dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan iPhone 5S.

Prediksi tersebut dibuat berdasarkan kemungkinan iPhone 6 hadir dengan bentang layar yang lebih besar dan prosesor yang lebih canggih dari generasi sebelumnya.

Tingginya harga komponen di iPhone generasi sebelumnya ditambah dengan kebiasaan Apple mencari margin yang tinggi juga menjadi dasar dari prediksi Caso.

Berdasarkan analisis tersebut, Caso memprediksi harga iPhone 6 akan lebih mahal sekitar 50 hingga 100 dollar AS, jika dibandingkan dengan iPhone 5S.

"Kami merasa Apple akan memberi harga 50 hingga 100 dollar AS untuk layar yang lebih besar pada iPhone 6," tulis Caso, seperti dikutip dari AllThingsD, Kamis (21/11/2013). "Kami rasa, keputusan harga ini akan menghindarkan Apple dari 'pengikisan' margin yang terjadi pada iPhone 5."

Saat ini, iPhone 5S versi 64 GB dijual dengan harga 849 dollar AS. Jika sesuai dengan prediksi, iPhone 6 bisa saja dijual dengan harga 899 dollar AS atau 949 dollar AS (sekitar Rp 11 juta).

Apabila prediksi dari Caso tepat, maka ini akan menjadi kali pertama bagi Apple menghadirkan iPhone dengan harga yang berbeda dari generasi sebelumnya.

Tradisi "harga sama" produk Apple dengan generasi sebelumnya sebenarnya sudah pernah dipecahkan, meskipun di jenis perangkat yang berbeda. Bulan lalu, Apple merilis iPad Mini generasi dua dengan harga 399 dollar AS, 70 dollar AS lebih mahal dari iPad Mini generasi pertama yang dijual dengan harga 329 dollar AS.
Sumber: AllThingsD
Editor: Reza Wahyudi