Ban Vulkanisir Truk Vs Radial

Vulkanisir
Ban Vulkanisir Truk Vs Radial | BAN merupakan salah satu komponen vital kendaraan. Peran ban yang sangat penting membuat pemilik kendaraan wajib memperhatikan kondisinya. Tetapi, untuk membeli ban asli, tentu harus merogoh kantong yang lumayan dalam. Untuk itu, ban vulkanisir sering menjadi solusi.


Ban vulkanisir adalah ban yang didaur ulang. Yakni dengan melapis ulang ban yang permukaannya telah habis dengan karet veneer, kemudian memberikan kembang baru.

Bagi sebagian orang, menggunakan ban vulkanisir menjadi efisien karena lebih murah. Penggunaan ban vulkanisir juga merupakan suatu usaha ramah lingkungan, karena mengurangi polusi akibat pembuangan ban dan juga mengurangi jumlah penggunaan minyak yang digunakan untuk memproduksi ban.

Harga ban asli dan vulkanisir cukup berbeda jauh. “Untuk satu ban truk aslinya bisa lebih dari dua juta. Sedangkan kalau vulkanisir sekitar satu juta saja,”

Harga ban vulkanisir untuk mobil pribadi lebih murah ketimbang truk. Menurut pengamatan saya, mobil pribadi biasanya lebih memiliki ban yang asli. Berbeda dengan truk untuk mengangkut barang. “Biasanya sopir pilih ban vulkanisir, mungkin untuk menghemat biaya operasional,” tuturnya.

Lalu bagaimana cara membedakan ban vulkanisir dan asli? 

Pada ban vulkanisir dapat terlihat sambungan di tengah body ban tersebut. Perbedaan harga ban radial dan ban vulkanisir cukup jauh.

Adanya perbedaan konstruksi ban dan perbedaan harga, maka tidak dapat dipungkiri pasti ada perbedaan kualitas. Ban asli (radial) memiliki batas kecepatan maksimal yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan ban vulkanisir. Ban radial juga memiliki daya tahan untuk medan keras dan terjal yang lebih kuat ketimbang vulkanisir.

Meskipun demikian, ban vulkanisir masih aman digunakan. “Ban vulkanisir aman untuk digunakan di dalam kota. Ban vulkanisir hanya boleh digunakan di belakang,” 

Lengkap Tentang Teori Vulkanisir Ban Klik Disini


Salam Vulkanisir