Bisa Apa Saja BBM di Android dan iPhone?

Bisa Apa Saja BBM di Android dan iPhone? Setelah resmi diumumkaikn , kemunculan aplasi pesan instan populer BlackBerry Messenger (BBM) di Android dan iOS tinggal menunggu hitungan hari.

Mulai Sabtu 21 September (Google Play) dan Minggu 22 September (App Store) nanti, pengguna Android serta iPhone sudah bisa menikmati aplikasi BBM di perangkat masing-masing tanpa perlu membeli ponsel BlackBerry.

Update: Setelah tertunda satu bulan, BlackBerry akhirnya resmi meluncurkan kembali BBM untuk Android dan iPhone pada Senin (21/10/2013). (Baca: Resmi, BBM untuk Android dan iPhone Suda Bisa Diunduh). Aplikasi resmi BBM lintas platform dapat diunduh dari tautan ini untuk pengguna Android dan tautan ini untuk pengguna iPhone.

Kendati populer, BBM kini tak sendiri. Para penyedia layanan serupa, seperti WhatsApp, Line, WeChat, dan kawan-lawan telah turut meramaikan jagat aplikasi pesan instan.

Nah, apa saja fitur andalan yang ditawarkan BBM untuk menarik pengguna di tengah persaingan panas aplikasi-aplikasi chatting tersebut? Berikut ini daftarnya sebagaimana dikutip dari blog resmi BlackBerry.

1. "Chatting" ala BBM

Pengguna BlackBerry tentu akrab dengan huruf kecil "D" dan "R" di BBM yang menunjukkan status pesan apabila telah terkirim dan dibaca.

BBM juga menunjukkan apabila lawan bicara sedang mengetik pesan balasan. Fitur khas yang satu ini turut diboyong ke BBM di Android dan iOS.

2. Kemampuan berbagi foto dan "voice notes"

Kemampuan pengiriman lampiran file (attachment) berupa gambar atau file jenis lain adalah salah satu fitur wajib untuk aplikasi chatting masa kini. BBM pun tak alpa menyediakan fungsi tersebut.

3. BBM Group hingga 30 pengguna

BBM Groups di aplikasi BBM untuk Android dan iOS mampu menampung hingga 30 pengguna berbeda. Seperti di ponsel BlackBerry, group chat ini juga mendukung sharing gambar dan jadwal antarsesama anggota, juga penyiaran satu pesan ke banyak pengguna sekaligus di dalam grup alias Broadcast Message.

4. Notifikasi perubahan status

BBM akan memberi tahu pengguna apabila ada pesan baru, perubahan status, ataupun penggantian foto Profile Picture dari teman-teman di dalam daftar kontak.

5. "Personal Identification Number" (PIN)

Inilah salah satu keunikan yang membedakan BBM dari teman-temannya sesama aplikasi pesan instan. PIN dipakai untuk mengidentifikasi pengguna agar nomor telepon atau alamat e-mail tak perlu tersebar sehingga menjaga privasi.


Selain fitur-fitur di atas, BlackBerry juga berencana menambahkan sejumlah fungsi tambahan pada aplikasi BBM di Android dan iPhone pada waktu yang akan datang. Salah satunya adalah BBM Channel yang menjembatani komunitas dengan brand atau selebriti.

Fitur voice call dan video call juga bakal hadir belakangan untuk BBM di Android dan iOS.