Sumut resmi ikut bidding PON 2020

Sumut resmi ikut bidding PON 2020 | Sumut akhirnya memastikan ikut bersaing dalam memperebutkan kesempatan menjadi tuan rumah PON XX/2020, setelah resmi mendaftar kepada panitia bidding di Kantor KONI Pusat, Jakarta, Kamis.

Saat mendaftar, Sekda Pemprovsu Nurdin Lubis didampingi anggota DPR RI Chairuman Harahap, Wakil Ketua DPRD Sumut Kamaludin Harahap, dan Kadispora Sumut Khairul Anwar Lubis.

Juga turut mendampingi pengurus KONI Sumut, di antaranya Ketua Harian John Ismadi Lubis, Sekretaris Umum Chairul Azmi dan Sakiruddin. Rombongan Sumatera Utara diterima langsung Ketua Tim Penjaringan, Inugroho.

"Hari ini (kemarin-red) kami resmi menyampaiknan permohonan kesiapan menjadi tuan rumah PON 2020 ke KONI Pusat. Tentunya dengan segala persyaratan yang ditetapkan," kata Nurdin.

Ditambahkan, keinginan Sumut menjadi penyelenggara PON, sesungguhnya sudah dimulai sejak 2008 saat ikut bidding. Hanya saja, Sumut kalah bersaing dari Kalimantan Timur yang akhirnya menjadi tuan rumah.

"Karena itu, kami mohon keinginan menjadi tuan rumah yang merupakan harapan seluruh masyarakat Sumut direspon oleh KONI. Sebab secara pengalaman empiris, Sumut sudah pernah menjadi tuan rumah PON III," paparnya.

Terkait fasilitas yang disiapkan sekiranya terpilih, ia berjanji akan memberi pelayan prima, khususnya untuk aspek tamu dengan biaya murah. Baik itu hotel, makanan maupun transportasi selama berlangsungnya PON.

Dikatakan, pada prinsipnya, Sumut saat ini sudah siap menjadi tuan rumah sekira 60 persen. Dalam rentang waktu enam tahun lebih ke depan, pihaknya pun akan menyiapkan segala fasilitas yang dibutuhkan.

"Kita siap bersaing dengan provinsi lain. Tentunya berharap KONI melihat secara obyektif, sebab relatif semua tersedia di Sumut, apalagi penerbangan. Dukungan dari seluruh masyarakat Sumut, demikain juga dengan perantau asal Sumut cukup besar," urai Nurdin.

Mengenai munculnya wacana menjadi tuan rumah bersama dengan Aceh, Nurdin mengaku kemungkinan tersebut sangat terbuka. Hanya saja, sejauh ini masih berkeinginan sebagai tuan rumah tunggal dan sudah menyetorkan uang jaminan senilai Rp1 miliar.

"Sumut sudah berpengalaman menggelar event-event bertaraf nasional maupun internasional. Sangat diharapkan menjadi poin penting dalam upaya menjadi tuan rumah PON," tandasnya. 

waspada.co.id