Tren Aksesori Mobil 2013

Bicara dunia aksesori mobil, tak ada habisnya. Lantas, model aksesori apa saja yang paling diminati sepanjang tahun ini?
Tren Aksesori Mobil 2013
Dari kacamata agen tunggal pemegang merek (ATPM), Anton Jimmy, GM Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) menjelaskan, permintaan aksesoris terus meningkat seiring membesarnya penjualan mobil baru. Menurutnya ada beberapa kategori konsumen aksesori di bisnis mobil nasional. Pertama, segmen konsumen yang lebih sadar pada masalah kualitas. Kedua, mereka yang tidak terlalu mementingkan kualitas dan lebih mementingkan segi tampilan semata.

"Bicara aksesori asli (genuine) konsumen mayoritas ada pada produk-produk eksterior, mulai dari body kit, tempelan, garnish, dan sebagainya. Tapi, ternyata tren pada aksesori elektronik seperti audio, layar di belakang sandaran jok, kamera, atau interior mobil secara umum naik cukup signifikan tahun ini," jelas Anton kepada KompasOtomotif (12/12/2013).

Tren pengembangan interior ini, berkaitan erat dengan semakin pesatnya industri 'gadget' di dunia. Konsumen butuh suatu nilai tambah pada mobilnya ketimbang sekedar memperbaiki tampilan semata. "Konsumen biasanya lebih sadar akan kualtas untuk melengkapi kendaraannya dengan jenis aksesori ini, makannya produk asli (genuine) biasanya lebih dipilih," beber Anton.

Proyektor
Hendra, pemilik gerai aksesori purna jual Automania, justru menilai filosofi utama konsumen melengkapi mobilnya dengan berbagai tambahan adalah demi tampil beda dari pemilik lain. Artinya, dominasi penjualan produk-produk aksesori adalah yang bisa dilihat mata dan eksterior mobil jadi utamanya.

"Tapi, selain tampil beda, sekarang konsumen juga mementingkan kegunaan dari aksesori itu. Misalnya, saat ini lagi booming lampu proyektor yang banyak dipesan konsumen, selain tampilan lebih keren, nyala lampu juga lebih terang, jadi lebih aman di jalan," papar Hendra.

Produk lain yang masih banyak dicari untuk interior meliputi konsol penyimpan kacamata atau karpet. "Intinya mereka beli bukan sekedar tampilan, tapi faktor kegunaan juga dipertimbangkan benar-benar," tukas Hendra.
 http://otomotif.kompas.com