8.699 Puskesmas siap layani BPJS

8.699 Puskesmas siap layani BPJS | irjen Bina Upaya Kesehatan Kementerian Kesehatan Akmal Taher mengatakan, guna melayanan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan itu telah terdaftar 8.699 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), dengan sebagian besar memiliki antara 1-3 tenaga dokter. “Ada 877 Puskesmas tidak memiliki tenaga dokter, sementara 257 Puskesmas memiliki tenaga dokter lebih dari 5,” tambahnya.

Ia menyebutkan, sebenarnya jumlah Puskesmas yang telah dikontrak mencapai 9.217, namun yang telah selesai divalidasi baru mencapai 8.699 Puskesmas. Dari jumlah itu, jumlah keseluruhan tenaga dokter mencapai 16.756 orang. “Dengan rasio 1 dokter melayani 5.000 peserta JKN, maka masih terdapat kekurangan 6.947 dokter,” jelas Prof. Akmal.

Pelayanan kesehatan yang diberikan di Puskesmas bagi peserta BPJS Kesehatan, menurut Akmal, mencakup kasus medis yang dapat diselesaikan secara tuntas; kasus medis yang membutuhkan penanganan awal sebelum dilakukan rujukan; kasus medis rujuk balik; pemeriksaan, pengobatan, dan tindakan pelayanan kesehatan gigi tingkat pertama; pemeriksaan ibu hamil, nifas, ibu menyusui, bayi dan balita oleh bidan atau dokter; dan rehabilitasi medik dasar.

Guna mengatasi pemenuhan tenaga dokter itu, menurut Akmal, pemerintah akan memindahkan dokter dari Puskesmas yang berlebih ke yang kekurangan. Selain itu, pada Februari ini akan dilakukan penempatan 1.500 dokter , di antaranya 500 dokter PTT (Pegawai Tidak Tetap). Sementara untuk daerah terpencil dan sangat terpencil, akan dipenuhi dengan formasi khusus CPNS sebagai 3.000 tenaga medis, pengangkatan CPNS daerah, dan perlakukan khusus melalui tenaga flying health care.

Dirjen Bina Upaya Kesehatan Kementerian Kesehatan itu menjelaskan, untuk faslitas kesehatan lanjutan saat ini sudah ada 1.710 rumah sakit yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Sementara yang potensial bekerjasama dengan BPJS Kesehatan masih ada 504 fasilitas kesehatan lagi, yang terdiri atas 56 rumah sakit (RS) pemerintah, 42 RS swasta, 396 RS Khusus, dan 10 RS TNI.

Adapun untuk pelayanan di tiap Fasilitas Kesehatan Rujukan, saat ini tersedia 2.878 dokter spesialis, masih kurang 1.061 dokter spesialis. Namun pada 2014 ini diharapkan ada 1.210 peserta Program Pendidikan Dokter Spesialis Beasiswa Kemenkes (PPDS-BK) yang akan lulus sebagai dokter spesialis.
(dat03/setkab)

Admin tidak bertanggung jawab atas semua isi komentar ,Mohon dipahami semua isi komentar dengan bijak