Amerika Berpotensi Alami Rekor Suhu Terendah

Amerika Berpotensi Alami Rekor Suhu Terendah | Beberapa wilayah di Amerika berpotensi mencapai rekor temperatur terendah karena suhu dingin dari Kutub Utara diperkirakan masih akan mengakibatkan cuaca yang lebih membekukan.

Badai salju telah membuat beberapa wilayah di Kanada dan Amerika Serikat bagian timur laut tertutup timbunan salju setebal 60 cm. Kondisi tersebut telah mengakibatkan 16 orang tewas dan 5.000 penerbangan dibatalkan sejak Rabu (1/1).

Para prakirawan cuaca menyebutkan, temperatur di wilayah Mid-West bisa mencapai angka terendah minus 50 derajat Celsius dengan efek angin dingin menusuk tulang. Pihak berwenang telah memperingatkan warga untuk tetap tinggal di dalam rumah. Di Kanada, puluhan ribu orang di Pulau Newfoundland hidup tanpa penerangan listrik karena badai salju hebat.

”Cuaca terdingin dalam beberapa tahun terakhir akan terjadi mulai dari wilayah Mid-West hingga Mid-Atlantic,” bunyi pernyataan yang dikeluarkan oleh Badan Cuaca Nasional AS, kemarin. Ohio, South Dakota, dan Illinois adalah di antara sejumlah negara bagian yang akan mengalami kondisi semacam itu. Penurunan suhu udara sangat dingin dari Kutub Utara terjadi mulai Sabtu (4/1) malam hingga Selasa (7/1) besok.

Kondisi semacam itu akan terus berlangsung menuju wilayah timur laut, tempat para warga baru saja dilanda badai salju hebat, dan bisa menimbulkan suhu terendah dalam dua dasawarsa terakhir. ”Suhu terdingin pernah terjadi pada 1994,” ujar Bob Oravec, prakirawan cuaca dari Badan Cuaca Nasional.

Pembatalan Penerbangan

Di Kanada, suhu turun drastis mencapai minus 29 derajat Celsius di Toronto dan minus 38 derajat Celsius di Quebec City pada Kamis lalu. Ini merupakan suhu terendah di wilayah itu, paling tidak dalam dua dasawarsa terakhir.

Sekitar 1.200 penerbangan dibatalkan di seluruh AS dan 6.000 penerbangan ditunda pada Sabtu waktu setempat, setelah lebih dari 4.000 pembatalan penerbangan beberapa hari sebelumnya. O’Hare International Airport di Chicago dan Newark Liberty International Airport di New Jersey merupakan contoh beberapa bandara yang mengalami dampak terburuk.

Pihak berwenang Kanada mengeluarkan peringatan khusus mengenai badai salju hebat di sebagian besar wilayah Ontario pada Minggu kemarin. ”Angin dingin yang sangat ekstrem kemungkinan akan melanda wilayah itu dalam hari-hari pertama pekan ini,” bunyi peringatan tersebut. (rtr-sep-38-suaramerdeka)