Cara Membuat Blog Ringan Loadingnya

Cara Membuat Blog Ringan Loadingnya
Apakah loading blog sobat lambat alias lelet? Mengapa itu bisa terjadi? Salah satu manfaat yang kita dapatkan dari blog yang ringan adalah pengunjung senang, mengapa senang? Karena artikel yang ingin dibacanya langsung terlihat hanya dalam kurang dari 3-4 detik, bahkan kurang dari itu (menurut Julak lhoo). Tidak menutup kemungkinan pengunjung tersebut akan kembali lagi ke blog kita nantinya. 
Loading blog yang lambat membuat pengunjung langsung ngacir, apalagi konten yang disajikan kurang menarik. Selain itu google menyukai blog yang ringan, sehingga ini berpengaruh terhadap SEO blog kita. Nah pada kesempatan ini Julak mau berbagi sedikit tips bagaimana cara membuat blog yang ringan loadingnya.
  1. Pertama sekali adalah "tetapkan dulu tujuan kita ngeblog". Kenapa? Seorang Blogger yang ingin mencari duit dari aktivitas blogging tentu akan "menyesaki" blognya dengan tampilan iklan di sana-sini. Jelas ini akan berpengaruh terhadap loading blognya. Berbeda dengan blogger yang hanya sekedar mencari kesenangan atau sekedar berbagi ilmu yang mereka miliki.
  2. Menentukan template blog yang tepat. Yang saya maksud di sini adalah jika kita memilih template bawaan blogger, pilihlah yang mudah. Karena menurut saya template itu cukup ringan. Jika sobat mau mengganti template blog hasil download milik blog lain, pastikan dulu ukuran template tersebut, jika lebih dari 60-70kb saya yakin template itu berat loadingnya nanti, belum lagi jika kita tambahkan file javascript,  dan widget-widget di sidebar, footer, ataupun iklan di header. 
  3. Kurangi widget yang "tidak perlu". Misalnya jam, streaming musik online, karena itu jelas, bagi saya pribadi itu kurang bermanfaat buat blog. Saya yakin di komputer pengunjung blog sudah ada jam, dan mungkin juga pengunjung blog sedang mendengarkan musik dari komputernya sendiri. Pernah juga saya berkunjung ke blog teman, penunjuk statistik kunjungan blognya aja sampai 3 macam. Untuk apa?
  4. Sebisa mungkin hindari memasang widget di sidebar kiri, karena search engine membaca blog secara berurutan adalah dari bagian header, sidebar kiri, posting, sidebar kanan dan terakhir footer. Jadi saya sarankan pasanglah widget di sidebar kanan, jika memang sobat memakai template 3 kolom, pastikan widget di sidebar kiri tersebut adalah widget bawaan blogger.com dan tentu saja pilh yang menunjang SEO, misalnya recent posts, label/kategori dll.
  5. Minimalkan ukuran memori gambar postingan. Tidak hanya dari kuantitas atau banyaknya jumlah gambar, namun walaupun satu gambar jika ukurannnya sampai 100kb atau lebih jelas ini akan memperberat loading blog. Salah satu caranya ialah dengan mengcompress gambar tersebut. Sobat bisa menggunakan image editor seperti Photoshop ataupun software lainnya. Salah satu software untuk mencompress image adalah Advance JPEG compressor, silakan cari sendiri yaa?
  6. Pakailah background blog kita dengan warna, bukan gambar, kalaupun harus gambar untuk keindahan blog pakailah yang memorinya kecil. 
Jika sobat ingin mengecek atau ingin mengetahui seberapa ukuran loading blog kita bisa mengunjungi developers.google.com/pagespeed

Tinggal masukkan url blog sobat, kemudian klik analyze, nilai maksimal ialah 100, jika semakin tinggi hasil nilai yang didapat berarti semakin ringan loading blog sobat.  Selain itu akan dideskripsikan pula hal-hal apa saja yang harus dilakukan agar blog sobat menjadi ringan. (high priority, merah, ini yang utama)

Mungkin itu saja sedikit tips bagaimana cara membuat loading blog menjadi ringan. Sebetulnya masih banyak cara lain. Namun sebagai blogger pemula itu saja tips sederhana yang bisa kita optimalkan dan tips-tips lain itu bisa kita bahas di kesempatan lain. 
Nah, jika sobat mau menambahkan silahkan. Atau mungkin pendapat saya ada yang salah mohon diralat. 6 tips di atas berdasarkan pengalaman saya sebagai Blogger Coba-Coba  sendiri selama ini menggeluti dunia blogging. Hehehe.
Selamat Berkarya, Salam Vulkanisir