SBY beri beasiswa korban Sinabung

SBY beri beasiswa korban Sinabung
KABANJAHE – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan, Pemerintah akan memberikan bantuan beasiswa kepada pelajar Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menegah Atas dan termasuk mahasiswa, akibat erupsi Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara.

“Bantuan biaya pendidikan itu dilakukan mengingat sebagian warga Kabupaten Karo mengalami musibah bencana alam, tanah dan lahan perkebunan milik mereka yang hancur akibat erupsi Gunung Sinabung,” kata Presiden di Kabanjahe, hari ini.

Hal tersebut ditegaskan Presiden Yudhoyono di depan ratusan pengungsi erupsi Gunung Sinabung yang ditempatkan di lokasi penampungan Paroki Gereja Khatolik, Kabanjahe.

Kebijakan memberikan bantuan bea siswa kepada para pelajar dan mahasiswa tersebut, menurut Presiden Yudhoyono, berdasarkan hasil keputusan rapat tadi malam (Kamis, 23/1) di lokasi Paroki yang dihadiri sejumlah menteri, Gubernur Sumut, Bupati Tanah Karo, BNPB, dan instansi terkait lainnya.

“Ini dilakukan pemerintah pusat, tidak lain untuk membantu meringankan beban penderitaan warga yang menjadi korban bencana alam erupsi Gunung Sinabung,” ucap Kepala Negara.

Presiden Yudhoyono menyebutkan, pemerintah pusat tidak akan membiarkan anak-anak pelajar dan mahasiswa “droup out” atau putus sekolah karena terjadinya bencana alam tersebut.

Para mahasiswa yang mengalami bencana erupsi Sinabung itu, banyak menimba ilmu di luar Kota Kabanjahe.Mereka harus tetap diperhatikan dan jangan sampai berhenti kuliah.

Apalagi, jelas Presiden, sebagian warga yang menjadi korban bencana Gunung Sinabung itu, tidak lagi memiliki pekerjaan, karena lahan pertanian mereka sudah mengalami kerusakan dan saat ini tinggal di lokasi penampungan.

Selain itu, kata Presiden, mata pencaharian korban erupsi Sinabung, hanya sebagai petani dan lahan yang selama ini mereka kelola juga sudah hancur, akibat debu vulkanik.

“Pemerintah Pusat memiliki kepedulian sosial yang cukup tinggi mengenai bencana erupsi Sinabung, baik pendidikan, kesehatan dan juga menyiapkan logistik bagi pengungsi di lokasi penampungan,” kata Presiden Yudhoyono.

Dalam kunjungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Kabanjahe, juga didampingi bu Ani Yudhoyono, Sekjen DPP Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono, Mensesneg Sudi Silalahi, Menkopolhukam Joko Suyanto, Menkokesra HR Agung Laksono, Mendagri Gamawan Fauji, Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko, Kapolri Jenderal Pol Sutarman dan beberapa menteri lainnya.

Editor: SASTROY BANGUN
(dangstars/antara)