Sebab Akibat Gadget Cepat Panas Beserta Cara Mengatasinya

Sebab Akibat Gadget Cepat Panas Beserta Cara Mengatasinya | Biasanya, pengguna ponsel merasakan kejanggalan saat menggunakan ponselnya yang panas. Panas pada ponsel yang berlebihan tentu saja menimbulkan ketidaknyamanan saat digunakan. Anda perlu tahu nih apa saja yang menyebabkan ponsel cepat panas sehingga bisa melakukan tindakan preventif sebelum demam ponsel kita semakin parah.
1. Kesalahan penggunaan
Tentu saja, terlalu sering menggunakan ponsel anda untuk sms-an ria, telepon, mendengarkan musik maupun internetan akan menyebabkan overheat sebab prosesor, GPU, RAM dituntut untuk bekerja keras yang dalam hal ini membutuhkan energi lebih banyak dari baterai. Pergunakanlah ponsel anda dengan bijak, jangan sampai memforsir energi ponsel anda, selain menyebabkan baterai cepat habis dan panas, hal ini juga menyebabkan ponsel anda pensiun lebih cepat. Gunakanlah dalam janga waktu, misalnya 2 x 2 jam lebih baik daripada digunakan 1 x 4 jam

2. Cuaca yang panas
Keadaan ruangan yang panas serta suhu udara yang tinggi juga berpengaruhterhadap ponsel. Suhu ponsel akan terbawa dengan suhu sekitar. Untuk menghindarinya, gunakanlah gadget anda di tempat yang sejuk (sama seperti ketika anda menggunakan Laptop atau Komputer yang memerlukan kipas untuk menstabilkan suhu). Pergunakanlah jari anda untuk memegang, bukan telapak tangan anda karena suhu dari telapak tangan akan membuat gadget bertambah panas.

3. Intensitas Sinyal
Jika anda menggunakan gadget di tempat yang minim sinyal apalagi digunakan untuk internetan, akan mempercepat ponsel anda panas sebab ponsel masih terus bekerja untuk menemukan sinyal. Gunakanlah ponsel untuk internetan di tempat yang memang anda yakin ada sinyal yang cukup. Terlalu memaksakan menggunakan jaringan (3G/WCDMA Only misalnya) juga dapat membuat ponsel cepat panas jika jaringan di tempat anda lebih stabil di 2G/EDGE s. Gunakanlah jaringan yang cocok.

4. Banyaknya aplikasi yang berjalan bersamaan
Kerap kali kita membiarkan beberapa aplikasi masih berjalan dibalik layar atau di background. Hal ini menyebabkan gadget cepat panas akibat kerja multitasking yang terkadang malah sebagian tidak kita gunakan. Sebaiknya gunakan tombol / softkey back atau menu exit setelah menggunakan aplikasi. Menggunakan tombol Home untuk menutup aplikasi menyebabkan aplikasi tetap berjalan dibalik layar sehingga akan membebani kinerja prosesor.

5. Kerusakan baterai
Baterai yang terlalu sering digunakan biasanya mengalami kerusakan atau aus. Tanda-tandanya biasanya baterai akan kembung bahkan bisa keluar cairan dari baterai. Jika baterai anda rusak, segera gantilah karena jika tidak dapat menyebabkan kerusakan lain pada ponsel anda dan jangan lupa belilah yang original untuk menjamin kualitasnya.

Admin tidak bertanggung jawab atas semua isi komentar ,Mohon dipahami semua isi komentar dengan bijak