Selamat ulang Tahun Eugène Viollet-le-Duc Ke 200 di Logo Google Hari ini

Selamat ulang Tahun Eugène Viollet-le-Duc Ke 200 di Logo Google Hari ini
Google Rayakan HUT ke-200 Arsitek Ternama Perancis
Hari ini logo google kembali berubah, tampilannya ada castle atau benteng-benteng jaman kala dan temanya adalah Hari Ulang Tahun ke-200 Eugene Viollet-le-Duc. Siapakah Eugène Viollet-le-Duc sehingga ia mendapat penghargaan dari google seperti ini.

Jika Anda mengakses Google hari ini, maka akan langsung terlihat gambar sebuah bangunan seperti kastil pada tampilan Google Doodle. Apakah maksudnya?

Kastil yang dihadirkan pada tampilan Google Doodle hari ini adalah sebuah bangunan bersejarah di Perancis yang bernama Chateau de Pierrefonds. Bangunan berdesain gotik tersebut merupakan hasil rancang ulang dari seorang arsitek ternama Perancis, Eugene Viollet-le-Duc.

Ya, hari ini raksasa teknologi asal AS itu memang sedang memperingati hari kelahiran Eugene Viollet-le-Duc yang ke-200.

Eugene Viollet-le-Duc dilahirkan di Paris, Perancis, pada 27 Januari 1814. Ia adalah seorang arsitek dan pemikir ulung yang terkenal karena penafsirannya mengenai 'restorasi' bangunan-bangunan Abad Pertengahan.

Sebagian besar karyanya berupa bangunan restoratif, dan beberapa bangunan independen juga pernah dirancangnya. Gaya arsitekturnya sangat bertentangan dengan arsitektur Beaux-Arts yang sedang tren di masa itu.
Oleh karena itu, sebagian besar karyanya dicemooh oleh orang-orang pada jamannya.

Beberapa bangunan restorasinya, seperti Chateau de Pierrefonds, menjadi sangat kontroversial karena tidak dimaksudkan untuk membuat situasi yang akurat dengan menciptakan sebuah 'bangunan sempurna' gaya abad pertengahan.

Namun, Viollet-le-Duc tidak peduli karyanya dikritik. Menurutnya, restorasi sebuah bangunan bukan untuk mempertahankan, memperbaiki atau membangun ulang, tetapi untuk membangun kembali dalam keadaan lengkap yang mungkin tidak pernah ada pada saat itu.

Meski dianggap kontroversial, pemerintah Perancis mempercayai Viollet-le-Duc untuk merancang struktur internal dari Patung Liberty. Patung ini akhirnya diberikan kepada Amerika Serikat sebagai hadiah dari rakyat Perancis.

Di masa tuanya, Viollet-le-Duc menetap di kota Lausanne, Swiss. Di sini, ia merestorasi sebuah vila yang telah dihancurkan hingga akhirnya ia meninggal di tempat tersebut pada 17 September 1979, dalam usia 65 tahun.

Eugène Emmanuel Viollet-le-Duc (bahasa Perancis: [øʒɛn ɛmanɥɛl vjɔlɛ lə dyk]; lahir 27 Januari 1814 – meninggal 17 September 1879 pada umur 65 tahun) adalah seorang arsitek dan teoris Perancis, ia adalah seorang arsitek dan pemikir ulung terkenal karena penafsirannya mengenai "restorasi" bangunan-bangunan Abad Pertengahan. Lahir di Paris, ia adalah arsitek ternama pada era Kebangkitan Gotik. Sebagian besar karyanya berupa bangunan restoratif, dan beberapa bangunan independen juga pernah dirancangnya.

Gaya arsitekturnya sangat bertentangan dengan arsitektur Beaux-Arts yang sedang tren pada masa itu, dan sebagian besar karyanya dicemooh oleh tokoh-tokoh yang sezaman dengannya. Viollet-le-Duc adalah arsitek yang dipekerjakan untuk merancang struktur dalam Patung Liberty, tetapi ia wafat sebelum merampungkan proyek tersebut sayang sekali ya ia tidak bisa menikmati atau melihat hasil karya besarnya

Admin tidak bertanggung jawab atas semua isi komentar ,Mohon dipahami semua isi komentar dengan bijak