Cara Mengobati Sakit Gigi dengan Tuntas


Bagi siapa saja yang sedang mengalami sakit gigi pasti ingin mengetahui obat sakit gigi yang paling ampuh untuk mengatasi rasa sakitnya yang memang sangat mengganggu, terasa nyut-nyut bahkan sampai ke kepala seperti mau pecah, mungkin seperti yang Anda alami sekarang.

Selain obat sakit gigi, perlu juga mengetahui bagaimana cara mengobati sakit gigi dengan tuntas, tentunya hal ini bertujuan agar tidak kambuh lagi. Karena seringkali sakit gigi itu kambuh-kambuhan, artinya jika seseorang pernah mengalami sakit pada giginya, akan tetapi penyebab sakit gigi nya belum teratasi, maka kemungkinan besar sakit gigi akan muncul lagi.

Berikut beberapa penyebab sakit gigi yang perlu Anda tahu.

  • Kerusakan pada gigi (Gigi Berlubang, tinggal sisa akar). Kerusakan gigi ini merupakan penyebab sakit gigi yang paling utama, baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Gigi berlubang bisa terjadi karena bakteri yang hidup di mulut berkembang biak dan mengolah zat gula dan zat tepung dalam sisa makanan. Bakteri ini membentuk plak lengket yang menempel di permukaan gigi. Hasil olahan bakteri merupakan zat asam yang dapat merusak struktur keras gigi, yaitu lapisan putih di bagian luar gigi (enamel) hingga akhirnya gigi menjadi berlubang.
  • Abrasi Gigi akibat menyikat terlalu kuat.
  • Fraktur Gigi (patah)
  • Gusi bengkak
  • Gusi terinfeksi
  • Gerakan berulang, seperti mengunyah permen karet secara berlebihan.

Cara Mengobati Sakit Gigi

Ada bebrapa cara mengobati sakit gigi, mulai dari perawatan di rumah hingga pengobatn oleh dokter. Mari kita mulai dari hal-hal yang sederhana. Lakukan cara berikut untuk mengatasi Sakit Gigi yang sedang berlangsung.

Minum obat sakit gigi.
Obat penghilang rasa nyeri, Nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAID) seperti aspirin dan ibuprofen tergolong efektif untuk mengobati sakit gigi ringan, obat ini dijual bebas di apotek dan toko obat, jadi harap perhatikan etiket atau aturan pakainya.

Untuk sakit gigi yang lebih berat, terasa ngenyut sekali hingga ke kepala atau sakit gigi yang tidak mempan dengan obat diatas dapat menggunakan obat sakit gigi yang lebih ampuh, yaitu yang mengandung metampiron (contohnya: Antalgin, Infalgin, Hufralgin) dan inilah obat sakit gigi paling ampuh (berdasarkan pengalaman :D). Akan tetapi untuk mendapatkannya diperlukan resep dokter mengingat indikasi dan kontraindikasi yang harus diperhatikan.

Obat sakit gigi topikal.
Merupakan obat sakit gigi berbentuk gel atau cair yang dapat diapalikasikan langsung pada gigi yang sakit, obat sakit gigi ini mengandung antiseptik dan benzokain (obat bius) yang berguna untuk membersihkan gigi dari kuman dan menghilangkan rasa sakit untuk sementara (menit-jam). Jangan gunakan benzokain pada anak-anak dibawah 2 tahun tanpa pengawasan dari ahli kesehatan. Jangan menggunakan lebih dari dosis yang dianjurkan.

Kompres dingin
Celupkan kain handuk ke air dingin (es), peras, lalu tempelkan pada pipi tepat pada sisi gigi yang sakit. Suhu dingin akan membantu meringankan rasa sakit.

Kumur Dengan Air Asin Hangat
Sakit gigi bisa jadi karena peradangan sekitar gigi dan infeksi ringan, untuk membantu mengatasi hal ini berkumurlah dengan air asin hangat. Caranya sediakan air hangat setengah gelas tambahkan garam dapur seperempat sendok makan lalu aduk hingga rata. Larutan kemudian digunakan untuk berkumur selama 30-60 detik, beberapa kali sehari.

Kapan Harus Ke Dokter?

Jika seseorang mengalami sakit gigi dengan kriteria sebagai berikut sangat dianjurkan untuk memeriksakannya ke dokter gigi.

Bila ada tanda-tanda infeksi, seperti pembengkakan, nyeri ketika menggigit, gusi merah atau terdapat nanah.
Sakit gigi yang terus berlanjut selama lebih dari satu atau dua hari
Sakit Gigi yang disertai demam
Jika mengalami kesulitan bernapas atau menelan

Untuk mengobati sakit gigi, dokter gigi pertamakali akan menanyakan riwayat kesehatan Anda dan melakukan pemeriksaan fisik. Dia akan mengajukan pertanyaan tentang rasa sakit, kapan mulainya, seberapa parah, pencetusnya, apa yang membuat rasa sakit lebih buruk, dan apa yang membuatnya lebih baik. Dokter gigi akan memeriksa mulut, gigi, gusi, rahang, lidah, tenggorokan, sinus, telinga, hidung, dan leher. Terkadang rongsen gigi atau pemeriksaan lanjutan lainnya juga diperlukan sesuai kecurigaan sang dokter mengenai penyebab sakit gigi yang pasien alami.

Setelah melakukan pemeriksaan kemudian menentukan tindakan atau prosedur terapi yang sesuai dengan penyebab sakit gigi yang Anda alami, cara seperti inilah yang akan membuat tuntas masalah sakit gigi. Secara umum penanganan yang dilakukan untuk mengatasi sakit gigi antara lain:

Penambalan Gigi
Jika penyebab sakit gigi adalah gigi berlubang yang membuat lapisan saraf terekspos sehingga menjadikan gigi sensitif, seperti terasa sakit atau ngilu ketika tersentuh makanan atau minuman dingin, maka tindakan yang dilakukan adalah penambalan gigi.

Perawatan Saluran Akar
Dilakukan pada gigi berlubang yang lebih dalam, dimana jaringan saluran akar gigi (pulpa) mengalami infeksi. Pada perawatan saluran akar ini dokter akan membersihkan jaringan terinfeksi, kemudian menambalnya (butuh waktu beberapa kali kunjungan).

mengatasi sakit gigi


perawatan saluran akar: Dibersihkan beberapa tahap lalu ditambal

Pencabutan Gigi
Pada beberapa kasus, gigi yang rusak tidak bisa diperbaiki, pada kondisi demikian jalan terbaik adalah dilakukan pencabutan gigi.

Pembersihan Karang Gigi
Karang gigi juga berpotensi menyebabkan sakit gigi, maka untuk mengatasi sakit gigi yang seperti ini harus dibersihkan karang giginya.

Sekian, semoga informasi mengenai cara mengobati sakit gigi dengan tuntas serta obat sakit gigi paling ampuh ini dapat bermanfaat untuk pembaca sekalian.
http://mediskus.com/tips/cara-mengobati-sakit-gigi.html