Kisah di Balik Game Flappy Bird yang Bikin "Nyandu"

Kisah di Balik Game Flappy Bird yang Bikin "Nyandu"
Game Flappy Bird saat ini sedang ramai dibicarakan di media sosial dan media massa. Popularitasnya mendadak naik daun, padahal game ini telah diluncurkan sejak Mei 2013. Siapakah gerangan yang membuatnya?

Flappy Bird dibuat oleh Nguyen Ha Dong, berusia 29 tahun, asal Hanoi, Vietnam. Ia meluncurkan game Flappy Bird di bawah bendera .Gears Studio (dotGears Studio).

Dong mengatakan, ia adalah satu-satunya orang di .Gears Studio. ".Gears bukan perusahaan. Ini hanya diriku seorang, tapi aku harus menggunakan istilah 'kami' untuk mempersiapkan perubahan di masa depan," katanya.

Dalam wawancara dengan TechCrunch, Dong mengatakan bahwa ia telah membuat game sejak empat tahun lalu. Sebagian besar bernuansa era 8-bit, kebanyakan adalah game arcade yang hanya membutuhkan waktu singkat dalam memainkannya.

"Game kami akan membawa Anda ke titik kegilaan," ujar Dong.

Ia tipikal pengembang aplikasi yang menghindari publikasi di media massa. Dia menolak beberapa permintaan wawancara dengan media. Ketika TechCrunch menanyakan pertanyaan tentang latar belakangnya, dia menjawab "Aku tidak nyaman dengan hal itu."

Di situs web .Gears, Dong juga tidak memberi banyak informasi. Ia hanya menampilkan portofolio beberapa game HTML5 dan sedikit gambaran tentang .Gears.

Kendati demikian, Dong memiliki akun Twitter, dan sering mengunjungi forum online HTML5gamedevs.com, serta membahas beberapa cara membangun game. TechCrunch menyebut Dong sebagai pribadi yang "semi-anonim."

Dong menjelaskan bahwa pemrograman game Flappy Bird memakan waktu dua sampai tiga hari, dibangun dengan framework untuk iOS dan AndEngine untuk Android. Setelah itu, ia membuat game lain seperti Super Ball Juggling dan Shuriken Block, dengan nuansa dan genre yang serupa Flappy Bird.

Untuk menghasilkan uang, Flappy Bird membuka lapak iklan, baik di perangkat iOS maupun Android. Iklan muncul di sisi atas layar ketika pengguna memainkan Flappy Bird. Terkadang, iklan ini cukup mengganggu karena menutupi bagian atas pipa yang harus dilewati oleh karakter burung.

Unduhan Flappy Bird mulai meningkat sejak November 2013. Dong mengklaim, game gratis ini sekarang diunduh sebanyak 2 sampai 3 juta kali per hari dari perangkat Android dan iOS.

Mengenai kesulitan dalam permainan Flappy Bird, Dong mengklaim bahwa tidak mustahil bagi siapa saja untuk melewati tantangan. "Dalam semua permainan saya, skor Medal Platinum adalah skor terbaik saya ketika merilis aplikasi," ungkapnya.

Di masa depan, Dong berencana memberi pembaruan fitur dan menutup kekurangan Flappy Bird, Super Ball Juggling, dan Shuriken Block. Ia juga akan merilis game HTML5 terbaru dengan judul Smashing Kitty, yang menawarkan karakter kucing serta cara bermain yang beda.

"Saya harap Anda bisa melihat update dan game terbaru saya di App Store pekan depan," tutup Dong.
Sumber: TechCrunch
Editor: Reza Wahyudi