"Mobil Murah" Dijajaki Perodua di Malaysia?

"Mobil Murah" Dijajaki Perodua di Malaysia?
Spyshot yang diunggah pembaca salah satu laman asal Malaysia, Paultan.org, (11/2/2014), cukup mengejutkan. Tampak melenggang sosok mirip Toyota Agya atau Daihatsu Ayla warna putih di jantung kota Kuala Lumpur, tepatnya di Jalan Duta. Semua emblem ditutup, seperti sedang melakukan tes jalan.

Diduga kuat, Perodua—produsen mobil terbesar kedua di Malaysia setelah Proton—akan memproduksi mobil murah dan ramah lingkungan itu, pastinya dengan rebadge alias mengganti merek dan nama untuk menjadi identitas baru. Langkah tersebut bukanlah hal baru, mengingat Perodua cukup sering me-rebadge mobil-mobil yang diproduksi Daihatsu di beberapa negara.

Apalagi, CEO Perodua, Datuk Aminar Rashid pernah menyatakan bahwa model pengganti Viva akan dilansir pertengahan tahun ini. Kecurigaan lantas mengarah ke model ini, yang dengan dimensi dan segmen yang sama akan digantikan ”Ayla-Agya”.

Jika memang demikian, ”Agya-Ayla” akan diproduksi di sana, memakai fasilitas baru Perodua Global Manufacturing di Sungai Choh, Rawang, Malaysia. Sementara girboks akan diproduksi di pabrik Sendayan Industrial Park, Negeri Sembilan.

Jika benar, tampang mobil hasil goresan desainer PT Astra Daihatsu Motor ini akan banyak muncul di negara lain. Sebelumnya Agya sudah diekspor ke Filipina dan diganti dengan nama Wigo.

Sumber: wikipedia , paultan - kompas
Editor : Aris F. Harvenda