DASAR-DASAR PENGETAHUAN BAN


DASAR-DASAR PENGETAHUAN BAN

FUNGSI BAN
Ban merupakan suatu wadah yang berisi udara, kombinasi keduanya berfungsi menyangga beban dari kendaraan beserta muatanya. Sebagai satu-satunnya bagian dari kendaraan yang bersentuhan dengan permukaan jalan maka di perlukan fungsi-fungsi lain seperti daya cengkeram, kemudahan di kendalikan dan fungsi lain sebagai bantalan peredam getaran pada kendaran.



Dalam industri ban alat berat saat ini dikenal 2 macam konstruksi ban yaitu ban jenis Bias dan Radial.

 
Ban Bias

konstruksi ban bias mempunyai rangka yang terdiri dari berlapis-lapis bahan tekstil berupa nylon, rayon yang disusun saling-silang. Lapisan tekstil tersebut terdiri dari 10,12,14, 16 atau lebih. Lapis 1,3,5 dan seterusnya pada satu arah sedangkan lapisan lainya 2,4,6 pada arah yang berlainan.


Pada konstruksi ini rangka pada bagian mahkota ban (crown) merupakan satu kesatuan dengan bagian samping (sidewall). Dengan demikian pada saat ban bergerak maka bagian tapak ban akan mengalami pergerakan mengikuti pelenturan ban mengakibatkan perubahan luas kontak ban dengan permukaan jalan. Pelenturan ban juga mengakibatkan efek pergerakan saling memotong antar lapisan rangka ban sehingga menimbulkan panas.

 
Ban Radial : 

konstruksi ban radial mempunyai rangka yang terbuat dari satu lapis bahan kawat baja yang direntangkan dari bead (bibir ban) ke bead dengan sudut 90o terhadap arah pergerakan ban dan relatif radial terhadap titik tengah ban.

Pada bagian crown (mahkota ban) mempunyai beberap lembar lapisan stabilisator yang juga berfungsi sebagai pelindung. Dengan bentuk konstruksi ini maka bagian tapak ban akan bekerja secara terpisah sehingga pergerakan sidewall tidak mempengaruhi kerja bagian tapak ban. Dengan kata lain pelenturan ban tidak merubah luas kontak antara ban dengan permukaan jalan.

Selain itu tidak ada pergerakan antar lapis rangka ban seperti pada ban bias karena ban radial hanya terdiri dari satu lapis kawat baja dan efek panas yang ditimbulkan lebih kecil dibanding kan dengan ban bias dan panas yang ditimbulkan juga lebih mudah dilepas.

 



- Umur pakai lebih lama
- Daya cengkeram lebih baik
- Hemat bahan bakar
- Lower rolling resistance
- Lebih stabil
- Beroperasi dalam keadaan dingin (running cooler)
- Nyaman dikendari karena sidewall yang lebih lentur
- Lapisan pelindung pada crown melindungi kerusakan pada daerah crown
- Lebih mudah diperbaiki apabila mengalami kerusakan
- Daya apung lebih besar (flotation)