Dilema Ujian Nasional

http://dangstars.blogspot.com/2014/03/dilema-ujian-nasional.html
Dilema Ujian Nasional  
UJIAN nasional untuk SD, SMP, dan SMA tinggal menghitung bulan. Berbagai persiapan telah dilakukan oleh siswa mulai dari bimbingan belajar dengan guru setelah pulang sekolah, mengikuti tambahan pelajaran di tempat les, belajar di rumah dengan orangtua, dan lain sebagainya.

Belum lagi tryout-tryout dari sekolah dan dari tempat-tempat bimbingan belajar yang setiap pekannya mesti diadakan. Siswa ibarat artis sinetron yang kejar tayang. Siswa terlalu dibebankan dengan soal-soal yang membuat dirinya akan merasa tertekan.

Ujian Nasional selalu membuat masalah sepanjang zaman. Selalu timbul pertanyaan apakah ujian nasional efektif?  Jujurkah? Dan perlukah? Sebenarnya seberapa penting ujian nasional untuk menentukan kelulusan siswa?

Jika kita pikirkan, ujian nasional justru menimbulkan akibat yang buruk bagi siswa. Ujian nasional justru member beban mental untuk siswa. Siswa tidak dapat berkembang untuk mengolah potensi yang dimiliki karena harus belajar dan terus belajar sehingga membuat mereka jenuh. Dan pada akhirnya, apa yang disampaikan oleh guru tidak bisa diterima akal. Belum lagi ketika siswa tidak lulus ujian nasional, masalah baru akan timbul.

Walaupun sempat tersiar berita bahwa ujian nasional akan dihapuskan, kenyataannya berita tersebut hanya sebuah isu dan tidak terbukti kebenarannya. Ujian nasional tetap diadakan hingga detik ini.

Ujian nasional merupakan sebuah fase yang harus dilalui siswa untuk kehidupan selanjutnya yang lebih baik. Dan siswa harus melewati fase ini dengan sebaik-baiknya.  Oleh karena itu siswa harus tetap optimis dan mempersiapkan dengan maksimal.

Ujian nasional adalah sebuah kenyataan yang harus dihadapi oleh siswa. Untuk itu dukungan moral dan semangat dari keluarga, teman, sahabat, dan dari guru sangat penting.

Siswa harus diberi pemahaman yang cukup bahwa kelulusan tidak terbatas pada selembar kertas jawaban, sehingga siswa tidak perlu melakukan kecurangan. Sebab, ujian nasional merupakan salah satu cara untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam menerima pelajaran. Walaupun terkadang dirasa kurang efektif dan menimbulkan permasalahan, kita harus bisa melihatnya dari sisi kebaikan bukan keburukan.

Sukowati
Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP
Universitas Negeri Yogyakarta
okezone