Faktor Penyebab klitoris Bisulan

Faktor Penyebab klitoris Bisulan
Sebab klitoris bisulan ada beberapa macam, misalnya melakukan hubungan seksual dengan pasangan yang memiliki riwayat penyakit kelamin sebelumnya dan kurang menjaga kebersihan pada daerah kewanitaan. Berhubungan seksual dengan pasangan yang memiliki penyakit kelamin jelas akan membuat Anda tertular penyakit itu dan bersarang pada vagina sehingga menyebabkan klitoris terinfeksi.

Namun, infeksi akibat jamur lebih mendominasi mengapa klitoris bisulan karena jika jamur berada di bawah kap klitoris akan mengakibatkan gatal dan membengkak. Bisul pada alat kelamin dapat disebabkan oleh Virus Human Papilloma atau HPV.

Klitoris adalah kelenjar tersembunyi di dalam vagina yang terlindung. Kelenjar ini sangat peka. Para wanita akan merasa nyeri jika ada rangsangan berupa sesuatu yang keras di area ini. Namun, ada pula wanita yang merasa senang dirangsang di area ini dengan cara meraba batang klitoris di atas vagina.

Klitoris sangat sensitif terhadap rangsangan apa pun sehingga klitoris sangat rawan oleh penyakit. Rasa nyeri yang dirasakan pada klitoris bisa juga berasal dari cedera dan penyakit. Jika merasakan gatal-gatal pada daerah klitoris maka harus segera diperiksa ke dokter. Bila tidak segera diberikan tindakan maka tidak menutup kemungkinan akan terjadi komplikasi.

Sebab luka pada klitoris bisa saja Anda juga ikut terkena penyakit lain karena kekebalan tubuh sedang lemah. Biasanya dokter akan memberikan obat antibiotik untuk mengurangi infeksi. Anda harus menjelaskan spesifikasi yang jelas sakit yang Anda rasakan supaya mendapat penanganan yang cepat dan tepat.


Infeksi herpes juga diduga dapat mempengaruhi klitoris. Penyebabnya sama, yaitu dengan melaui hubungan seksual. Hanya saja, gejalanya baru bisa dirasakan sekitar 3 sampai 10 hari. Herpes pada wanita ini menyebabkan rasa yang sangat gatal sehingga membentuk bisul. Bila digaruk lama-lama akan lecet, berlubang kecil kemudian berair.


Vagina merupakan organ vital wanita yang harus dijaga kebersihannya agar terhindar dari penyakit. Ibarat sebuah pintu gerbang yang penting menuju pusat segalanya maka jangan diabaikan begitu saja. Membiasakan hidup sehat dengan perawatan rutin serta menjaga kebersihan dapat mengurangi risiko penyakit.