Malaysia Airlines MH370 sengaja 'dihilangkan'

http://dangstars.blogspot.com/2014/03/malaysia-airlines-mh370-sengaja-dihilangkan.html
Meski tidak menyebut secara eksplisit aksi pembajakan, otoritas penerbangan Malaysia memastikan bahwa ada tindakan sengaja yang dilakukan seseorang yang ada dalam penerbangan itu untuk menghilangkan pesawat dari jangkauan radar penerbangan sipil.

Perdana Menteri Malaysia Najib Razak menyebutkan, pesawat tetap terbang pada periode tertentu dan berubah arah dengan melewati kembali atas Semenanjung Malaysia menuju Samudra Hindia.


"Secara konsisten, hal itu dilakukan secara sengaja oleh seseorang di pesawat," kata Najib dalam konferensi persnya, tadi malam. Namun demikian, dia tidak menyebutkan secara pasti bahwa itu merupakan tindakan pembajakan.

Komunikasi satelit terakhir dengan pesawat Boeing 777-200 itu tercatat pada Sabtu (8/3) pukul 08.11 pagi waktu setempat, setelah Malaysia Airlines menghilang dari radar sipil pada pukul 01.30 dini hari waktu setempat.

Dikabarkan, seorang pejabat Malaysia yakin pesawat Malaysia Airlines (MAS) MH370 yang hilang sepekan lalu dibajak. Hal itu disampaikan pejabat resmi Malaysia yang belum mau diungkapkan namanya, tadi malam.

“Pembajakan adalah kesimpulannya,” kata pejabat tersebut dilansir The Star. Kesimpulan itu, ujar dia, berdasarkan penyelidikan atas kasus hilangnya pesawat MAS yang membawa 227 penumpang dan 12 kru. Pesawat rute Kuala Lumpur-Beijing itu sampai saat ini belum ditemukan.

Mashable melansir, waktu kegagalan sinyal menjadi kunci kesimpulan pesawat telah dibajak. Sinyal transponder pesawat MH370 disebutkan berakhir lebih dari 10 menit sebelum kegagalan sistem pesan pesawat. Temuan ini menjadi dasar untuk mengenyampingkan kemungkinan pesawat meledak atau mengalami kecelakaan.

Penyelidik juga menyimpulkan, ada satu pembajak yang berperan mengambil alih kemudi pesawat. Dia memiliki keahlian terlatih sebagai pilot. Dialah yang mematikan perangkat komunikasi pesawat dan mengemudikan pesawat keluar jalur.

Meski sudah menyimpulkan pesawat dibajak, penyelidik belum mampu menemukan posisi pesawat MH370.
(dangstars/waspada/kompas/viva)