Pesawat SAR Vietnam Temukan Kepulan Asap

http://dangstars.blogspot.com/2014/03/pesawat-sar-vietnam-temukan-kepulan-asap.html

Pesawat penyelamat Vietnam menemukan adanya kepulan asap di tepi pantai bagian selatan Pulau Tho Chu, Vietnam, Sabtu 8 Maret 2014. Di lokasi ini pula petugas melihat adanya dua tumpahan minyak.

Dilansir harian Straits Times, pejabat di Kementerian Transportasi Malaysia belum dapat memastikan apakah dua temuan itu berkaitan dengan insiden hilangnya Pesawat Malaysia Airlines. Pesawat jenis Boeing 777-200ER itu membawa 227 penumpang dan 12 kru dan dilaporkan menghilang di tepi pantai pada Sabtu dini hari tadi.

"Pesawat penyelamat Vietnam melihat dua tumpahan minyak dan satu kepulan asap di area sekitar 250 kilometer bagian barat Pulau Tho Chu. Namun, kami belum dapat memastikan bahwa kedua temuan itu berasal dari pesawat Malaysia Airlines," ujar Wakil Menteri Transportasi Pham Quy Tieu.

Pham menambahkan, dia sudah mengirimkan dua kapal maritim dan beberapa kapal militer untuk memeriksa dua temuan tersebut. "Masing-masing kapal dapat memuat 20 orang. Kemungkinan perahu-perahu itu akan tiba di lokasi sekitar tiga hingga empat jam. Tumpahan minyak ditemukan sepanjang 15 kilometer," imbuh Pham.

Hingga saat ini, belum ada laporan yang menyebut saat penerbangan dilakukan, terjadi cuaca buruk. Tidak diketahui pula penyebab pesawat dengan nomor penerbangan MH370 itu bisa hilang mendadak dari layar radar, dua jam setelah pesawat lepas landas dari Bandara Kuala Lumpur menuju Beijing.

Selain mengerahkan kapal dan pesawat penyelamat dari Negeri Jiran, beberapa kapal dari negara lainnya juga terjun ke area di mana pesawat diduga melakukan kontak terakhir, yakni di antara Malaysia dan bagian selatan Vietnam.
© VIVA.co.id