Toyota Siapkan Generasi Teranyar Avanza 2015

http://dangstars.blogspot.com/2014/03/toyota-siapkan-generasi-teranyar-avanza-2015.html

Melihat segmen low MPV yang kian memanas, serta semakin ramainya persaingan di industri otomotif tanah air. Sepertinya mendorong pabrikan mobil asal Jepang, Toyota untuk berbenah diri dengan varian andalannya Avanza.

Menurut kabar, Toyota sedang mempersiapkan generasi terbaru dari Toyota Avanza yang terdengar dari rencana PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dalam perencanaanya membangun pabrik Karawang III khusus untuk pembuatan mesin.

I Made Dana Tangkas, Direktur Perencanaan Korporasi dan Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengatakan, mesin baru ini berkode R-NR, berkapasitas 1.300 cc dan 1.500 cc belum pernah digunakan oleh model apapun.

I Made menambahkan, "Kami akan berbagi dengan Daihatsu untuk proses perakitan mesin ini," katanya.

Dengan adanya rencana tersebut, secara tidak langsung menjadi indikasi bahwa Avanza baru nantinya akan dibekali mesin baru. Pasalnya, hingga saat ini, Avanza masih diproduksi PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Karena itu produksi mesin dibagi dua antara Toyota dan Daihatsu. Mesin 1,3 dan 1,5 liter yang akan diproduksi digunakan oleh Avanza.

Sekedar informasi, menurut rencana pabrik ke III Toyota dijadwalkan akan rampung pada 2015 hingga 2016 mendatang. Jadi, penggunaan mesin baru pada Avanza kemungkinan besar baru akan terlaksana setelah pembangunan pabrik selesai. Sedangkan untuk tahun ini sepertinya "Mobil Sejuta Umat" ini hanya akan mendapatkan refreshment saja alias facelift, tepatnya pada semester awal 2014 ini.(rajamobil)