Foto Selfie Berbahayakah Untuk Wanita ?

Foto Selfie Berbahayakah Untuk Wanita ?
Foto selfie dan memajangnya di media sosial menjadi tren belakangan ini. Namun, berhati-hatilah, pasalnya sebuah penelitian mengungkapkan, menghabiskan waktu di media sosial dan memajang foto selfie bisa membuat wanita kehilangan percaya diri terhadap bentuk tubuhnya.
Ini merupakan penelitian pertama yang menghubungkan media sosial dengan rasa tidak percaya diri terhadap bentuk tubuh. Wanita yang terekspos dengan 'selfie' yang disebut juga foto narsis maupun foto lainnya di media sosial, cenderung membandingkan diri mereka secara negatif.

Unsur kedekatan, seperti foto-foto dari kawan bisa jadi lebih berpengaruh dibandingkan foto-foto selebriti. Selain itu, media massa juga dinilai mampu mempengaruhi perasaan orang terhadap penampilannya.


"Perhatian yang tertuju kepada penampilan fisik di media sosial bisa jadi lebih berbahaya dibandingkan dengan media tradisional, karena media sosial menampilkan orang-orang yang kita kenal," ujar Petra Eckler dari University of Strathclyde kepada BBC, Kamis (10/4).

Wanita usia muda merupakan segmen besar pengguna media sosial dan dibandingkan pria, wanita lebih banyak mengunggah foto di dunia maya.

Peneliti di University of Strathcylde, Ohio University dan University of Iowa melakukan survei atas 881 pelajar wanita di Amerika Serikat. Mereka menemukan hubungan antara waktu yang dihabiskan di media sosial dengan perbandingan negatif mengenai kesan atas tubuh.


"Ketertarikan terhadap selebriti, bentuk tubuh mereka, busana dan penampilan telah meningkatkan tekanan terhadap orang-orang yang berpikir bahwa identitas terbentuk saat ada perubahan terhadap tubuh mereka," pungkasnya. (esy/jpnn.com-dangstars.blogspot.com-bbc)

Admin tidak bertanggung jawab atas semua isi komentar ,Mohon dipahami semua isi komentar dengan bijak