Cara Mengatur Seo dan Optimasi Blogspot

http://dangstars.blogspot.com/2014/05/cara-mengatur-seo-dan-optimasi-blogspot.html
Cara Mengatur Seo dan Optimasi Blogspot
Bagi anda pengguna blogspot baik untuk kepentingan personal maupun bisnis perlu memperbaiki cara setting SEO pada blog anda dengan teknik optimasi terbaru.

Perubahan yang dilakukan oleh google ini dalam upaya memperbaiki metode pencarian situs yang lebih memahami keinginan pengguna search engine google yang sedang mencari situs dengan mengetikkan kata kunci tertentu. Perubahan yang terjadi cukup banyak dan mendasar.

Jika dahulu google berada di pihak situs yaitu “menawarkan” kepada masyarakat situs – situs yang telah di rangking sebelumnya, sekarang metodenya adalah, google berada di pihak pengguna internet dengan “mencarikan” situs yang sesuai dengan kata kunci yang diketik pengguna internet pada browser. Dengan perubahan metode ini, maka berubah pula cara kita sebagai pemilik blog agar dapat dipilih oleh google.

Dari metode pencarian situs yang berbeda ini, maka berbeda pula cara anda melakukan setting SEO atas blog anda. Teknik setting SEO sebelumnya dengan menampilkan banyak keyword maka dengan metode sekarang, google terkesan membenci situs – situs yang dipenuhi dengan keyword. Search engine terbesar di dunia ini lebih memilih relevansi suatu konten dengan kata kunci yang dicari oleh pengguna internet. Hal ini berarti blog yang berisi konten – konten yang berkualitas saja yang akan mendapatkan posisi tertinggi pada SERP.
Atas dasar perubahan ini maka sebagai pemilik situs atau blog, kita harus berusaha untuk mengutamakan kualitas konten blog kita. Adapun cara melakukan setting SEO dan optimasi blog pada blogspot yang berlaku sekarang sebagai berikut:

Pastikan blog anda telah didaftarkan pada webmaster tools.

Hapus semua kode HTML meta tag blog anda yang biasanya dipasang dengan cara mengedit HTML blog.

Meta description, meta tittle, meta keyword, meta geo placename dan lain – lain, semuanya itu sudah tidak berguna lagi pada setting SEO terbaru yang menyesuaikan algoritma google.

Anda telah disediakan tempat yaitu bagian setelan untuk mengisi judul, deskripsi maupun meta deskripsi.
Pada bagian setelan, yaitu sub menu robot .txt khusus, isilah dengan kode berikut:

User-agent: Mediapartners-Google

Allow:

User-agent: *

Disallow: /*archive.html

Disallow: /search

Allow: /

Sitemap: http://bloganda.blogspot.com/feeds/posts/default?orderby=updated

Silakan ganti warna merah dengan alamat blog anda. Jika pada user-agent dengan teknik SEO lama biasanya diisi disallow (tulisan warna hijau), maka dengan cara optimasi terbaru anda harus mengijinkan search engine meneruskan crawl.

Setting pada tag tajuk robot khusus sebagai berikut, pada bagian beranda: silakan pilih all dan noop, pada bagian laman arsip dan penelusuran silakan pilih noindex dan noop sedangkan pada bagian default untuk post dan laman silakan pilih all dan noop.

Yang dimaksud all disini berarti proses silakan diteruskan. Sedangkan noindex berarti memberi perintah jangan diindex (laman arsip tidak perlu diindex agar menghindari duplikasi konten, dan penjelasan tentang noop yang berarti huruf Kapital maupun normal dianggap sama (huruf besar dan huruf kecil adalah sama).

Masih pada menu setelan, pada bagian sub menu lainnya, silakan anda rubah izinkan umpan blog dengan pilihan khusus, umpan entri blog dengan pilihan singkat. Ini berarti bagi siapapun yang mengikuti blog anda dengan feed, maka hanya memperoleh ringkasan saja. Hal ini untuk menghindari duplikasi konten jika yang mengikuti blog anda melalui feed bermaksud mencopy artikel anda.

Setelah melakukan setting pada bagian dalam blog, kita beralih pada pembuatan konten berkualitas. Inti utama yang disukai oleh google adalah pemilihan judul, deskripsi dan isi artikel yang relevan dan murni merupakan hasil tulisan sendiri.

Kata kunci yang ingin dibidik tidak perlu over. Cukup 3 kalimat saja yang tersebar pada paragraf pertama, tengah maupun paragraf akhir. Yang penting pastikan bahwa kata kunci, judul, deskripsi dan isi artikel adalah relevan.

Gunakan label sebagai kategori artikel yang anda tulis.
Pastikan bahwa label bukanlah keyword.
Kaitkan antar artikel yang berhubungan dengan sebuah link hidup.

Jika ingin melakukan link building, lakukan pada artikel serupa (bukan sama) pada blog lain dan pasang link ke artikel utama. Jangan pernah melakukan external link dengan artikel dari blog lain yang memilki topik pembahasan beda.

Manfaatkan social media dan optimasi blog anda dengan mengaktifkan mobile view. Sebagian besar pengguna internet mengakses sebuah situs dengan perangkat mobile.