5 Cara Bikin Foto Selfie

Kita biasanya gak puas sama hasil foto orang lain. Makanya, kita lebih suka ngambil foto diri kita sendiri tanpa bantuan orang lain. Kalau difoto sama orang lain itu rasanya ada yang kuraaang mulu. Kurang cantik lah, kurang cakep, atau kurang bagus. Padahal mungkin, yang salah bukan yang motret, tapi yang dipotret.



Karena kita gak pernah puas sama hasil foto orang lain itulah, lahir inovasi luar biasa hasil karya anak gaul bumi bernama... selfie. Menurut kamus oxford, selfie adalah istilah populer yang merujuk pada orang yang memfoto diri sendiri menggunakan smartphone. Kalau di Indonesia, selfie itu penyanyi dangdut. Selfie Sukaesih.

Selfie ini booming banget di dunia anak muda. Saking hot-nya, “selfie” menjadi kata paling populer di tahun 2013 mengalahkan kata “hashtag” dan mungkin kata cinta (soalnya ke sini-sini makin banyak orang yang gak berani mengatakan cinta).



Nah, biar kegiatan selfie-mu lancar, kami punya rumus-rumus cihuy agar hasil foto selfie-mu memuaskan. Buat yang suka narsis di depan kamera sendiri, kamu wajib ikutin rumus-rumus bikin foto selfie ini!

5 Caras Bikin Foto Selfie


Dandan

Walaupun cuma selfie, kamu harus serius. Jangan main-main karena selfie bukan permainan. Oleh karenanya, kamu harus dandan. Sebelum foto, kamu poles dulu wajahmu secantik mungkin. Kalau perlu ke salon dulu, beli baju dulu, atau kalau kamu bener-bener serius, operasi plastik dulu sebelum ngelakuin selfie.



Misalnya pas mau nge-tweet atau upload foto selfie dengan tema “bidadari baru bangun tidur,” sebenernya nggak pas bangun tidur langsung difoto, tapi bangun tidur, dandan dulu, baru foto. Gitu.



Pencahayaan Harus Bagus

Mau foto apa pun, baik selfie atau bukan, pencahayaan harus bagus. Atau kalau gak bagus pun minimal cahanya pas. Gak over exposure atau gak low exposure. Tapi khusus buat kamu yang memiliki kulit item dop, sebaiknya cahanya di-set lebih terang. Terang banget, seterang petromak.



Kalau kami sih menyarankan foto selfie itu lebih diterangin aja cahayanya. Biar lebih cerah, dan wajah juga jadi lebih putih (pada tahu lah ya, standar cakep di kita itu berkulit putih). Kalau cahayanya gelap, jadinya malah serem.


No Mirror No Duckface

Kalau kamu mau foto selfie kamu beda, jangan pernah foto di depan cermin atau memasang wajah bebek. Gaya itu tuh udah dipakai sama 8563295642985 juta orang di dunia.



Daripada foto depan cermin atau pakai gaya duckface, mending kamu percaya diri aja motret wajahmu saat senyum atau tertawa. Meski gak di depan cermin foto kamu tetap bisa bagus kok.

 
Cek Background

Hal penting lainnya saat selfie adalah memperhatikan background. Jangan sampai benda yang ada di belakang kamu ngerusak foto kamu. Kita pasti udah tahu banyak foto-foto selfie yang gagal karena background yang ancur. Nah, hal itu jangan sampai terjadi pada kamu. Jangan capek-capek udah dua juta kali foto selfie, akhirnya nemu yang muka kamunya bagus, eh tapi sekalinya dapet background-nya nggak banget.



Sebagus apa pun wajah kamu, tapi kalau background gak mendukung, ya tetep aja jadinya fail!


Edit

Aplikasi editing adalah alat paling mutakhir di dunia dan paling disyukuri sama cewek-cewek berwajah cantik sampai yang pas-pasan. Aplikasi editing picture adalah jawaban dari segala kejelekan wajah kita. wajah item bisa jadi putih, wajah jelek bisa jadi cakep. Nah, begitu pun dengan foto selfie kita, lakukanlah editing abis-abisan pada kekurangan di fotomu.



Jangan takut menghabiskan waktu. Meski ngabisin lima hari dua malam, ngedit foto demi muka sendiri mah pasti dijabanin lah.



Mungkin beberapa dari kalian belum bisa pakai aplikasi editing foto, tapi sekarang udah banyak kok aplikasi editing yang gampang. Tinggal klik filter ini-itu, jadi deh foto kita. Oh iya, editing itu cuma buat yang jelek aja loh. Yang cakep kan fotonya gak harus di-edit lagi.