Alasan Utama Toyota Luncurkan Avanza Mewah Luxury

http://dangstars.blogspot.com/2014/06/alasan-utama-toyota-luncurkan-avanza-mewah.html


Alasan Utama Toyota Luncurkan Avanza Mewah?

Pesaing Avanza di Indonesia kian bejibun, sebut saja mobil-mobil seperti Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, dan Chevy Spin. Jadi wajar saja, jika pemerhati otomotif melihat kemunculan Avanza termewah alias Avanza Luxury ini sebagai strategi Toyota mempertahankan diri dari gempuran kompetitor.

Benarkah Toyota?

"Kami melihat kehadirannya Avanza dan Veloz Luxury dari sudut konsumen. Bukan sebaliknya. Ini semua karena permintaan konsumen dari hasil survei kami di berbagai daerah," kata Direktur Marketing PT Toyota-Astra Motor (TAM) Rahmat Samulo mencoba diplomatis.


Toyota mencoba mengelak jika hadirnya Avanza dan Veloz Luxury salah satu daya dongkrak atas gempuran para pesaing.

Avanza dan Veloz Luxury dijelaskan Samulo sebagai jawaban untuk kebutuhan konsumen, dan bukan karena serangan para MPV kompetitor.

Samulo menambahkan Toyota berhasil menjual Avanza di kisaran 14-15 ribu setiap bulan, dengan pangsa pasar sebesar 42-43 persen (April 2014). Hadirnya MPV sekelas dikatakan Samulo sebagai penyemarak suasana industri otomotif segmen low MPV di Indonesia.

"Sudah saya katakan berkali-kali, ini akan memberikan suasana persaingan yang baik untuk otomotif Indonesia dan konsumen," beber Samulo.

Sebelumnya Wakil Presiden Direktur Suparno Djasmin memaparkan Avanza Luxury dan Veloz Luxury sudah menjadi bagian strategi Toyota Indonesia.

"Kita bisa memberikan MPV low tapi menyertai fitur keamanan dan kenyamanan yang baik. Tambahan line up ini sudah masuk dalam rencana Toyota untuk memebuhi kebutuhan konsumen yang dari waktu ke waktu terus meningkat. Ini sejalan dengan market survey dalam Avanza," imbuh pria akrab disapa Abong itu.

"Perubahan eksterior dan interior semakin nyaman. Kehadiran Avanza lebih dari 10 tahun dengan adanya Avanza Luxury semakin terpuaskan," tutupnya.

Apa Saja Perubahan Avanza Luxury?

Cara Toyota menghadirkan model Luxury pada Avanza dan Veloz bukan hal baru. Toyota biasa 'nyicil' melakukan perubahan pada line up modelnya sebelum model tersebut berubah total. Model termewah ini tersedia pada Avanza 1.3 G dan Avanza 1.5 G dan Veloz.

Nah terus perubahannya apa saja, berikut rangkumannya:

1. Eksterior

MPV Avanza Luxury tampil lebih elegan dengan Aerokit berupaFront Spoiler, Side Skirt Rear Spoiler. Tambahan pada Line-Up Luxury ini membuat Avanza G Luxury kian stylish dan terlihat semakin elegan serta modern.

Sedangkan Avanza Veloz Luxury mengusung konsep Sporty Look yang terlihat di bagian depan tetap dipertahankan. Tambahan tampilan sporty terdapat pada buritan dengan Smoothing Panel yang membuat keseluruhan desain eksterior Veloz kian modern.


2. Interior


Untuk memberikan kenyamanan dan kemewahan bagi penumpang, desain dasbor pun dihiasi Wooden Panel yang tampil menawan.

Terdapat pula hiburan Rear Seat Entertainment untuk penumpang belakang.
3. Perubahan Model dengan Memperkuat Outlet

Selain memperlengkap penampilan Avanza dan Veloz, Toyota juga memperkuat jaringan untuk memudahkan pelanggan setelah proses pembelian.

Saat ini Toyota memiliki lebih dari 91 persen outlet dengan sales, service dan spare part.

"Saya berharap hadirnya Avanza baru ini bisa membuat kebanggaan masyarakat Indonesia. Kami bukan hanya membuat produk yang baik, tapi kami juga membuat jaringan yang luas untuk memenuhi kebutuhan pelanggan," kata Wakil Presiden Direktur Suparno Djasmin.

Ini 2 Orang Indonesia yang Desain Avanza Luxury

Avanza sudah dikenal sebagai mobil Toyota yang didesain oleh orang Indonesia dan diekspor ke beberapa negara. Nah, khusus untuk Avanza Luxury dan Veloz Luxury, perubahan-perubahan di Avanza ini juga masih digarap oleh orang Indonesia. Siapa mereka?

Hal tersebut disampaikan Direktur Marketing PT Toyota-Astra Motor Rahmat Samulo di Hotel Shangri-La, Jakarta, Senin (2/6/2014).

"Seluruh desain dan development tentunya perubahan-perubahan ini dilakukan orang-orang kita di Toyota-Astra Motor," kata Rahmat.

Siapa dua orang yang dimaksud Rahmat? Mereka adalah Assistant Manager - Strategic Planning, Product Planning Dept PT Toyota-Astra Motor Indra Madyana dan Wahyu Kusuma Danny, desainer di Toyota.

"Wahyu dan Indra. Bahwa Toyota mempunyai komitmen sangat tinggi terhadap lokal sehingga menggunakan orang-orang lokal di sini," tegas Samulo.

Menggunakan tenaga ahli dari Indonesia sangat beralasan. Sebab Toyota dikembangkan untuk Indonesia. Konsep yang ditawarkan pun disesuaikan kondisi jalan Indonesia.

Sebelumnya dijelaskan Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor Hiroyuki Fukui jika Avanza memiliki historis mendalam di Indonesia. Penjualan Toyota naik tajam berkat MPV Avanza.

"Kami sangat bangga dengan Avanza. Toyota besar bersama Avanza di Indonesia," tutup Fukui.
Sumber detik