Cara Cepat dan Aman Menjual Mobil


Keinginan untuk mengganti mobil lama dengan mobil model terbaru atau pun Anda sedang membutuhkan uang tunai merupakan alasan yang tepat untuk menjual mobil Anda.

Namun, menjual mobil tidak semudah yang Anda kira. Ada beberapa tahap yang harus Anda lakukan, terutama jika Anda ingin mendapatkan harga yang bagus dari mobil tersebut.

Apa pun keadaannya, berikut ini beberapa tips agar mobil Anda dapat terjual dengan cepat.

1. Luangkan waktu
Anda tidak dapat menjualnya apabila tidak dapat menunjukkan barangnya.
Sediakan waktu kepada orang-orang yang ingin melihat mobil Anda, tapi jika Anda tidak selalu ada waktu, minta teman atau keluarga untuk menggantikan Anda.

Pastikan Anda memeriksa peraturan jual-beli kendaraan sehingga Anda tidak mengalami kesulitan di kemudian hari setelah mobil Anda laku terjual.

Siapkan semua surat-surat, termasuk bukti cicilan mobil jika ada.
 
 
 
2. Tentukan harga
Bandingkan harga mobil Anda dengan mobil lain yang serupa. Juga cek harga mobil Anda di Internet, tapi bedakan dengan harga ritel yang diberikan.

Tentukan harga untuk mobil Anda semenarik mungkin agar mobil Anda lebih menonjol dibanding yang lain, serta jangan lupa pertimbangkan bahwa orang-orang mungkin akan menawar harga mobil Anda serendah mungkin.



3. Cek kondisi mobil
Ketika Anda ingin menjual mobil dengan cepat, hal-hal kecil mungkin saja terlewatkan oleh Anda.
Karena itu, jangan lupa untuk memeriksa kebersihan mobil Anda, baik interior maupun eksterior.

Jika Anda tidak punya waktu atau dana untuk memperbaiki kerusakan yang kecil, setidaknya Anda dapat mendata hal apa saja yang perlu diperbaiki, dan Anda dapat menggunakan data tersebut untuk memberikan informasi kepada calon pembeli agar mereka tidak merasa ditipu.

4. Pasarkan dengan tepat
Ambil beberapa foto mobil Anda yang bagus, baik foto luar maupun foto interior mobil, dan pasarkan di Internet.
Situs-situs penjualan yang gratis merupakan tempat yang bagus untuk memulai pemasaran, tapi jangan juga lupakan situs-situs berbayar seperti eBay.

Berikan tanda atau tulisan 'Dijual' di jendela mobil Anda ketika mobil tersebut diparkir di mana pun, bahkan ketika bekerja atau belanja.
Penggunaan sosial media juga cukup membantu memasarkan mobil Anda. Minta bantuan teman-teman untuk menyebarkan penjualan mobil Anda.
 
 
5. Siap dengan segala kemungkinan
Anda harus berusaha untuk fleksibel dan kreatif. Kalau memang situasi mendesak, Anda dapat menjual sebagian komponen mobil.

Jangan pernah merasa tersinggung apabila ada yang menawar mobil Anda sangat murah.
Hati-hati terhadap orang yang ingin membeli dengan cicilan atau yang ingin membayar tunai dengan cek, sebab ada kemungkinan cek tersebut palsu.

Jangan terlena dengan orang yang ingin melakukan tes terhadap mobil Anda. Cek dulu apakah ia memiliki SIM A.

Diler lokal biasanya sering mencari persediaan mobil baru, bahkan diler online dan nasional pun melakukannya. Anda mungkin akan ditawari untuk melakukan tukar-
tambah.
Jika memang sedang membutuhkan uang tunai, Anda sebaiknya menolak tawaran tukar tambah tersebut.
(oto.detik)