Cara mencari backlink yang salah

http://dangstars.blogspot.com/2014/06/cara-mencari-backlink-yang-salah.html Tautan Permanen Otomatis Tautan Perma
Sebagian Blogger mengartikan SEO adalah bukan ilmu pasti, selain itu dinamis atau berubah-ubah seiring diterbitkannya kebijakan baru sistem pencarian mesin pencari. Bernarkah?,,,, Kalau saya sih membenarkan itu.

Salah satu teknik SEO yang diyakin sangat mustajab bin wonderfull adalah backlinking. Kalau masalah backlinking, saat sih tetap masih dibutuhkan. Hanya saja, cara-cara yang dahulunya efektif, kini beberapa sudah tak berlaku lagi. Bahkan jika caranya salah, bisa menjadi bumerang nomor satu yang menggugurkan blog Aga-agan semua. Apa saja itu?

Cara mencari backlink yang salah

Dengan Mengetahui yang salah, maka Kita diharapkan agar mencari cara yang benar. Berikut ini penanaman backlink yang mungkin salah untuk 2014:

Komentar diblog dofollow

Blog dofollow adalah buruan paling favorit para pencari backlink, karena dianggap bisa secara langsung dan cepat meningkatkan SERP dan PR. Namun cara ini sekarang sangat beresiko terhadap keberlangsungan site kita. Why?... Karena cara ini saat ini masih favorit, maka dalam suatu site yang dofollow komen, dalam waktu singkat bisa mengundang komentar yang mengandung link dalam jumlah banyak. Sehingga dengan demikian OBL(Outbound Link) site tersebut menjadi berlebihan dan bisa menurun peringkatnya. 

Akibatnya?, site kitapun bisa ikut terkena imbasnya. Resiko lainnya, jika site tersebut kena sandbox, site kita juga bisa juga terkena dampaknya. Bukankah DOFOLLOW artinya mengizinkan crawler untuk menelusurinya, efeknya tentu akan lebih cepat terasa.

Meninggalkan Link dengan keyword yang sama berulang-ulang

SEO lama sangat umum dengan caranya yang meninggalkan keyword sebagai anchor text yang sama secara berulang dan sebanyak mungkin. JIka cara ini sekarang masih Anda pergunakan, itu sama halnya dengan mematikan site kita sendiri. SPAM adalah kata yang tepat yang menggambarkan cara tersebut dimasa kini, dampaknya tentu saja bisa penalty yang sulit bisa dipulihkan kembali.

Menaruh backlik pada kontent yang tak bernilai tinggi

Menyisipkan link pada sebuah artikel sebenarnya masif efektif, dengan catatan Anda membuatnya disitus yang berkualitas dengan kontent yang berkualitas pula. Jika Anda melakukan ini pada penulisan artikel disitus yang berkualitas rendah(junk), dan berperingkat buruk(apalagi sudah kena sandbox), maka akibatnya sudah bisa ditebak.

Menaruh link di sidebar atau footer


Isu menanam BL di sidebar atau footer sudah sangat banyak diperbincangkan dibeberapa forum atau blog SEO. Asumsinya merujuk kepada perbuatan SPAM backlink/unatural, karena seluruh artikel, page, atau kategori akan mengarahkan backlink dengan satu anchor text atau keyword yang sama. Misalnya sebuah blog yang Anda tumpangi link Anda memiliki 30 kategori, 10 page, dan 300 artikel, maka link yang masuk akan dijumlah kali lipatkan sehingga total menjadi 340 link. Bagaimana jika site tersebut memiliki 3000 artikel, atau Anda menaruh KW yang sama, dengan cara yang sama dan dibanyak blog. Jadi menurut Anda apakah itu terlihat natural?, dan merupakan SPAM link atau bukan?..

Kalau yang ini, terus terang saya tak mau melakukannya lagi. Tapi kalau anda menganggapnya fine-fine aja, ya silahkan saja dicoba atau diteruskan.


Menanam backling dikomentar blog yang tak terurus

Jika blog yang tak terurus tersebut dofollow, dan sudah lama terpenalti, maka link yang Anda taruh dalam komentar tersebut juga bisa membawa kesialan. Sebaiknya perhatikan dulu blog yang akan Anda tinggalin link komen, bagaimana visitornya, kapan update terakhir dsb.

Menaruh link dihalaman yang hanya bersisi link tanpa konten

Hal ini biasanya umum terjadi pada pertukaran backlink, dimana yang dibuatkan halaman khusus yang hanya berisi link-link yang dipertukarkan. SPAM Link adalah tuduhan utamanya.

Menaruh link disitus tak relevan

Situs Anda mengenai Olharaga, namun menaruh link review pada sebuah situs Investasi. Ha ha, sama sekali tidak relevan kan?,,,. Dan ini merupakan isu pokok SEO 2014. Jika ingin bertahan, maka jangan dipaksakan.

Lalu apa yang bisa saya lakukan?..... 

Ini adalah isu penting untuk SEO 2014 ini. Optimasilah Social media Anda, dengan tujuan untuk mendapatkan banyak social signal dari visitor Anda. Sederhananya, jika kontent Anda dirasa bagus oleh pengunjung, tentu mereka tak akan sungkan untuk menambahkan "like", "share", "+1" dll. Dan inilah SEO yang paling mujarab diawal tahun ini.

Lalu bagaimana cara backlinking yang terbaik menurut penulis?

Ini sih pribadi, tapi kalau agan mau ngikut ya silahkan. Cobalah menulis sebagai guest blogger di site yang relevan dan bagus posisinya. Atau kalau mau yang free dan kapan saja, Anda juga bisa mengirimkan tulisan di situs artikel directory seperti goarticle,lomography dll. Bisa juga membuat artikel disebuah trit forum dofollow. Semua tentu dengan meninggalkan BL yang bisa disisipkan diartikel. Walaupun Saya tak menjamin, namun cara ini menurut saya lebih terlihat natural. Namun ingat, artikelnya yang unik dan relevan ya?...

Memang kedengarannya melelahkan dan banyak buang waktu, akan tetapi jika masih memikirkan jangka panjang kenapa tidak?. Menurut saya, cara ini adalah cara backlingking paling dasar yang mudah dan murah, sekali lagi untuk "2014".


Backlinking sangat beresiko, sebaiknya berhari-hati, dan ketahui cara yang benar. Itu saja hasil rangkuman dari blogwalking di situs situs pakar SEO dunia yang sudah terkemuka. Bagaimanapun juga saya tidak menjamin keakuratan dari artikel ini, dan Anda bisa mencobanya jika sangat memerlukan pembuktian. Bukankah pengalaman adalah guru terbaik?..

Admin tidak bertanggung jawab atas semua isi komentar ,Mohon dipahami semua isi komentar dengan bijak