Tahukah Kamu ?

Tahukah Kamu ?
Tahukah Kamu ? Tahukah Anda ?
Bagaimana pelangi terbentuk?

Pelangi terbentuk karena pembiasan sinar matahari oleh tetesan air yang ada di atmosfir. Ketika sinar matahari melalui tetesan air, cahaya tersebut dibengkokkan sedemikian rupa sehingga membuat warna-warna yang ada pada cahaya tersebut terpisah. Tiap warna dibelokkan pada sudut yang berbeda, dan warna merah adalah warna yang paling terakhir dibengkokkan, sedangkan ungu adalah yang paling pertama. Fenomena ini yang kita lihat sebagai pelangi.

Mengapa pesawat terbang yang jauh diatas terlihat lambat bergerak

Ketika kita melihat sesuatu yang bergerak, yang patut kita sadari adalah perubahan sudut pandang dari mata kita terhadap obyek yang bergerak tersebut. Obyek yang berada dekat sekali dengan kita, walaupun bergerak tidak terlalu cepat, akan membuat kita memutarkan kepala hanya untuk melihat kemana obyek itu sekarang berada.

Ketika kamu melihat sesuatu obyek yang bergerak di kejauhan, perubahan sudut pandang yang terjadi tidak sebesar apabila obyek itu ada di dekat kita sehingga kita merasa bahwa obyek tersebut bergerak lambat, seperti pada pesawat yang sedang terbang jauh di atas kita.

Contoh lainnya adalah bulan. Bulan bergerak mengelilingi bumi dengan kecepatan rata-rata 1.022 Km/jam, tetapi karena jarak antara kita dengan bulan yang jauh, bulan kelihatan tidak bergerak sama sekali, karena kita hampir tidak merasakan perubahan sudut pandang.

Gelas termasuk benda padat, tetapi mengapa gelas terlihat bening?

Molekul dari benda padat biasanya saling mengikat dengan rapat, karena itu umumnya sinar tidak dapat menembus benda padat. Pada cairan dan gas, molekul-molekul bergerak bebas dan memiliki banyak ruang kosong diantara molekulnya. Itulah sebabnya sinar dengan mudah menembus material seperti gas dan air. Gelas dibuat dengan cara melebur pasir dan mendinginkannya kembali. Bahan yang terbentuk akhirnya menjadi padat dan kaku, tetapi masih memiliki molekul yang bebas bergerak seperti sifat molekul pada cairan, sehingga ruang kosong diantara molekul gelas tersebut bisa dilewati oleh cahaya, walaupun gelas adalah benda padat.

Air terjun Niagara pernah berhanti mengalir!

Pagi hari pada tanggal 29 Maret 1948 merupakan hari istimewa. Para turis yang mengunjungi air terjun Niagara di perbatasan Amerika-Kanada terheran-heran saat air terjun itu berhenti mengalir. Mereka menyaksikan air terjun itu mengering, cuma menyisakan bebatuan dengan beberapa genangan air di dasar aliran sungai. Apa yang membuat Niagara mengering? Angin kencang dan bongkahan besar es rupanya telah memblokir aliran Danau Erie yang menjadi sumber air terjun Niagara, sehingga air terjun tersebut menjadi "lenyap". Kira-kira tiga puluh jam setelah Niagara berhenti mengalir, bongkahan es tadi pecah, dan selanjutnya aliran kencang air kembali mengalir, dan air terjun Niagara kembali menggemuruh, hingga saat ini.

Tahukah Kamu ? suara paling keras
Menurut para ilmuwan, hewan yang memiliki suara paling keras adalah ikan paus biru (Balaenoptera Musculus), yang juga menyandang gelar sebagai hewan terbesar di bumi. Suara ikan paus biru lebih keras daripada suara motor Harley Davidson. Bahkan lebih keras daripada suara konser rock yang paling keras, dan juga lebih keras dari ledakan bom. Seberapa keraskah suara ikan paus biru tersebut?
Suara ikan tersebut adalah 188 desibel..! Angka ini sama dengan 1juta kali suara mesin jet (yang mencapai tingkat kekerasan suara 120-130desibel). Perlu diingat bahwa tingkat kekerasan suara bertambah secara logaritmis. Ini berarti setiap kenaikan 10desibel berarti peningkatan intensitas suara hingga 10 kali. Ini adalah salah satu alasan bagi kita semua untuk bersyukur bahwa ikan paus biru tersebut tinggalnya di dalam laut.

Tahukah kamu bahwa sel-sel tubuh manusia menyelesaikan regenerasinya yang baru setiap 72 jam

Tahukah kamu bahwa Islandia itu berwarna hijau dan Greenland tertutup dengan es

Tahukah kamu bahwa Lempeng bumi bergerak 0,007 Cm setiap harinya

Tahukan Kamu bahwa Pada sebuah pertandingan antara Liverpool dan Chester City dithn 68 yang berakhir dengan skor 2-2, ke 4 Gol itu diciptakan oleh orang yang sama

Tahukah kamu bahwa Pertandingan dengan penalti terburuk adalah antara Steau bucharest dan barcelona pada Piala champion thn 85/86. dari 10 tendangan, 8 berhasil ditahan kiper dan 2berhasil pada putaran ke 3 penalti (Artinya 20 penalti sebelumnya tidak ada satupun yang masuk kegawang)

Serangan Jantung ternyata paling banyak pada pagi hari,yaitu pada pada saat tekanan darah meningkat dan paling banyak terjadi pada hari SENIN PAGI karena STRESS harus kerja setelah berakhir pekan..!

Mulut kita ternyata dalam satu hari dapat menghasilkan air liur sebanyak satu (1) liter.
Percaya nggak...?!

Kopi ,teh , minuman soda ternyata dapat menyebabkan tubuh kehilangan banyak kandungan kalsium di bandingkan dengan orang - orang yang jarang minum kopi ,teh atau minuman soda

Ternyata dari hasil penelitian bahwa makan terlalu banyak Protein dan garam dapat mengakibatkan penipisan kalsium pada tulang

Merokok dapat mengurangi massa tulang,terganggunya system hormonal terutama Estrogen pada Wanita sehingga menyebabkan Menopause dini

Ternyata Pada pagi hari terjadi peningkatan kadar testosteron baik pada pria dan wanita dan peningkatan hormaon Estrogen dan Progesteron pada Wanita, sehingga itulah sebabnya mengapa terjadi serangan Fajar
“Quo Vadis?”, film buatan tahun 1951 yang diangkat dari novel karya Henryk Sienkiewicz memang sebuah film yang luar biasa. Dalam pembuatan film ini, diperlukan 30.000 orang pemain ekstra, dan masih ditambah dengan 63 ekor singa. Ada keunikan dari film “Quo Vadis?” tersebut. Pada adegan balap chariot, bila diperhatikan secara seksama, penonton dapat melihat sebuah mobil sport merah melintas di kejauhan. Saat diputar di bioskop, banyak orang menonton kembali film ini hanya untuk melihat mobil sport itu nyelonong dalam adegan yang menggambarkan kejadian 19 abad yang lampau.



Tahukah Kamu ?

Tambang garam Wieliczka, yang terletak di Krakov, Polandia, memiliki jalur-jalur bawah tanah hingga sepanjang 200 km, yang menghubungkan lebih dari 2000 ruangan. Istimewanya, seluruhnya terbuat dari garam. Selain berisi ruangan-ruangan, di dalam tambang terdapat pula sebuah kapel yang bernama Kapel “Kinga yang diberkati”. Kapel ini memiliki ruang sepanjang 50 meter dengan lebar 15 meter, dan tinggi 12 meter. Istimewanya lagi, kapel ini terletak 100 meter di bawah tanah.
Tambang garam ini, yang telah menjadi sumber garam sejak akhir abad ke 13, juga memiliki ukiran-ukiran, altar, dan beberapa puluh patung-patung yang semuanya dibuat dari garam. Selain kapel, bangunan lain yang terdapat dalam tambang ini adalah sebuah museum dan sebuah sanatorium untuk merawat pasien gangguan pernapasan.

 Tahukah Kamu ? yoyo
Anda mungkin berpikir bahwa senjata adalah sebuah alat yang berbahaya dan harus dihindari. Tetapi, jika anda pernah memainkan Yoyo, berarti anda sudah memainkan sebuah senjata.Yoyo sudah ada sejak lama, tetapi baru tiba dan dikenal di Amerika pada tahun 1929. Orang Filipina membuat Yoyo dari batang pohon yang merambat yang ujung-ujungnya diikatkan dengan batu-batu keras. Mereka melempar batu-batu itu dengan menarik batang rambatnya.Yoyo pertama di Amerika terbuat dari kayu. Donald Duncan mempunyai ide dengan meminta orang Filipina memperagakan Yoyo di pusat perbelanjaan. Demikianlah orang Amerika menyadari bahwa Yoyo juga dapat dipergunakan sebagai mainan. Akhirnya, Yoyo dibuat dari bahan plastik warna-warni dan dapat dibeli di toko mainan. Nama Yoyo berasal dari bahasa Tagalog Filipina, yang mempunyai arti "Mari, Mari"

Tahukah Kamu ? Kentang
Kentang pertama kali mencapai daratan Eropa di tahun 1500-an bersamaan dengan kedatangan kapal-kapal Spanyol dari Peru. Namun saat didatangkan, kentang lambat sekali diterima masyarakat Eropa. Kentang dilarang dimakan di Burgundy karena dianggap sebagai biang penyakit lepra. Di tempat lain kentang mendapat nama jelek karena sempat dituduh sebagai penyebab penyakit sipilis. Hingga tahun 1720-an, di Amerika masih terdapat kepercayaan bahwa kentang dapat memperpendek umur yang mengkonsumsinya. Baru setelah kemerdekaan Amerika, kentang lebih bisa diterima, dan saat ini telah menjadi salah satu makanan pokok orang Amerika.

Tahukah kamu bahwa Ginkobiloba mempunyai efek mengencerkan darah yang berarti membuat luka lebih sulit tertutup, dan bawang putih mempunyai efek mengentalkan darah (makanya di film, drakula takut sama bawang putih soalnya nyedotnya jadi susah heheheheh).

Tahukah Kamu ? Kanguru
Spesies terbesar binatang kanguru, yaitu kanguru merah, dapat memiliki kepala hingga sebesar seekor biri-biri, dengan tinggi badan mencapai 7 feet (210 cm). Sebenarnya di masa lampau pernah hidup spesies kanguru dengan ukuran lebih besar lagi. Dari penemuan fosil, tinggi spesies
kanguru raksasa ini menjulang hingga 10 feet (304 cm, setinggi ring basket), dengan kepala sebesar kuda poni Shetland. Tentu saja tidak semua kanguru berukuran raksasa. Ada jenis kanguru dalam bentuk miniatur, diantaranya adalah Musk Kangoroo, yang besarnya tidak lebih dari seekor kelinci.

Tahukah Kamu ? Kimono Pembawa Sial
Di bulan Februari 1657, sebuah upacara kecil dilakukan di kota Tokyo, untuk menolak bala. Dalam upacara kecil itu, seorang pendeta bermaksud membakar sebuah Kimono, yang dianggap membawa sial. Kimono tersebut telah dimiliki oleh tiga orang anak perempuan yang semuanya meninggal sebelum sempat mengenakannya. Upacara ini tidak akan tercatat dalam sejarah, bila tidak ada buntutnya. Saat kimono tersebut dibakar, angin kencang berhembus dan api menyebar ikut melahap kuil tempat upacara dilakukan. Tidak berhenti di situ, api ikut menghancurkan hampir tiga perempat bagian kota Tokyo.
Tercatat 300 kuil ikut terbakar, ditambah 500bangunan besar, 9.000toko, dan 61 jembatan. Korban yang jatuh dalam kebakaran besar tersebut mencapai sekitar 100.000 orang. Semua karena kimono pembawa sial.

Tahukah Kamu?
Bahwa Airport yang paling sibuk di dunia adalah Hartsfield-Jackson Atlanta International Airport di Atlanta, Georgia, USA, sedangkan Airport yang paling besar adalah King Khalid International Airport in Riyadh, Saudi Arabia dengan luas 81 square miles - area yg lebih luas dari kebanyakan kota

Tahukah kamu?
Alfred Benhard Nobel membuat nobel prize untuk menebus dosanya karena telah membuat salah satu penemuannya yaitu dinamit (yg sebelumnya diciptakan utk membuat gua) disalahgunakan orang untuk perbuatan kriminal termasuk perang dunia

Tahukah kamu bahwa kemeja baru dikenal dengan deretan kancing di dada sekitar abad ke-18. Dahulu kemeja yang digunakan dengan menanggalkan kemeja melalui kepala. pd thn 1871, brown, davis & co. mematenkan kemeja dengan deretan kancing di dada. sejak saat itu kemeja menjadi busana formal.

Tahukah kamu?
Amerika Serikat adalah negara yang paling banyak/sering mengganti desain bendera nasionalnya. Sejak merdeka Amerika Serikat telah mengganti desain benderanya sebanyak 26 kali, terakhir kali dilakukan pada 4 Juli 1960.

Tahukah kamu?
Banteng tidak menyeruduk kain merah matador bukan karena merahnya,namun karena goyangan dr kain tsb. Sesungguhnya banteng buta warna.

Tahukah kamu?
Di Spiderman 2 ada adegan spiderman menahan kereta dengan jaring laba2nya agar kereta tsb tidak jatuh dan berhasil. Apa itu cm fiksi?Tidak!Penelitian menyebutkan bahwa jaring laba2 5x lebih kuat dari baja.
Tahukah kamu?
Kenapa titanic yg terbuat dr baja itu bisa tenggelam hanya krn menyerempet gunung es?Di suhu serendah samudera atlantik (tempat titanic tenggelam) , baja bisa menjadi serapuh kapur

Leonardo Da Vinci adalah seorang Ambidextrous, dia bisa menulis dan menggambar dalam waktu bersamaan dengan kedua tangannya

Tahukah kamu?
Wanita hanya membutuhkan ***** sepanjang 6 cm untuk dapat memuaskannya?

Lelaki yang dihukum gantung selalu mengeluarkan sperma karena di leher juga terdapat semacam 'g spot'
* 111,111,111 x 111,111,111 = 12,345,678,987,654,321

* Ada 2700 bahasa dan 7000 dialek di dunia. Di Afrika sana, terdapat 1000 bahasa lebih.

* Ada 318,979,564, 000 kemungkinan kombinasi pembukaan pertama pada catur.

* Apa persamaan rompi anti peluru, printer laser, tangga darurat dan wiper mobil? Jawabannya: semua ditemukan oleh perempuan!

* Arabic numerals bukan berasal dari Arab, tapi diciptakan di India.

* Astronot dilarang mengkonsumsi kacang sebelum menjelajah ruang angkasa karena jika buang angin dalam baju khusus astronot dapat membahayakan mereka.

* Bagi kita tampaknya wajar saja untuk memakai payung saat hujan. Tapi sebenarnya payung tidak diciptakan sebagai perlindungan terhadap hujan. Mulanya digunakan untuk melindungi diri dari panas matahari.

* Barcelona menjadi satu-satunya tim yang berpartisipasi di kompetisi klub Eropa tanpa pernah absen sejak musim 1955 dan juga selalu berlaga di Primera Liga sejak kompetisi ini digelar 1928, bersama Athletic Bilbao dan Real Madrid.

* Bayi lahir setiap 7 detik.

* Coklat asli (dari buah coklat yg baru dijemur/kering) dapat membunuh anjing, menyerang jantung dan sistim sarafnya dosis: 5 ons untuk anjing kecil / puddel

* Coklat meleleh dalam mulut karena titik lelehnya adalah 35 derajat celcius.

* Dalam bahasa Inggris, kata “Dreamt” adalah satu2nya yg berakhiran “mt”.

* Dalam bahasa inggris, semua nama benua diawali dan diakhiri dengan huruf vokal yang sama.

* Dalam perang zaman dahulu, orang yang buta warna dibutuhkan dalam tim pendeteksi kamuflase di militer.

* Di semua casino di Las Vegas gak terdapat jam dinding, jam meja, dll.

* Diatas khatulistiwa melintas sekitar 200 satelit asing, termasuk satelit mata-mata.

* Donal Bebek dilarang beredar di Finlandia karena Donal tidak pakai celana.

* Dry Ice tidak meleleh, tapi menguap.

* Hanya 3 malaikat, Gabriel, Michael dan Lucifer yang disebut dalam injil.

* Hedenophobic berarti takut akan kesenangan.

* India mempunyai Undang-undang hak untuk sapi.

* Jumlah sambungan telepon di Amerika lebih banyak dari jumlah penduduknya.

* Kacang adalah salah satu bahan untuk membuat dinamit.

* Kata ZIP (kode pos) adalah kepanjangan dari ?Zoning Improvement Plan?.

* Kentut sapi termasuk penyebab utama global warming.

* Kode Telephone Internasional untuk Antartica adalah 672.

* Kulup dari bayi yg disunat bisa tumbuh dari seukuran prangko menjadi seluas 3x lapangan basket. Hebat kan . Keajaiban dari science. Laboratorium menumbuhkan kulit ini untuk mengganti kulit korban luka bakar.

* Kursi listrik ditemukan oleh seorang dokter gigi

* Memakai headphone selama satu jam dapat menstimulasi perkembangan bakteri dalam telinga sebanyak 700 kali lipat!

* Menuurt sbeauh penilitean di Cmabrigde Uinervtisy, tdaik mejnadi maslaah bgaimanaa urtaun hufur-hufur di dlaam sebauh kaat, ynag palngi pnteing adlaah leatk hruuf partema dan terkhair itu bnaer. Siasnya dpaat brantaaken saam skelai dan kmau maish dpaat mebmacanya tnpaa msaalah. Hal ini kerana oatk masunia tdaik mambeca seitap huurf msaing-msaing, tatepi kaat kesuleruhan. Manejkubakn naggk?

* Nama asli Donal bebek adalah Donald Flauntleroy Duck.

* Nama dari kembar gemini adalah Castor dan Pullox.

* Nama mobil Nissan berasal dari bahasa jepang Ni : 2 dan San : 3. Nissan : 23

* Nomer ?172? dapat ditemukan pada uang kertas 5 dollar amerika, pada gambar semak-semak dibawah Lincoln Memorial.

* Pada poster film ?Pretty Woman? Julia Robets terlalu pendek untuk bisa sejajar dengan Richard Gere. Maka digunakan model Shelley Michelle sebagai tubuh Julia.

* Pada tahun 2000, Garuda Indonesia memperoleh penghargaan sebagai “the most punctual airlines” dari Bandara Schipol di Amsterdam. Pada bulan Oktober 2004, Garuda Indonesia menutup satu-satunya rute yang masih di milikinya ke Eropa (yaitu Amsterdam) denga alasan rute ini tidak menguntungkan.

* Permen karet tidak dijual di Disney Land.

* Rata-rata 12 bayi yg lahir di dunia tiap hari, diserahkan ke orang tua yg salah (ketuker-tuker)

* Rata-rata hujan jatuh dengan kecepatan 7 mil per jam.

* RSVP adalah Respondez s?il Vous Plait yang artinya ? mohon jawaban?

* Saat kita bertahan hidup dan tidak ada bahan makanan, sabuk kulit dan sepatu keds adalah makanan terbaik untuk dimakan karena mengandung cukup gizi untuk hidup sementara.

* Sebagian besar lipstik dari merek2 terkenal, bahan bakunya memakai sisik ikan laut.

* Sebelum 6 Mei 1954, tidak ada pelari yang dapat berlari sejauh 100m dalam waktu kurang dari 4 menit. Berlari 100m dalam waktu 4 menit dianggap mustahil. Hingga Roger Bannister mencoba dan memecahkan pikiran mustahil tersebut dengan berlari sejauh 100m dalam waktu 3 menit 59 detik! Apa yang terjadi setelah itu, pada tahun yang sama, beberapa pelari lain berhasil melewati benteng 100m dalam masa kurang dari 4 menit. Tahun-tahun yang seterusnya lebih banyak pelari berhasil memecahkan rekor 4 menit tersebut!

* Sebelum ada pesawat jet, Jetlag disebut Boatlag.

* Sebelum Masehi bahasa inggrisnya adalah B.C (Before Christ). Setelah Masehi adalah A.D (Anno Domini)

* Sebutir kismis yang dijatuhkan kedalam gelas berisi sampanye segar akan bergerak naik turun dalam gelas.

Seekor Babon bernama ?Jackie? menjadi prajurit resmi dalam angkatan bersenjata Afrika Selatan pada Perang Dunia I.

* Sekarang tentu saja hampir mustahil bagi kita untuk membayangkan hidup tanpa listrik. Tapi manusia baru mampu menggunakan listrik sejak tahun 1800.

* Selama 4000 tahun belakangan ini, jenis hewan yang dipelihara di rumah itu-itu saja.

* Setiap orang di USA punya 2 kartu kredit.

* Setiap raja dalam kartu remi melambangkan raja-raja besar jaman dahulu kala. Raja Sekop – Raja Daud, Raja Keriting – Alexander Agung, Raja Hati – Raja Charlemagne, Raja Wajik – Julius Caesar.

* Tanda ?save? pada Microsoft Office programs menunjukan gambar floppy disk dengan shutter terbalik.

* Tehnik mengaduk terbaik bukan dengan gerakan memutar, tapi dengan gerakan huruf W.

* Telur segar tenggelam diair, telur yang kadaluarsa mengambang.

* Titik diatas huruf i disebut ?title?

* Titik merah pada 7-Up logo berasal dari penemunya yang bermata merah. Dia seorang albino.

* Topeng tokoh Michael Myers di film horor ?Helloween? sebenernya topeng tokoh Captain Kirk (Star Trek) yang di cat putih, karena kurang dana.

* Triskaidekaphobia adalah ketakutan pada 13. Paraskevidekatriaph obia adalah ketekukan pada hari jumat tanggal 13 (bisa terjadi antara 1-3 kali setahun). di Italia, 17 adalah angka sial. di Jepang angka sial adalah 4.

* TYPEWRITER adalah kata terpanjang yang dapat diketik dalam satu baris tuts keyboard anda.

* Ucapkan “sixth sick sheik’s sixth sheep’s sick” beberapa kali. Nanti anda akan mahir berbahasa Inggris!

* Untuk menerbitkan edisi Minggu koran The New York Times, dibutuhkan 63.000 pohon. Sebab, koran beroplah 1 juta eksemplar ini tiap edisi Minggu sangat tebal, bahkan beratnya mencapai hampir 1 kilogram.

=>Tahukah teman2 otot jantung mampu memompa keluar darah hingga ketinggian sepuluh meter?



=>Tahukan teman2 bahwa gajah adalah satu2nya binatang yang tak bisa melompat?



=>Tahukah teman2 bahwa otot terkuat tubuh kita adalah otot lidah?



=>Tahukah teman2 bahwa orgasme babi berlangsung selama 30 menit ?


=>tahukan teman teman buaya tak dapat menjulurkan lidahnya?


=>tahukah teman2 kalau kupu kupu merasakan rasa bunga dengan kakinya?


=>Tahukah teman2 bahwa kecoak dapat hidup 9 hari tanpa kepala ?mereka mati karena tak ada asupan makanan, bukan karena kehilangan kepala?

=>Tahukah teman2 bahwa satu satunya suara yang yang tak akan menghasilkan echo atau gema adalh suara kewk bebek dan tak seorang pun tahu alasannya..



=>Tahukah teman teman bahwa kita tidak mungkin tetap membuka mata saat bersin?

Nyeri di tangan dan kaki

Pernahkah Anda merasa tangan atau kaki seperti ditusuk-tusuk jarum? Rasa nyeri yang bersifat sementara namun membahayakan ini disebabkan oleh kurang gerak, atau tekanan yang terus-menerus terhadap bagian tubuh tersebut, sehingga sel-sel tidak bisa menyampaikan pesan ke otak. Cara mengatasinya cukup sederhana: ubahlah posisi Anda.

Mengapa terdapat urat yang menyalurkan darah di tubuh kita berwarna biru?


Jantung kita selalunya mengepam darah ke seluruh tubuh. Sel darah merah membawa oksigen daripada paru-paru ke seluruh sel lain di dalam badan kita.

Oksigen menjadikan sel darah merah kelihatan berwarna merah terang.

Apabila sel-sel berkenaan selesai menyalurkan oksigen, sel darah merah akan kelihatan biru tua atau ungu.

Terdapat dua jenis urat darah. Arteri merupakan urat darah yang membawa darah berwarna merah terang yang kaya dengan oksigen keluar daripada jantung manakala urat pula menyalurkan semula darah berwarna biru tua yang tidak mempunyai oksigen ke jantung dan paru-paru.

Arteri terletak jauh di dalam badan kita tetapi urat terletak dekat dengan kulit kita.

Jadi urat darah yang berwarna biru itu adalah urat yang membawa darah balik ke jantung dan paru-paru untuk dipamkan dengan oksigen.

Kegunaan Cabai / Cabe , Kalau cabe dibelah, maka kita akan menemukan tangkai putih di dalamnya yang mengandung zat capsaicin. Zat capsaicin ini seperti minyak dan menyengat sel-sel pengecap lidah. Zat capsaicin inilah yang mengakibatkan cabe menjadi terasa pedas dan panas di lidah saat kita mengkonsumsinya.


1. Cabe dapat meredakan pilek dan hidung tersumbat karena capsaicin dapat mengencerkan lendir. Sehingga lendir yang tersumbat dalam rongga hidung akan menjadi encer dan keluar. Akibatnya, hidung menjadi tidak tersumbat lagi.

2. Cabe dapat meringankan keluhan sakit kepala dan nyeri sendi. Karena rasa pedas dan panas yang ditimbulkan capsaicin akan menghadang pengiriman sinyal rasa sakit dari pusat sistem saraf ke otak. Sehingga, rasa sakit tersebut akan berkurang, bahkan hilang.

3. Cabe dapat memperkecil risiko terserang stroke, penyumbatan pembuluh darah, impotensi, dan jantung koroner. Karena dengan mengkonsumsi capsaicin secara rutin darah akan tetap encer dan kerak lemak pada pembuluh darah tidak akan terbentuk. Sehingga darah akan mengalir dengan lancar.

4. Cabe dapat meningkatkan nafsu makan pengkonsumsinya. Karena, capsaicin dapat merangsang produksi hormon endorfin, hormon yang mampu membangkitkan rasa nikmat dan kebahagiaan. Sehingga nafsu makan menjadi bertambah.

5. Cabe menghasilkan vitamin C dan provitamin A yang sangat diperlukan bagi tubuh.

6. Cabe memberikan kalsium dan fosfor bagi tubuh kita karena cabe banyak mengandung kedua zat tersebut.

7. Cabe dapat menghilangkan rasa dingin pada tubuh dengan cara mengoleskannya pada bagian yang terasa dingin.

Plum atau prune mengandung ferulid acid yang memiliki senyawa antikanker. Menurut penelitian, apabila zat ini banyak dikonsumsi, maka dapat membantu menurunkan resiko kanker usus. Buah ini juga mengandung hydroxycinnamate, antioksidan yang dapat mencegah oksidasi LDL. Bersama dengan berbagai serat yang dikandungnya, buah plum dapat melindungi tubuh dari serangan jantung dan menurunkan kadar kolesterol.

Selain itu, buah plum mengandung borron, sejenis mineral yang membantu tubuh menyerap kalsium, sehingga mengkonsumsi 10 – 12 buah plum yang dikeringkan per hari dapat membantu mencegah kehilangan massa tulang dan mengurangi resiko ostheoporosis. Sebagai tambahan, buah ini banyak mengandung serat dan potasium.

 Taukah kamu, fakta di balik bersin?

Bersin merupakan suatu mekanisme pertahanan tubuh untuk mencegah masuknya zat asing ke dalam tubuh. Karena itu jangan ditahan jika anda terasa ingin bersin.

Selain menyebabkan kuman dan benda asing tertahan dalam tubuh, menahan bersin juga menyebabkan beberapa hal lainnya. Misalnya pecahnya gendang telinga, kehilangan pendengaran, Pembengkakan wajah sementara dan keretakan tulang rawan hidung. Sebab, saluran hidung dan mulut yang menjadi sarana keluaran bersin berhubungan juga dengan telinga.

Untuk diketahui, bersin adalah respon tubuh yang dilakukan oleh membran hidung ketika mendeteksi adanya bakteri dan kelebihan cairan yang masuk ke dalam hidung, sehingga secara otomatis tubuh akan menolak bakteri tersebut. Bersin juga dapat timbul akibat adanya peradangan (rhinosinusitis), benda asing, infeksi virus, atau reaksi alergi. Reaksi alergi tersebut muncul karena paparan terhadap bahan alergen.

Saat seseorang bersin, maka lendir atau benda-benda asing yang ada di mulut dan hidung akan keluar dengan kecepatan 100 mil per jam. Saat bersin biasanya mengeluarkan 100.000 kuman ke udara, karena itu sebaiknya menutup hidung dan mulut dengan tangan atau liputan siku ketika bersin agar tidak membahayakan orang disekitar.

 Apa benar ada stroberi dalam susu rasa stroberi?

Buah- buahan yg memiliki kandungan vitamin C paling tinggi adalah stroberi. Komposisinya 80 mg per 100 g stroberi. Jumlah vitamin C-nya dua kali lebih banyak dari jeruk. Bila makan 5-6 per hari, sama saja telah memenuhi kebutuhan vitamin C perhari ( 50 mg ). Lebih baik lagi kalau makan bersama susu atau krim. Susu atau krim mengurangi rasa asam stroberi, dan memenuhi gizi yang kurang pada stroberi, yaitu lemak dan protein.



Mengapa Vitamin C rasanya masam?

Suplemen Vitamin yang biasa kita minum pasti juga mengandung vitaim C. Nama resmi vitamin C adalah ascorbic acid. dan dari namanya, kita bisa tahu rasanya masam. Vitamin C bersifat larut dalam air dan akan keluar bersama urine, kerna itu lebih baik dikonsumsi sebelum tidur.


Benarkah akan jadi Bodoh bila terlalu sering minum Kopi?

Kalau minum kopi secukupnya, otak akan terangsang untuk melancarkan proses pencernaan dan peredaran darah. Makanya bila minum kopi pada saat ngantuk atau lelah, kepala akan terasa ringan dan daya konsentrasi pun meningkat. Tetapi karena kopi memperlambat waktu bagi otak untuk menerima informasi baru, kita akan merasa otak menjadi lamban.

Lagi pula, kecepatan tubuh menghancurkan kafein pada anak lebih lama daripada orang dewasa. Karena itu, lebih baik anak- anak menghindarinya. Menurut hasil penelitian, bila anak minum kopi bersama kola dan cokelat, kemampan belajarnya akan menurun.


 Benarkah saat marah kita tidak bisa mencerna makanan dengan baik?

Beberapa organ dan fungsinya dalam tubuh manusia dikendalikan oleh "Saraf Tak Sadar", misalnya denyut jantung, pernapasan, pencernaan, dan lain-lain. Ketika kita makan, lambung akan secara otomatis mengeluarkangetah lambung untuk mencerna makanan dan melalui usus kecil tubuh kita akan menyerap nutrisi. inilah fungsi dari saraf tak sadar.

Tapi jika kita sedang marah, gelisah, atau mengalami perasaan negatif lainnya, maka getah lambung akan sulit keluar secara normal. Keadaan inilahyang mengakibatkan terjadinya tukak lambung atau gangguan pencernaan. Jadi, ketika kita sedang makan, kita harus menjaga agar perasaan kita tenang. Dengan begitu tubuh kita akan dapat mencerna serta menyerap nutrisi yang masuk melalui makanan dengan baik.



Mengapa Perut kita berbunyi ketika lapar?

Suara yang dihasilkan perut ketika sedang kelaparan sebenarnya merupakan bunyi yang berasal dari lambung dan usus. Pada saat kita bernapas, terdapat udara yang tertelan ke dalam perut. Selain itu setelah selesai mencerna makan, usus juga menghasilkan gas.

Saat ini, yakni apabila makanan sudah selesai dicerna, perut masih terus bereaksi dan mengakibatkan otak besar menghasilkan perasaan lapar. gas-gas inilah yang berputar-putar di dalam perut dan mengeluarkan suara krucuk-krucuk!



Mengapa kita menggoyangkan tangan ketika berjalan?

Saat sedang berjalan, tangan kita akan bergoyang ke depan dan ke belakang. Ini merupakan suatu insting, sama seperti anak kida yang baru lahir, meski tak diajari, bisa berlari sendiri. Bahkan anak kecil yang baru belajar berjalan pun akan menggoyangkan tangannya. Hal ini dilakukan untuk menjaga keseimbangan tubuh ketika berjalan!

 Mengapa Susu baik untuk tubuh?

Susu adalah minuman yang sempurna karena kita bisa hidup hanya dengan susu tanpa makan apa pun. Susu mengandung semua nutrisi yang diperlukan tubuh, misalnya protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, dan juga vitamin. Makanan sempurna lainnya adalah telur.


Mengapa kita Cegukan bila makan cabai??

Diafragma adalah sekat rongga antara dada dan perut, di bawah paru-paru. Cegukan adalah suara yang ditimbulkan oleh getaran diafragma ketika lambung membesar. Cegukan bisa disebabkan oleh makanan pedas atau panas yg dimakan bersamaan dengan waktu bernapas. Cara menghentikannya adalah dengan cara menahan napas atau dikagetkan, bisa juga dengan air es atau menghirup karbondioksida di dalam palstik yang sudah ditiup.


Mengapa tidak baik makan Daging gosong?

Memasak menggunakan api mengubah protein secara kimia. Dalam proses ini, akan terbentuk zat penyebab KANKER, "benzopiren" dalam beberapa makanannya, terutama yang sudah gosong. Dalam buangan gas, asap cerobong pabrik, dan asap rokok pun ditemukan benzopiren.

Taukah kamu???? Mengapa Ban Pesawat Kecil?


Ban pesawat terbang dirancang secara khusus untuk mampu menahan beban yang berat, memberikan rasa nyaman pada penumpang, dan bertahan ketika pesawat bergerak di landasan dengan kecepatan yang cukup tinggi.

Sebenarnya, ukuran ban pesawat terbang hampir sama dengan ukuran ban mobil. Memang ukuran ini tampak kecil bila dibandingkan dengan ukuran pesawat. Mengapa dipilih ban kecil, sebab ban dengan ukuran yang terlalu besar menyulitkan ban tersebut menahan torsi berat pesawat

Ban pesawat bukan ban yang padat. Di dalamnya ada gas/udara dengan tekanan yang cukup besar, sekitar enam kali lebih besar dari tekanan ban mobil penumpang. Tekanan sebesar ini dibutuhkan untuk menahan berat pesawat yang besar. Kelenturan atau deflection (perbedaan tinggi ban sebelum dan sesudah dipasang) ban pesawat sekitar 2 - 3 kali lebih besar dari ban mobil.

Kelenturan yang tinggi ini membuat penumpang pesawat lebih nyaman ketika pesawat mendarat. Ban pesawat juga diharapkan mampu bertahan ketika pesawat bergerak dengan kecepatan sekitar 340 km/jam atau sekitar dua kali kecepatan maksimum mobil.

Indonesia merupakan negara tropis, yang mana ciri umum wilayah tropis adalah memiliki curah hujan yang banyak. Dalam artikel kali ini akan di bahas tentang fenomena keunikan hujan dan fakta yang terdapat di dalamnya.


1. Rata-rata kecepatan jatuhnya air hujan hanyalah 8-10 km/jam.

2. Air jatuh ke bumi dengan kecepatan yang rendah, karena titik hujan memiliki bentuk khusus yang meningkatkan efek gesekan atmosfer dan membantu hujan turun ke bumi dengan kecepat-an yang lebih rendah. Andaikan bentuk titik hujan berbeda, atau andaikan atmosfer tidak memiliki sifat gesekan (bayangkan jika hujan terjadi seperti gelembung air yang besar yang turun dari langit), bumi akan menghadapi kehancuran setiap turun hujan.

3. Ketinggian minimum awan hujan adalah 1.200 meter.

4. Efek yang ditimbulkan oleh satu tetes air hujan yang jatuh dari ketinggian tersebut, sama dengan benda seberat 1 kg yang jatuh dari ketinggian 15 cm.

5. Awan hujan pun dapat ditemui pada ketinggian 10.000 meter.

6. Dalam satu detik, kira-kira 16 juta ton air menguap dari bumi.

7. Jumlah ini sama dengan jumlah air yang turun ke bumi dalam satu detik. Dalam satu tahun, diperkirakan jumlah ini akan mencapai 505 x 1012 ton. Air terus berputar dalam daur yang seimbang berdasarkan “takaran”.

8. Butiran air hujan berubah bentuk ratusan kali tiap detik.

9. Kalau butiran air hujan itu dibekukan akan membentuk keping kristal yg indah, tidak seperti air biasa yang di bekukan di freezer/kulkas.

10. Setelah hujan turun, tanah, ilalang, rerumputan akan mengeluarkan bau wangi yg khas, senyawa ini dinamakan 'petrichor'.

11. Dan fakta terakhir yang paling misterius dan mengejutkan ilmuan. Hujan memiliki kemampuan untuk menghipnotis manusia untuk me-resonansi-kan ingatan masa lalu. Dan tanpa bisa mendapatkan bukti ilmiah, para ilmuan hanya bisa menyimpulkan,“Di dalam hujan, ada lagu yang hanya bisa didengar oleh mereka yg rindu”. Dan pada titik ini, para ilmuan meyakini bahwa manusia biasanya mendapatkan inspirasi.

Letusan gas dan pergeseran jaringan
Nah, saat Anda mematah-matahkan tangan, ruangan berisi cairan di sekitar sendi akan meregang. Karena regangan itulah, gas di dalam cairan akan dilepaskan. Letusan gas-gas itulah yang menghasilkan bunyi di persendian. Menurut para ilmuwan, cairan sendi harus menyerap gas kembali beberapa saat sebelum Anda dapat membuat bunyi yang sama.

Tendon dan ligamen juga penyebab timbulnya suara. Jaringan lunak di persendian ini mirip dengan karet yang mengikat otot dengan ujung-ujung tulang agar tidak lepas. Begitu pula dengan ligamen yang menghubungkan tulang dengan tulang lainnya.

Saat persendian digerakkan, kadang-kadang tendon dan ligamen lepas dari tempatnya, namun segera kembali. Misalnya, saat lutut Anda berbunyi karena berdiri dari posisi duduk.

Pada penderita arthritis, suara gemeretak sangat mudah terjadi dan rasanya sangat nyeri. Tulang belulang kehilangan jaringan tulang rawan sehingga ujung-ujung tulangnya kasar. Cairan sinovial bertambah banyak sehingga sendi terasa kaku dan sakit.

Para ilmuwan telah mempelajari apakah kebiasaan mematah-matahkan sendi dapat memicu arthritis atau merusak organ tubuh. Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan tersebut dapat dilakukan kapan saja tanpa berisiko apa pun. Meskipun demikian, penelitian lainnya menunjukkan bahwa aktivitas yang berlebihan akan merusak jaringan lembut di sekitar sendi sehingga tangan bengkak dan sulit digerakkan.

Dilepen, Dalam istilah medis, disebut dismenore. Nyeri itu ada yang ringan dan samar-samar, tetapi ada pula yang berat, bahkan beberapa wanita sampai pingsan karena tidak kuat menahannya. Separuh dari wanita terganggu oleh nyeri haid (lihat kingstone, Beryl. Mengatasi Nyeri Haid. Halaman 21).

Dahulu, dismenore disisihkan sebagai masalah psikologis atau aspek kewanitaan yang tidak dapat dihindari, tetapi sekarang dokter mengetahui bahwa dismenore merupakan kondisi medis yang nyata. Meskipun demikian, penyebabnya yang pasti, masih kurang dimengerti.

Penyebab nyeri haid bisa bermacam-macam, bisa karena suatu proses penyakit (misalnya radang panggul), endometriosis, tumor atau kelainan letak uterus, selaput dara atau ****** tidak berlubang, dan stres atau kecemasan yang berlebihan. Akan tetapi, penyebab yang tersering nyeri haid diduga karena terjadinya ketidakseimbangan hormonal dan tidak ada hubungan dengan organ reproduksi.

Berdasarkan jenis nyeri, nyeri haid dapat dibagi menjadi, dismenore spasmodik dan dismenore kongestif.

Nyeri spasmodik terasa di bagian bawah perut dan berawal sebelum masa haid atau segera setelah masa haid mulai. Banyak wanita terpaksa harus berbaring karena terlalu menderita nyeri itu sehingga ia tidak dapat mengerjakan apa pun. Ada di antara mereka yang pingsan, merasa sangat mual, bahkan ada yang benar-benar muntah. Kebanyakan penderitanya adalah wanita muda walaupun dijumpai pula pada kalangan yang berusia 40 tahun ke atas. Dismenore spasmodik dapat diobati atau paling tidak dikurangi dengan lahirnya bayi pertama walaupun banyak pula wanita yang tidak mengalami hal seperti itu.

Penderita dismenore kongestif biasanya akan tahu sejak berhari-hari sebelumnya bahwa masa haidnya akan segera tiba. Dia mungkin akan mengalami pegal, sakit pada buah dada, perut kembung tidak menentu, beha terasa terlalu ketat, sakit kepala, sakit punggung, pegal pada paha, merasa lelah atau sulit dipahami, mudah tersinggung, kehilangan keseimbangan, menjadi ceroboh, terganggu tidur, atau muncul memar di paha dan lengan atas. Semua itu merupakan simptom pegal menyiksa yang berlangsung antara 2 dan 3 hari sampai kurang dari 2 minggu. Proses menstruasi mungkin tidak terlalu menimbulkan nyeri jika sudah berlangsung. Bahkan setelah hari pertama masa haid, orang yang menderita dismenore kongestif akan merasa lebih baik.

Kruuk..kruk..kruuk.. Suatu malam terdengar suara aneh dari kamar sebelah. Ternyata sumbernya dari suara gemeretuk gigi anak semata wayangnya yang berusia 10 tahun yang tengah tidur pulas. Awalnya ia tak terlalu perhatikan, tetapi kok sepertinya makin sering. Ada apa ya?

Apa itu bruxism?
Bruxism (clenching teeth, grinding teeth), dalam bahasa sehari-hari disebut mengerat, yakni menggesek-gesekkan gigi geligi rahang atas dan bawah dengan sangat kuat hingga terdengar bunyi gemeretuk cukup keras. Bruxism terjadi dalam keadaan tidak sadar, biasanya waktu tidur malam hari. Pada beberapa orang dapat terjadi sepanjang hari, dan tidak hanya menggesek antara gigi saja, tapi bisa dengan pensil atau benda-benda lain. Bruxism bisa terjadi pada orang dewasa maupun anak-anak. Yang membedakan keduanya adalah terletak pada penyebab serta akibat yang ditimbulkannya.

Apakah penyebab Bruxism?
Pada anak-anak, bruxism biasanya terjadi akibat rasa tidak nyaman atau rasa sakit pada saat menderita flu, infeksi telinga karena reaksi alergi terhadap sesuatu.

Pada orang dewasa penyebab utamanya adalah masalah emosi, sperti stress kecemasan, kemarahan, frustrasi dan lain-lain. Orang yang agresif dan kompetitif lebih besar risikonya terserang bruxism. Salah tidur atau posisi tidur yang kurang baik juga bisa mencetuskan bruxism. Alkohol dan obat-obatan bisa memperparah bruxism pada seseorang.

Apa akibat Bruxism?
Pada waktu terjadi bruxism, tekanan kunyah pada gigi geligi amatlah besar, bisa mencapai lebih dari dua kali hingga enam kali dari tekanan kunyah normal. Akibatnya, dapat terjadi kerusakan baik pada gigi maupun sendi rahang. Permukaan gigi menjadi rata karena ausnya tonjol-tonjol gigi akibat gesekan yang kuat. Selain menyebabkan tampilan gigi menjadi buruk, gigi menjadi sensitif karena terbukanya lapisan dentin gigi.

Kerusakan juga terjadi pada jaringan penyangga gigi, seperti tulang alveolar (tulang tempat tumbuhnya gigi) serta jaringan periodontal (jaringan pengikat gigi pada tulang), yaitu terjadi radang yang menimbulkan rasa sakit dan kerusakan jaringan yang parah. Kerusakan pada sendi menimbulkan nyeri dan kesulitan menggerakkan rahang. Rasa sakit yang ditimbulkan bruxism dapat berupa sakit kepala, telinga dan leher, juga otot-otot wajah terutama terasa pada waktu bangun tidur.

Bagaimana penanggulangannya?
Penanggulangan Bruxism sebaiknya secara terpadu, yaitu penanggulangan pada masalah gigi dan pada masalah psikologis

Pada masalah gigi, akan dilakukan perbaikan pada gigi dan jaringan penyangga agar kondisinya kembali normal. Untuk sendi rahang, yang dilakukan adalah perbaikan dan pencegahan agar kerusakannya tidak bertambah parah. Biasanya pasien akan diberi Mouthguard (alat yang bentuknya seperti sendok cetak rahang yang terbuat dari bahan seperti karet), dipakaikan pada rahang atas dan bawah pada waktu tidur untuk mengurangi tekanan pada waktu terjadi gesekan.

Perawatan tersebut dibarengi dengan terapi psikologis untuk mengatasi gangguan emosional yang menjadi masalah utama terjadinya bruxism.

Penanggulangan bruxism pada anak-anak adalah menghilangkan rasa sakit dan tidak nyaman penyebab bruxism sesegera mungkin, karena dengan begitu bruxism akan hilang dengan sendirinya, dan biasanya belum menimbulkan berbagai kerusakan seperti yang terjadi pada orang dewasa.

Kondisi bruxism dapat melelahkan orang yang menderita kelainan tersebut saat bangun tidur. Akibat dari ngerot sewaktu tidur itu dapat menimbulkan rasa sakit di berbagai tempat. Bila mengenai pelipis (otot temporalis) sehingga terasa sakit kepala yang berkepanjangan, jika di sekitar telinga (otot pterygoideus lateralis) akan terasa pegal dengan kadang-kadang disertai telinga sedikit berdengung. Pada leher (otot sternocleidomastoideus) akan terasa tegang sampai daerah bahu (otot trapezius) dan dapat pula menimbulkan rasa lelah pada pipi (otot masseter).

Rasa tersebut seolah-olah seperti sehabis mengunyah makanan keras dalam jumlah banyak. Kadang-kadang setelah menderita bruxism beberapa lama, pada daerah sendi rahang (temporomandibular joint) terasa sakit bila membuka mulut lebar-lebar. Pada sendi itu dapat juga terjadi klicking (tidak lancar membuka dan mengatupkan rahang).

 Mendengkur

Mendengkur Ternyata Berbahaya Mengapa Dengkuran Terjadi? Mendengkur atau biasa disebut ‘mengorok’ dalam dunia kedokteran disebut sleep apnea terjadi karena adanya penyempitan saluran nafas. Saluran nafas yang menyempit tersebut apabila dilalui udara maka akan menimbulkan suara. Sehingga, terciptalah dengkuran saat kita sedang tidur.

Penyebab menyempitnya saluran nafas antara lain sbb:
1. karena sewaktu tidur otot-otot pernafasan mengendur;
2. karena melemahnya otot tenggorokan dan otot lidah;
3. karena adanya amandel yang terlalu besar;
4. karena lidah jatuh ke belakang akibat posisi tidur yang terlentang, dan;
5. karena adanya benjolan pada tenggorokan sebagai akibat kegemukan atau penyakit tertentu.

Bahaya Mendengkur Mendengkur ternyata bisa cukup berbahaya. Karena, pada saat mendengkur suplai oksigen ke seluruh tubuh terganggu akibat menyempitnya saluran nafas. Sehingga, apabila gangguan suplai oksigen tersebut berlangsung lama, saat tidur tubuh kita akan kekurangan oksigen. Akibatnya, nyawa kita akan terancam. Hal ini biasanya terjadi pada OSA (obstructive sleep apnea) dimana mendengkur sudah mencapai tahap mampu menghentikan pernapasan untuk beberapa saat.
Ciri dengkuran berbahaya tersebut adalah dengkuran terdengar keras lalu tiba-tiba terputus dan dilanjutkan kembali dengan hentakan nafas. Saat terjadi situasi seperti itu seluruh organ tubuh kita akan bekerja lebih keras, termasuk jantung dan otak. Jantung akan bekerja keras memompa darah lebih banyak lagi untuk memenuhi kebutuhan oksigen. Sementara itu, otak bekerja keras membuat kita tersadar dari tidur agar pernapasan yang terhenti dapat dilanjutkan kembali.

Dalam jangka pendek seseorang yang mendengkur seperti itu akan merasa mengantuk secara berlebihan pada siang hari saat tidak melakukan kegiatan yang melibatkan fisik.Selain itu, orang tersebut juga akan menjadi mudah lupa dan sulit untuk berkonsentrasi dengan baik. Dalam jangka panjang orang tersebut akan mudah terserang penyakit berbahaya sepert hipertensi (tekanan darah tinggi), stroke, dan jantung. Hal ini disebabkan karena jantung dan otak mereka akan mengalami kelelahan dan mudah rusak akibat sering dipaksa bekerja keras.
Selain dampak berbahaya tersebut, mendengkur juga dapat menyebabkan hal-hal berikut.
1. Tidur menjadi tidak sempurna sehingga selalu muncul rasa kantuk dan rasa lelah yang berlebihan di siang hari.
2. Muncul berbagai penyakit, seperti: mudah lupa, sakit kepala, darah tinggi, stroke, dan jantung.

Bagaimana Mengatasi Mendengkur? Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghindari mendengkur sbb.
1. Jika mendengkur dipicu oleh faktor berat badan yang berlebihan, maka berusahalah untuk mengurangi berat badan agar jalan napas menjadi lega.
2. Bila mendengkur disebabkan karena adanya amandel, maka sebaiknya segera lakukan operasi amandel.
3. Hindari minuman beralkohol karena alkohol menyebabkan penekanan pusat napas di otak.
4. Berusahalah untuk berhenti merokok karena rokok juga dapat menyebabkan mendengkur.
5. Hindari obat tidur, obat flu, obat penghilang rasa cemas, dan sejenisnya karena obat-obat tersebut juga dapat menimbulkan gangguan nafas saat tidur.
6. Jika kita memiliki alergi terhadap sesuatu, maka hindarilah faktor pemicunya. Karena, ternyata alergi juga dapat memicu timbulnya dengkuran.
7. Usahakan untuk tidak tidur terlentang. Karena, pada saat tidur terlentang jalur pernapasan terhalang oleh otot di sekitar lidah yang jatuh ke belakang.


Penyebab persis menguap, hingga saat ini memang belum ditemukan. Pendapat yang banyak dikemukakan menyebutkan bahwa menguap terjadi karena oksigen dalam tubuh minim. Biasanya, orang bisa menguap saat kondisi tubuh lelah, malas, bosan, atau mengantuk. Kebiasaan menguap ini tidak mengenal usia. Mulai dari bayi yang baru lahir hingga orang lanjut usia, punya kebiasaan menguap.

Mengapa menular? Sejauh ini memang belum ditemukan jawaban yang pasti atas pertanyaan tersebut. Penelitian terbaru dijalankan oleh Guru Besar Psikologi di Universitas Dexter, Philadelphia, Amerika Serikat (AS), Steven Platek. Laporan dari studi tersebut antara lain dipublikasikan oleh jurnal Cognitive Brain Research. Secara singkat, majalah Shine, mengutip laporan tersebut.

Dalam laporan hasil studinya, Platek mengungkapkan bahwa menguap bisa menular karena adanya efek empatetik dalam aktivitas tersebut. Proses menguap itu, kata dia, mirip dengan tertawa. Saat ada satu orang tertawa dalam sebuah kerumunan, biasanya bakal muncul orang lain yang memberikan respons dengan tertawa juga.

"Efek penularan menguap bukan hanya muncul dari penglihatan, tapi juga bisa muncul dari pendengaran, membaca artikel tentang menguap, atau bahkan berpikir tentang menguap," tutur Platek. Dia dan tim penelitinya meyakini bahwa penularan menguap merupakan cara primitif pemodelan perasaan manusia yang terkait dengan manusia yang lain.

Tidak hanya menular, ternyata beberapa studi juga mengungkapkan bahwa aktivitas menguap itu tidak bisa dikontrol. Buktinya, saat seseorang punya keinginan menguap, maka dia akan sangat sulit untuk menahannya. Biasanya, dia hanya bisa menahan agar mulutnya tidak terbuka saat menguap.


Apakah Ikan Bisa Tidur?

Zzz... ikan memang bisa tidur. Tapi, tidurnya berbeda dengan kita. Ikan enggak punya kelopak mata, kecuali hiu. Jadi, matanya tetap terbuka. Makanya, agak sulit untuk mengetahui apakah seekor ikan sedang tidur atau enggak.

Ketika tidur, ikan tidak benar-benar terlelap. Ikan masih setengah sadar. Soalnya, harus waspada dari para pemangsa! Saking waspadanya, riak air kecil pun bisa. Kalau ikan tidur, gayanya macam-macam. Ada yang masuk ke tempat persembunyiannya. Ada yang tidur sambil bergerak perlahan. Ada yang benar-benar diam, kayak patung. Ada pula yang posisi tidurnya seperti posisi sakit atau mati.

Eh, ada juga ikan yang sebelum tidur, bersiap-siap dulu. Misalnya, ikan kakaktua akan mengeluarkan lendir seperti jeli. Lendir itu menutupi dan melindungi tubuhnya dari pemangsa. Bentuk lendirnya mirip kepompong transparan. Nah, setelah itu, ikan kakaktua mulai... zzz...

tidurnya beda...

La Reverte

Pada tahun 1900, Maria Salome (20 tahun) memulai debutnya sebagai Grand matador wanita pertama. Selama bertahun-tahun ia menjadi sangat populer dan mendapat pujian bagus untuk prestasinya. Karena popularitasnya, pemerintah Spanyol menganggap tidak bermoral bagi seorang wanita untuk menjadi matador sehingga mereka mulai melarangnya.



Hal Ini tidak dirisaukan Maria (juga dikenal sebagai La Reverte) - di depan umum ia melepas wig-nya dan mengumumkan kepada dunia bahwa dia, pada kenyataannya, seorang pria. Ia Mengumumkan Nama aslinya adalah Agustin Rodigriquez's , tapi hal ini malah menjadi bumerang baginya sebagai matador populer, orang-orang Spanyol membenci dia karena merasa ditipu. Tak ayal lagi hal ini mengakhiri karirnya.

nih chum..

Ketika ada sesuatu yang sangat dingin seperti es krim menyentuh pusat langit-langit mulut, maka suhu dingin ini bisa mematikan saraf tertentu yang berfungsi mengontrol berapa banyak darah mengalir ke kepala.

Saraf yang merespons ini akan menyebabkan pembuluh darah di kepala membengkak, akibat dari pembengkakan pembulu darah ini menimbulkan rasa sakit kepala. Beberapa orang menyebut peristiwa ini dengan istilah 'otak beku' atau brain freeze, meskipun tidak ada yang terjadi di otak tapi hanya pada pembuluh darahnya saja.

Sakit kepala ini biasanya hanya berlangsung singkat atau tidak lebih dari 5 menit, tapi kadang kondisi ini bisa berulang kali dan kemudian hilang lagi. Sakit kepala akibat es krim ini tidak berbahaya dan tidak menunjukkan ada yang salah di dalam tubuh.

Es krim bukanlah satu-satunya minuman yang bisa menyebabkan sakit kepala, karena minuman atau makanan lain yang sangat dingin seperti minuman es yang dicairkan, soda dingin, susu atau pun jus yang sangat dingin bisa membuat pembuluh darah membengkak yang menimbulkan sakit kepala.

Sebenarnya tubuh dirancang untuk dapat menjaga suhu panas tubuh terutama terhadap sesuatu yang dingin. Bisa dengan cara aliran darah berkurang sehingga diameter pembuluh darah juga berkurang. Tapi saat pembuluh darah kembali normal, arteri di dalam langit-langit mulut menjadi melebar. Sehingga saraf dalam langit-langit tersebut menerjemahkan pelebaran sebagai rasa sakit.

Beberapa dokter menyarankan untuk tidak terburu-buru ketika mengonsumsi makanan atau minuman dingin untuk mencegah timbulnya sakit kepala. Jika mulai merasakan sakit kepala, maka hentikan konsumsinya selama 1-2 menit. Dengan begitu langit-langit akan menjadi lebih hangat sedikit sehingga bisa menikmati es krim tanpa rasa sakit kepala.

Kecantikan Yang Aneh


Cleopatra mandi dalam susu keledai, Mary Queen of Scots bermandikan anggur, George Sands bermandikan susu sapi dengan madu, dan Isabeau dari Perancis (abad ke-12) mandi dalam susu keledai 'yang ditindaklanjuti dengan menggosok kulitnya dengan kelenjar buaya dan otak dari babi jantan.

Selama ribuan tahun wanita perlahan meracuni dirinya sendiri dengan mengenakan riasan wajah yang disebut bedak, yang menjadi bubuk mematikan. mereka menggunakan rouge yang mengandung merkuri, menyebabkan cacat lahir dan keguguran.


Tapi, sebelum kita mengkritik, harus diingat bahwa jutaan orang setiap tahun wajah mereka disuntik dengan toksin botulisme untuk menghilangkan keriput.Digambarkan di atas adalah Ratu Elizabeth I dari Inggris dengan wajah dicat dengan sebuah produk bedak yang mengakibatkan rontoknya semua rambut.

Fungsi Menangis

Siapa bilang menangis tak ada gunanya? Kelamaan menangis memang bisa bikin mata merah dan bengkak. Tapi jangan salah, menangis dan mengeluarkan air mata ternyata bisa jadi obat ajaib yang berguna bagi kesehatan tubuh dan pikiran. Apa saja?

Dikutip dari Beliefnet, ini dia 7 keajaiban yang bisa Anda dapatkan setelah menangis dan berair mata.

1. Membantu penglihatan
Air mata ternyata membantu penglihatan seseorang, jadi bukan hanya mata itu sendiri. Cairan yang keluar dari mata dapat mencegah dehidrasi pada membran mata yang bisa membuat penglihatan menjadi kabur.

2. Membunuh bakteri
Tak perlu obat tetes mata, cukup air mata yang berfungsi sebagai antibakteri alami. Di dalam air mata terkandung cairan yang disebut dengan lisozom yang dapat membunuh sekitar 90-95 persen bakteri-bakteri yang tertinggal dari keyboard komputer, pegangan tangga, bersin dan tempat-tempat yang mengandung bakteri, hanya dalam 5 menit.

3. Meningkatkan mood
Seseorang yang menangis bisa menurunkan level depresi karena dengan menangis, mood seseorang akan terangkat kembali. Air mata yang dihasilkan dari tipe menangis karena emosi mengandung 24 persen protein albumin yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata.

4. Mengeluarkan racun
Seorang ahli biokimia, William Frey telah melakukan beberapa studi tentang air mata dan menemukan bahwa air mata yang keluar dari hasil menangis karena emosional ternyata mengandung racun.
Tapi jangan salah, keluarnya air mata yang beracun itu menandakan bahwa ia membawa racun dari dalam tubuh dan mengeluarkannya lewat mata.

5. Mengurangi stres
Bagaimana menangis bisa mengurangi stres? Air mata ternyata juga mengeluarkan hormon stres yang terdapat dalam tubuh yaitu endorphin leucine-enkaphalin dan prolactin.
Selain menurunkan level stres, air mata juga membantu melawan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh stres seperti tekanan darah tinggi.

6. Membangun komunitas
Selain baik untuk kesehatan fisik, menangis juga bisa membantu seseorang membangun sebuah komunitas. Biasanya seseorang menangis setelah menceritakan masalahnya di depan teman-temannya atau seseorang yang bisa memberikan dukungan, dan hal ini bisa meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan juga bersosialisasi.

7. Melegakan perasaan
Semua orang rasanya merasa demikian. Meskipun Anda didera berbagai macam masalah dan cobaan, namun setelah menangis biasanya akan muncul perasaan lega.
Setelah menangis, sistem limbik, otak dan jantung akan menjadi lancar, dan hal itu membuat seseorang merasa lebih baik dan lega. Keluarkanlah masalah di pikiranmu lewat menangis, jangan dipendam karena Anda bisa menangis meledak-ledak.
Jadi, tidak apa-apa kalau Anda menangis sesekali.

wah..

Para ilmuwan yang terlibat penelitian tingkah laku hewan, menyatakan bahwa babi, tidak seperti hewan peliharaan manusia lainnya, memiliki kemampuan berpikir yang unik. Babi dapat memecahkan suatu persoalan dengan cara memikirkannya terus menerus, bukan dengan pikiran sekilas sambil lalu. Dari hasil penelitian itu pula ditemukan bahwa, apa yang bisa dikerjakan oleh anjing, dapat dikerjakan oleh babi, dan biasanya dalam waktu yang lebih singkat. Bahkan insting penciuman babi lebih baik daripada anjing. Namun kelemahan babi adalah si hidup pesek ini memakan benda-benda yang diciumnya. So, tetap saja anjing yang lebih baik.

Menurut sejarahnya, kembang api bermula dari ditemukannya petasan pada abad ke-9 di Cina.

Ceritanya, waktu itu seorang juru masak secara tidak sengaja mencampur tiga bahan bubuk hitam (black powder) yang ada di dapurnya, yaitu garam peter atau KNO3 (kalium nitrat), belerang (sulfur) dan arang dari kayu charcoal).Ternyata campuran ketiga bahan tersebut merupakan bubuk mesiu yang mudah terbakar. Jika bubuk mesiu itu dimasukkan ke dalam sepotong bambu yang ada sumbunya, kemudian sumbu dibakar, maka mesiu itu akan meledak dan mengeluarkan suara ledakan keras. Pada zaman Dinasti Song (960-1279 M), masyarakat Cina mendirikan pabrik petasan.

Bahan baku tabung diganti dengan gulungan kertas yang kemudian dibungkus dengan kertas merah di bagian luarnya. Kemudian petasan ini menjadi dasar dari pembuatan kembang api, yang lebih menitikberatkan pada warna-warni dan bentuk pijar-pijar api di udara.

Tahukah sobat-sobat, pada masa Renaissance, di Italia dan Jerman ada sekolah yang khusus mengajarkan masalah pembuatan kembang api.
Di sekolah Italia menekankan pada kerumitan kembang api, sedangkan di sekolah Jerman menekankan pada kemajuan ilmu pengetahuan. Dan akhirnya muncul istilah pyrotechnics yang menggambarkan seni membuat kembang api. Untuk membuat kembang api dibutuhkan seorang ahli yang mengerti reaksi fisika dan kimia. Setelah bertahun-tahun, para ahli kembang api akhirnya bisa membuat kembang api berwarna-warni, seperti merah yang berasal dari strontium dan litium, warna kuning berasal dari natrium, warna hijau berasal dari barium dan warna biru dari tembaga.

Campuran bahan kimia itu dibentuk ke dalam kubus kecil-kecil yang disebut star. Star inilah yang menentukan warna dan bentuk bila kembang api itu meledak nantinya.

Apa yang akan terjadi bila seekor semut jatuh dari gedung lantai 20. Sekadar gambaran, orang yang terjatuh dari lantai 4 sebuah gedung saja bisa mati.

Ada dua hal yang kita perlu perhatikan untuk menganalisis fenomena ini, yaitu saat semut jatuh dan saat semut mendarat. Ketika jatuh, semut mengalami dua gaya yaitu gaya gravitasi yang mempercepat jatuhnya semut dan gaya hambat udara yang menghambat gerakan semut. Gaya hambat udara sangat tergantung pada luas permukaan benda yang jatuh. Misalnya, sehelai kertas yang dijatuhkan pada posisi mendatar mendapat gaya ke atas lebih besar dari kertas yang digumpalkan. Untuk melihat apakah gaya ke atas yang dialami semut itu lebih besar atau lebih kecil dari gaya gravitasi, kita perhatikan gerakan semut saat jatuh. Kalau semut terlihat bergerak dipercepat ke bawah, artinya gaya gravitasi lebih besar. Di sini kemungkinan semut mati lebih besar. Tetapi kalau semut terlihat turun lambat sekali, artinya gaya hambat udara hampir sama dengan gaya gravitasi, sehingga kemungkinan semut bertahan hidup lebih besar.

Hal kedua yang dapat mempengaruhi apakah semut akan mati atau tidak adalah ketika semut mendarat. Kaki semut dapat ditekuk seperti pegas. Ketika mendarat, semut akan memanfaatkan kakinya untuk meredam kecepatannya, sehingga semut dapat mendarat dengan mulus. Berat semut yang tidak terlalu besar dapat ditahan oleh kakinya. Hal ini memberi peluang hidup semut lebih besar.

APA yang terjadi jika benda di jatuhkan dari ketinggian? Bagaimana kecepatannya? Akan terus bertambah kah? Benarkah sebuah paku yang jatuh dari gedung pencakar langit akan merusak segala yang berada di bawahnya? Benarkah peluru yang ditembakkan ke arah atas akan kembali ke bawah dan mematikan orang yang kebetulan “kejatuhan” peluru tersebut ? Pernahkah kamu membayangkan semut yang jatuh dari gedung tinggi tadi juga akan mati dan membuat celaka orang-orang di bawahnya?

Pada saat sebuah benda jatuh, dia akan mengalami gaya gravitasi bumi. Gaya ini membuat benda yang jatuh tadi memiliki percepatan sebesar 9.8 m/dt2, artinya dalam satuan waktu benda tersebut secara teori akan bertambah terus kecepatannya, 9.8 m/dt pada detik pertama, 19.6 m/dt pada detik ke-2, 29.4 m/dt pada detik ke-3, dan terus semakin cepat mengikuti bertambahnya waktu, sampai akhirnya terhempas di tanah.

Skydiver Namun itu tadi adalah gambaran teoretis, artinya dalam kehidupan nyata, “laju” benda tadi “dilawan” oleh udara. Artinya kecepatan benda tidak akan terus meluncur sesuai yang diperhitungkan. Udara akan ”menghambat” laju benda itu hingga satu titik dimana terjadi ”keseimbangan” antara gaya tarik bumi yang membuat benda itu jatuh dengan gaya ”tahan” udara. Yang terjadi adalah benda akan memiliki kecepatan tetap (tidak bertambah cepat lagi) yang disebut dengan TERMINAL VELOCITY.

csjumping400 Contoh termudah adalah pada terjun payung, namun pada terjun payung laju jatuh di "hambat" oleh payung yang mengembang.

Kembali ke semut yang jatuh dari ketinggian. Jika mengikuti teori, semut itu akan terus melesat jatuh ke bawah, namun kenyataannya, dia akan jatuh dengan ”aman” bahkan melayang terbawa angin. Begitu juga peluru senapan yang di tembakkan ke atas lalu jatuh kembali, paku yang jatuh dari gedung tinggi, semua akan jatuh dengan kecepatan tetap (namun dalam area konstruksi, kamu tetap harus menggunakan helm pengaman, karena paku yang jatuh dari ketinggian cukuplah membuat kamu terluka)

loncats Sebagai gambaran manusia akan mengalamai ”terminal velocity” jika terjun bebas dari ketinggian 550 m (setara dengan gedung bertingkat 110) dengan kecepatan konstannya 195 km/jam (masih berpeluang cedera atau patah tulang tentunya). Seekor kucing mengalami ”terminal velocity” jika terjun bebas dari ketinggian lebih dari 30 m dengan kecepatan 100 km/jam (konon semakin tinggi kucing itu jatuh, peluang mati dan cedera makin kecil, begitulah yg pernah dilaporkan di New York.)

Berhati-hatilah jika ingin menjatuhkan sesuatu dari tempat tinggi jika ingin melakukan percobaan ini ya? Apalagi jika akan melempar kucing teman kamu misalnya. Ajaklah teman, ayah, ibu , bahkan guru kamu berdiskusi tentang masalah ini.***

Perangko yang diterbitkan oleh Kerajaan Inggris tidak mencantumkan keterangan negara asal karena Kerjaan Inggris merupakan negara pertama di dunia yg menerbitkan Perangko.

Kata "byte" (istilah yang dipergunakan sebagai satuan penyimpanan data dalam komputer) berasal dari singkatan kata "by eight".

1 byte = 8 bit

Ketika gelas pecah retakannya bergerak dengan kecepatan lebih dari 3000 miles per jam. Untuk memotret kejadian ini dibutuhkan kamera dengan shutter speed 1 juta per detik.


Kecoa dapat tetep bertahan hidup selama kurang lebih 9 hari setelah kepalanya dipotong, sebelum akhirnya mati karena kelaparan.

Lama 1 tahun di bumi adalah 365,26 hari.

1 hari sama dengan 23 jam, 56 menit, 4 detik.

Hari tambahan pada tahun kabisat diperkenalkan untuk mengkompensasi kesenjangan tersebut.

Rata-rata ketebalan lapisan ozon yg melindungi bumi dari radiasi gelombang ultraviolet yang dipancarkan matahari adalah 3 mm.

Air terjun tertinggi di dunia adalah Angel Falls di Venezuela. Tingginya 979 m, 19 kali lebih tinggi dari Niagara Falls, 3 kali lebih tinggi dari Empire State Building.

Ukuran mata manusia selalu sama sejak lahir (tidak berkembang/membesar).

Banyak remaja ngeri pada kemungkinan menggunakan kawat gigi. Menjadikan gigi seseorang teratur seringkali berarti mulut penuh dengan logam, tetapi sekarang tidak lagi demikian. Kawat gigi invisible memasuki pasar pada tahun 1987, dan sekarang tersedia dalam berbagai merk.

Kawat gigi invisible terbuat dari translucent polycrystalline alumina (TPA). Sebuah perusahaan bernama Ceradyne mengembangkan TPA sehubungan dengan penelitian keramik muktahir NASA untuk melindungi antena dari pelacakan sensor infra merah dari sebuah missile.

Sementara itu, perusahaan lain, Unitek, sedang mengerjakan desain baru utuk kawat gigi -suatu desain yang akan lebih menyenangkan secara estetis dan tanpa faktor logam mengkilat. Perusahaan ini melihat bahwa TPA akan cukup kuat untuk digunakan dan tembus pandang, menjadikannya logam yang baik untuk kawat gigi invisible. Karena cepatnya popularitas, kawat gigi invisible adalah salah satu produk paling sukses dalam industri orthodontic.

Tahukah anda bahwa kawat gigi merupakan hasil dari kerjasama perusahaan yang bernama Ceradyne yang bekerjasama dengan NASA di proyek Advanced Ceramics Research yang bertujuan melindungi antena dari pelacakan sensor infra merah dari sebuah missile ?

 Taukah kamu Sejauh Apa Percikan Batuk Menyebar?
Pernahkah Anda menyadari seberapa jauh penyebaran kuman dari batuk atau percikan bersin? Atau sebenarnya bisakah kita menghentikan penyebaran kuman dengan cara menutup mulut saat sedang batuk?

Untuk mengetahui hal tersebut, para peneliti dari Singapura melakukan penelitian menggunakan teleskop raksasa yang sering dipakai untuk keperluan astronomi dan kamera berkecepatan tinggi.

Kamera yang mampu menangkap (capture) obyek hingga 250.000 gambar per detik ini memungkinkan para peneliti mengamati aerosol atau embusan dari saluran pernapasan. Seperti diketahui, percikan dari mulut atau embusan udara bisa mengandung partikel yang dapat menginfeksi.


Riset yang dipimpin Julian Tang, ahli virologi dari Singapore's National University Hospital, ini bertujuan mempelajari kecepatan dan jarak percikan yang berasal dari batuk, bersin, juga aktivitas tertawa, menangis, bernyanyi, bersiul, berbicara, bernapas, atau mendengkur.

Penelitian ini memang belum menghasilkan kesimpulan. Namun, sejauh ini, menurut Tang, percikan dari tertawa dan bersiul merupakan media penyebaran infeksi yang paling efektif.

"Saat tertawa akan diembuskan percikan yang kuat dan menyebar. Kami menduga, ketika bernyanyi, terutama penyanyi profesional mungkin menghasilkan embusan yang labih kuat lagi," katanya.

Kendati demikian, lanjutnya, penyebab penyakit atau infeksi tergantung pada banyak faktor, seperti ketahanan virus di udara luar serta bagaimana respons tubuh orang yang terkena embusan atau percikan itu.

Para peneliti berharap hasil penelitian ini bisa memberikan panduan yang lebih baik dalam pengendalian infeksi, seperti berapa jarak tempat tidur di rumah sakit dan tindakan karantina dalam satu tempat untuk merawat seseorang yang terjangkit infeksi penyakit lewat udara, seperti campak, flu, dan TBC, yang kebal atas pengobatan. Para peneliti juga ingin mengetahui efektivitas masker dalam mencegah penyebaran kuman.

"Dengan mengetahui cara penyebarannya, tentu akan diketahui cara yang efektif untuk mencegahnya," katanya. Kita tunggu saja hasilnya.

Sendawa (burping/belching) adalah keluarnya gas dari saluran cerna (kerongkongan dan lambung) ke mulut yang disertai adanya suara dan kadang-kadang bau.

Timbulnya suara tersebut disebabkan oleh getaran udara / gas pada katub kerongkongan saat keluarnya gas. Hal ini merupakan hal yang sangat umum bisa terjadi pada siapa saja, dan merupakan usaha untuk melepaskan udara yang terperangkap di lambung yang biasanya menimbulkan ketidak nyamanan di saluran cerna.
Penyebab sendawa:
- Makan/minum terlalu cepat
- Menelan udara
- Minum minuman berkarbonasi
- Obat-obatan tertentu seperti metformin
- Orang yang sedang cemas
- Jika disertai gejala-gejala dispepsia merupakan salah satu tanda penyakit maag

Selain karena banyaknya gas yang terperangkap di lambung sendawa juga dapat disebabkan karena kebiasaan semata. Untuk beberapa orang sendawa dianggap sebagai suatu cara untuk mengurangi ketidaknyamanan di perut walaupun bukan karena peningkatan kadar gas.

Sendawa tidak sesederhana yang dipikirkan, namun berhubungan erat dengan koordinasi beberapa aktivitas. Laring harus selalu tertutup supaya cairan ataupun makanan yang naik dari lambung tidak masuk ke paruparu. Saat menelan laring terangkat secara otomatis dan sejalan dengan itu katup kerongkongan atas terbuka sehingga mempermudah gas keluar dari kerongkongan ke tenggorokan.Katup kerongkongan bawah juga terbuka sehingga gas dapat naik dari lambung ke kerongkongan. Saat itu semua terjadi diafragma turun ketika menarik nafas. Terjadi peningkatan tekanan di rongga perut dan penurunan tekanan di rongga dada yang menyebabkan keluarnya udara dari lambung (di rongga perut) ke kerongkongan (di rongga dada).

sumber forum detik