Kiat Cerdas Wanita Jaga Payudara Kencang

http://dangstars.blogspot.com/2014/07/kiat-cerdas-wanita-jaga-payudara-kencang.html

Kiat Cerdas Wanita Jaga Payudara Kencang

SETIAP perempuan pastinya menginginkan payudara yang sehat, terhindari dari kelainan dan penyakit. Hal ini tentu demi menghindari adanya pengaruh pada hubungan dengan pasangan.


Penting bagi wanita untuk menjaga kekencangan payudara. Karena itu, Anda perlu merawat payudara sebagaimana merawat bagian tubuh lainnya. Berikut beberapa tipsnya, seperti dikutip dari Buku Pintar Miss V: Cara Cerdas Merawat Organ Intim Wanita karya Fania Burhani.


- Kenakan bra untuk menjaga bentuk payudara tetap indah. Pilih ukuran bra yang sesuai agar dapat menopang payudara dengan baik.


- Bersihkan secara rutin daerah seputar puting susu dengan kapas yang dibasahi air hangat.


- Oleskan minyak zaitun pada payudara untuk menjaga kelembapannya. Agar hasilnya lebih maksimal, lakukan pijatan ringan dengan gerakan lembut.


- Lakukan senam ringan dengan fokus untuk memerkuat otot dada.


Perawatan payudara yang tidak tepat bisa menimbulkan penyakit kanker payudara. Gejala awal penyakit ini ditandai munculnya benjolan sebesar kelereng. Benjolan ini tidak teraba dengan tangan ketika ukurannya masih kecil.


Siasat Bebizie 'Goyang Nyamuk' Rawat Kesehatan Payudara


PAYUDARA sehat dan indah tentu menjadi keinginan semua wanita. Guna memertahankan aset tersebut, pemeliharaan rutin pun perlu dilakukan.

Penyanyi dangdut Bebizie pun mengamini hal tersebut. Pelantun Nyamuk Malam yang dianugerahi buah dada besar ini juga selalu melakukan perawatan khusus.

Salah satu cara sederhana yang dilakukannya ialah menggunakan bra yang nyaman untuk membuat payudaranya sehat.

"Banyak orang kurang memahami pemakaian bra yang nyaman, seperti memakai bahan bra yang kasar. Padahal hal itu merupakan perawatan payudara agar sehat dan montok,"tuturnya saat bertandang ke redaksi Okezone di Gedung HighEnd, Kebon Sirih, Jakarta Pusat,

Melihat fenomena tersebut, Bebizie pun berbagi saran sesuai dengan pengalaman yang juga dilakukannya.

"Usahakanlah memakai bra yang tepat agar bentuk payudara Anda sehat dan tetap berbentuk montok dalam waktu yang lama,” tutupnya.Selain itu, salah satu puting susu mengeluarkan cairan berwarna merah dan berbekas di bra. Jika gejala ini muncul, sebaiknya segera hubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.


Salah satu upaya mengetahui kelainan pada payudara adalah dengan melakukan perawatan payudara secara mandiri. Ini dapat Anda lakukan 7-10 hari sesuai menstruasi berakhir. 

 

Tip Rawat Payudara Selama Hamil

 

 “Kalau bayiku nanti lahir, pokoknya harus mendapat ASI eksklusif,” tekad seorang ibu. Ya, kondisi ini kerap dialami para ibu yang ingin memberikan yang terbaik bagi buah hatinya.

Tapi, tahukah Moms bahwa proses menyusui merupakan proses alamiah yang persiapannya sudah terjadi sejak awal kehamilan. Disiapkan atau tidak, pembesaran kelenjar susu akan tetap berlangsung, kecuali ada masalah seperti pascaoperasi sehingga sebagian besar kelenjar susu ikut terangkat.

Tidak hanya ibu yang memiliki puting payudara rata atau tenggelam saja yang mendapat perawatan khusus, untuk persiapan menyusui bayinya nanti. Setiap ibu yang akan memberikan ASI, harus mempersiapkan diri sejak masih dalam keadaan mengandung.

Berikut adalah perawatan payudara ibu hamil untuk persiapan menyusui si kecil:

1. Bila bra sudah mulai terasa sempit, sebaiknya ganti dengan bra yang pas dan sesuai dengan ukuran untuk memberikan kenyamanan dan juga support yang baik untuk payudara.

Bila berencana untuk menyusui bayi, dapat memulai menggunakan bra untuk menyusui pada akhir kehamilan. Pilihlah bra yang ukurannya sesuai dengan payudara. Karena kalau tidak dapat menyebabkan infeksi seperti mastitis (suatu infeksi pada kelenjar susu di payudara).

2. Jangan membersihkan payudara dan puting dengan mengunakan sabun karena dapat menyebabkan daerah tersebut kering. Cukup gunakan air, lalu keringkan dengan handuk.

3. Pada tahap akhir kehamilan, cobalah untuk memijat lembut payudara di daerah yang berwarna gelap (areola) dan puting susu, mungkin akan mengeluarkan beberapa tetes kolostrum (cairan kental bewarna kekuningan dari puting). Hal ini bertujuan untuk membantu membuka saluran susu yang tersumbat.

4. Dengan lembut putar puting susu dengan telunjuk dan ibu jari sekitar 10 detik sewaktu mandi. Jika ibu mendapatkan puting susu rata atau masuk ke dalam, konsultasikan ke dokter, sehingga hal ini dapat diatasi sedini mungkin untuk mencegah kesulitan menyusui nantinya.

5. Jangan ragu untuk mendatangi klinik laktasi guna mengetahui bagaimana cara memroduksi ASI secara teknis. 


Untuk membantu proses perawatan payudara secara mandiri, oleskan sedikit minyak zaitun atau busa mandi di permukaan payudara. Ini akan memerlicin permukaan payudara. Selain itu, tangan menjadi lebih sensitif meraba kemungkinan adanya benjolan di payudara.

(Sumber: Tabloid Mom & Kiddie -health.okezone)