Lima Makanan Bantu Anda Terlihat Lebih Muda



RASA terkadang menipu, seraya menutupi manfaat sebuah bahan makanan. Beberapa makanan yang mungkin Anda anggap tidak enak ternyata mampu memberi manfaat untuk kecantikan kulit.

Kunci untuk kulit bercahaya terletak pada perut Anda. Apa yang Anda asup turut memengaruhi kecantikan kulit. Tak percaya? Berikut lima bahan makanan yang dapat membuat kulit Anda terlihat bercahaya, seperti dilansir dari Detailsmagazine:Lima Makanan Bantu Anda Terlihat Lebih Muda

1.Ubi jalar
Adalah kandungan betakaroten yang membuat umbi-umbian ini berwarna oranye. Ubi jalar berguna menyeimbangkan keasaman atau pH kulit Anda, membantu melawan kekeringan, serta mendorong pergantian sel kulit. Hasilnya, kulit terasa halus. 

Kulit Cerah Tak Identik dengan Kulit yang Putih

 

ISTILAH rumput tetangga lebih hijau dari rumput sendiri ternyata pas untuk mengibaratkan perempuan Indonesia. Mengapa demikian?

Karena, banyak wanita yang cenderung ingin mengubah warna kulit mereka seperti warna kulit orang barat.

Dalam hal ini, memiliki kulit yang putih saja tidak cukup untuk mendeskripsikan kulit yang bagus dan cerah.

Pasalnya, ada jenis kulit yang hanya bisa dipandang cantik tanpa memiliki kesehatan yang baik. dr. Amaranila Lalita Drijono, SpKK mengungkapkan ternyata kulit cerah bukan identik dengan kulit yang putih.

“Yang perlu diingat adalah cerah itu bukan berarti putih. Sekarang banyak orang menginginkan warna kulit putih agar tampak cerah. Tidak seperti itu, makna kulit cerah adalah kulit yang tidak adanya tumpukan kulit mati. Kulit cerah itu kulit yang sehat bukan kulit yang putih,” tambahnya kepada sejumlah media yang hadir di workshop Melanox, Hotel Grand Mahakam, Jakarta Selatan. 

Ia menerangkan bahwa, untuk cantik, seseorang tidak perlu memiliki kulit yang putih menyeluruh dari hasil obat-obatan. Tapi, dengan menjaga agar kulit tetap halus, tidak kering, dan segar dari pola makan dan gaya hidup yang sehat cukup untuknya mendapatkan predikat kulit cantik

2.Salmon liar
Pigmen yang membuat ikan ini berwarna pink adalah astaxanthin. Ini merupakan musuh yang kuat dari radikal bebas, molekul jahat yang merusak membran sel dan DNA hingga menyebabkan kulit Anda terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Sebuah studi menemukan bahwa makan satu porsi salmon liar setiap lima hari dapat mencegah keratosis actinic, pemicu prakanker.

 

Agar Segar di Bulan Puasa, Pakai Lipstik Merah!

WAJAH lesu di bulan puasa bisa terlihat cerah jika Anda mengaplikasikan lipstik merah. Lipstik merah mampu memberikan rona segar, semangat, dan percaya diri pada pemakainya.
Menurut pakar kecantikan wajah dan rambut, QQ Franky, memberi kesan segar pada wajah cukup dengan menerapkan pemulas bibir berwarna terang, seperti merah dan pink. Dia menilai bahwa kedua warna tersebut mampu memberi efek positif bagi pemakai juga yang melihatnya.

“Pakai lipstik merah atau merah muda, itu bikin kita terlihat lebih segar saat seharian puasa. Yang melihat juga lebih bersemangat, apalagi yang pakai,” katanya kepada Okezone lewat sambungan telefon, Selasa (2/7/2014).

Sementara, untuk pilihan warna make up secara keseluruhan, QQ Franky menyarankan Anda memakai warna nude atau natural. Warna-warna tersebut mampu mengimbangi warna cerah di bagian bibir. Pengaplikasiannya juga tipis saja.

“Make up nude, lipstiknya merah karena kalau medok semuanya kelihatan berlebihan. Kalau pakai nude bisa mengimbangi dan kesan fresh-nya lebih muncul,” tutupnya.

Untuk tampil cantik, riasan wajah harus dapat menonjolkan satu area tertentu. Pakar make up ini menyarankan agar bibir diaplikasikan lipstik secara maksimal agar dapat memberikan efek segar dan cerah saat melaksanakan puasa

Malam Hari Waktu yang Tepat untuk Merawat Kulit


TINGGAL di negara tropis membuat wanita Indonesia tidak bisa lepas dari masalah kulit. Berbagai cara dilakukan untuk tetap membuat kulit terhidrasi.

Ketika tubuh kekurangan air, yang paling mengalami dampaknya adalah kulit. "60 persen komposisi tubuh kita adalah air, dan paling banyak berada di kulit. Jadi saat dehidrasi dampaknya paling terlihat pada kulit," kata dr.Nanang Masrani dalam skinversation Nivea di Hotel Hermitage, Menteng, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Cara yang paling sederhana untuk tetap menghidrasi kulit adalah dengan menggunakan lotion secara rutin.

"Gunakan lotion yang ringan, cepat meresap dan tidak lengket, agar tidak membebani kerja kulit,"imbuh dermatologist ini.

Selain siang hari, waktu yang paling tepat untuk merawat kulit tubuh adalah pada malam hari.

"Kebutuhan malam hari itu sangat penting bagi kulit. Malam hari kulit bisa menyerap berbagai macam nutrisi dengan sangat efektif, jadi jangan lupa gunakan lotion ke seluruh tubuh pada malam hari,"pungkas dr.Nanang Masrani.

3.Tomat
Tomat bisa berwarna merah karena sebuah pigmen bernama likopen. Ini adalah antioksidan kuat yang melindungi kulit dari kerusakan yang mungkin muncul dari sinar matahari. Manfaatnya seperti tabir surya, tetapi dikonsumsi dalam untuk bisa terpancar ke luar alias kulit. Untuk menyerap likopen terbaik, makan tomat bersama minyak zaitun. (Baca: Malam Hari Waktu yang Tepat untuk Merawat Kulit)

4.Buah sitrus
Buah ini mengandung vitamin C yang sangat penting untuk membangun kolagen, komponen penting dari kecantikan kulit. Sitrus juga mengandung bioflavonoid yang melindungi kulit dari sinar UV dan membantu mencegah kematian sel. 

Indonesia Masih Malu-Malu Kenalkan Kosmetik Syariah

KOSMETIK yang berbasis syariah kini tengah booming di Indonesia. Peminatnya pun tak sedikit yang memakai produk muslimah. Namun sayangnya, produk kosmetik  syariah milik Indonesia masih kalah bersaing dengan negara tetangga. Apa pasal?

Pendiri World Muslimah Award (WMA) Eka Shanti mengatakan, jika Indonesia masih belum berani untuk memperkenalkan produk muslimah ke luar, padahal Indonesia sangat ahli dalam menciptakan sebuah produk kecantikan.

"Indonesia masih malu-malu untuk memperkenalkan produk muslim. Masih malu-malu bahwa kita ahli dalam produk muslim. memang paling signifikan yang sedang naik ke permukaan adalah busana muslim," ungkap Eka dalam konfrensi pers di Blok M, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Belum majunya kosmetik syariah milik Indonesia, juga dikarenakan faktor promosi yang kurang dibanding dengan negara luar.

"Sementara Malaysia pernah mempromosikan dunia melayu dunia islam. Jadi mereka meng-higlight islamnya itu.Bukan persoalan ketaqwaan tapi banyak sekali uang yang beredar di industri ini.

Kendati demikian, bangsa Indonesia tak perlu takut mengklaim bahwa kita ahli dalam islam produk.

5.Sayuran berdaun hijau

Bayam, kangkung, dan sayuran hijau lainnya mengandung lutein, yang melindungi kulit dari peradangan akibat sinar matahari dan keriput.

Selain lima bahan makanan di atas, sebagai catatan untuk menjaga kecantikan kulit Anda adalah jauhi makanan putih, seperti roti putih, pasta, beras, dan produk biji-bijian olahan lainnya. Pasalnya, bahan makanan tersebut dengan cepat dipecah menjadi gula. 

Ini Akibatnya Pakai Krim Pemutih Berlebihan
 
 WANITA cantik kerap diidentikkan dengan kulit yang putih dan bersinar. Padahal, ada alasan khusus mengapa wanita Indonesia lahir dengan kulit sawo matang.

Setiap wanita tentu ingin tampil cantik. Akan tetapi, dari begitu banyak definisi kecantikan, wanita Indonesia memilih kulit putih sebagai kriterianya.

Padahal, secara alami, kebanyakan wanita di Indonesia memiliki kulit sawo matang. Berbagai cara pun dilakukan untuk mendapatkan kulit putih, diantaranya memakai krim pencerah, hingga melakukan perawatan khusus.

"Kebanyakan pasien memang datang untuk mendapatkan kulit yang lebih putih," tutur dr. Luluk Savira di Ammara Clinic, Kawasan SCBD, Jakarta, belum lama ini.

Padahal, dijelaskan dr.Vira, pemakaian krim pemutih berlebihan justru dapat menyebabkan kulit menghitam. "Setelah pemakaian dalam jangka waktu beberapa bulan, memang sebaiknya dihentikan sejenak, karena efeknya justru tidak baik," sambungnya.

Orang yang hidup di iklim tropis, memang cenderung memiliki kulit cokelat. "Pigmen kan fungsinya menahan sinar matahari agar tidak langsung masuk ke kulit. Makanya kalau terlalu diputihkan justru akan membahayakan kulit sendiri," tutupnya


Pada proses sirkulasi darah, gula bercampur dengan protein dan menciptakan produk akhir glikasi lanjut (disingkat AGEs). Ini menyebabkan kolagen meradang dan kaku, yang membuat kulit tampak keriput.

Tak kalah penting, sebisa mungkin dapatkan manfaat kulit cantik dari bahan-bahan makanan alami, bukan suplemen. "Ada begitu banyak faktor dalam makanan yang belum diteliti. Ini sangat mungkin bekerja secara sinergis untuk manfaat yang lebih besar daripada apa yang dapat Anda temukan di suplemen," kata dermatologis, Nicholas Perricone.