Mal Terbesar Sedunia Itu Ada di Dubai

Mall of The World
Mal Terbesar Sedunia Itu Ada di Dubai

Bukan Dubai namanya kalau tidak mampu membangun gedung tertinggi, terbesar, terluas, dan termahal di dunia.

Setelah Burj Khalifa yang fenomenal dengan ketinggian menjulang 828 meter, kini kota terpadat di Uni Emirat Arab tersebut tengah membangun pusat belanja.

Bukan sembarang pusat belanja, melainkan terbesar di dunia. Luas bangunannya mencapai lebih dari setengah juta meter persegi atau tepatnya 743.224 meter persegi! Tak mengherankan, bila kemudian pusat belanja milik Dubai Holdings ini dijuluki "Mall of The World".

Pusat belanja tersebut termasuk dalam area pengembangan megaproyek seluas 464 hektar. Superblok ini mencakup 100 hotel, taman hiburan, teater, fasilitas pariwisata medis yang terpadu.

Pemimpin Dubai Holdings, Sheikh Mohammed bin Rashid, mengharapkan "Mall of The World" ini akan dikunjungi sebanyak 180 juta pengunjung per tahun. Lebih dari itu, dapat menstimulasi meningkatnya sentimen investor terhadap harga dan pasar properti Dubai.

Dubai kini tengah berjuang keras memulihkan kondisi akibat krisis utang pada 2009. Kota ini juga tak lepas dari kritikan tajam lembaga moneter internasional (IMF) yang mengatakan bahwa Dubai terlalu ambisius dengan proyek-proyek bombastis. Proyek bombastis itulah yang menyebabkan siklus properti Dubai terus menukik tajam.

Berikut video yang menampilkan pembangunan "Mall of The World":




Sumber :businessinsider.com