Negara dengan Waktu Puasa Terpendek di Dunia

Negara dengan Waktu Puasa Terpendek di Dunia

Negara dengan Waktu Puasa Terpendek di Dunia
Ada fenomena khas namun unik mewarnai ibadah puasa setiap bulan Ramadan. Yakni perbedaan waktu yang menyebabkan ketimpangan lama waktu berbuka bagi muslim di beberapa negara.

Seperti Arab Saudi yang tahun-tahun sebelumnya mempunyai waktu puasa agak panjang, yakni 14 jam 40 menit, kini berkurang 2 jam lebih pendek.

Selain itu lama puasa di belahan bumi selatan memasuki musim dingin juga cenderung lebih singkat dari dibandingkan tahun sebelumnya.

Dilansir dari Emirates247, berikut adalah 4 negara di dunia dengan waktu puasa tersingkat.

1. Somalia

Kendati dirundung kekerasan terhadap sipil serta konflik pemerintah terhadap kelompok radikal tidak menyurutkan antusias warga muslim Somalia menyambut datangnya bulan puasa.

Penentuan puasa tidak diatur oleh pemerintahannya lantaran sudah puluhan tahun negara ini tidak punya pemerintahan efektif namun berkiblat pada Arab Saudi. Lantaran Somalia banyak dihuni pendatang asal Arab, India dan segelintir orang Eropa, menjadikan negara tersebut tidak memiliki tradisi khusus ketika bulan ramadhan.

2. Kepulauan komoro

Kepulauan Komoro termasuk negara bagian Arab Saudi. Penduduk muslim di sini hanya menunaikan puasa selama 12 jam 31 menit. Sebagai agama mayoritas, warga dan pemerintah melakukan puasa pada waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Sama halnya dengan tradisi di Indonesia.

3. Argentina

Tak beda dengan negara Chile, muslim di ibu kota Buenos Aires hanya berpuasa selama 9 jam 37 menit saja. Kendati populasi muslim di Argentina hanya sekitar 1,9 persen, namun Argentina tergolong ramah dan tolerir terhadap tradisi ibadah muslim setiap tahunnya. Warga non-Islam di sana jarang melakukan intimidasi pada penduduk muslim di sana.

4. Chili

Chili termasuk negara di bagian selatan bumi, negara ini bakal mengalami puasa hanya 9 jam 12 menit. Muslim di negara ini akan berpuasa mulai 05.31 waktu setempat dan berbuka pada pukul 15.00 waktu setempat. Kendati tergolong singkat, namun cuaca dingin kali ini masih akan memberatkan dan menguji kesiapan umat muslim menjalankan ibadah puasa.