Smartphone Android Sering Tiba-tiba Restart? Atasi dengan Cara Ini

Smartphone Android Anda tiba-tiba restart sendiri ketika digunakan atau restart secara terus menerus? Mungkin smartphone tersebut terkena penyakit bernama bootloop. 

Apa sih bootloop? 

Bootloop adalah kejadian di mana suatu perangkat android baik itu Smartphone / Tablet tidak bisa masuk ke menu utama ketika di nyalakan / hanya stuck dan muter - muter di logo awal.


Bootloop sendiri merupakan proses booting yang terjadi berulang-ulang baik saat belum masuk ke layar utama atau sudah masuk ke tampilan layar utama dan dibagi menjadi tiga jenis, yaitu bootloop ringan, sedang, dan berat.


1. Bootloop ringan / Android light Bootloop 

Adalah bootloop yang bertipe ringan dan cukup mudah untuk diperbaiki. Masalah bootloop tersebut biasanya terjadi jika pengguna menginstall aplikasi atau bermain game dan kemudian secara tiba-tiba, perangkat Android restart dan malah terjadi bootloop setelahnya 

Untuk mengatasi masalah bootloop yang satu ini, Anda tinggal mencabut baterai dari smartphone Anda kemudian memasangnya dan mengaktifkan smartphone Anda kembali.



2. Bootloop sedang / Android Medium Bootloop 

Adalah bootloop yang biasa terjadi akibat pengguna yang mencoba untuk mengoprek sistem pada Android. Masalah bootloop pada tingkat ini masih dapat diselamatkan karena paling tidak masih dapat masuk ke recovery mode. Anda akan membutuhkan komputer pribadi Windows serta file recovery image untuk me-restore boot image baik itu yang original maupun CWM.

Cara ini sendiri bisa Anda lakukan jika sebelumnya, Anda sudah pernah melakukan backup sementara jika Anda belum pernah melakukannya, Anda akan memerlukan file recovery dari user atau pengguna lain yang memiliki Android dengan tipe yang sama dengan perangkat Android Anda.


3. Bootloop berat / Android Hard Bootloop 

Adalah bootloop tingkat akhir yang terjadi akibat ada modifikasi file android sehingga terjadi ketidakseimbangan dan malah merusak file android. 

Masalah bootloop tingkat ini biasanya terjadi ketika pengguna melakukan rooting serta mengubah script seperti misalnya, font, menghapus aplikasi original, partisi memori, melakukan kesalahan dalam menginstall custom room, dan berbagai penyebab lainnya. 

Untuk mengatasi bootloop pada tingkat ini, Anda akan memerlukan software yang tepat serta cara flashing yang juga tepat mengingat setiap setiap smartphone punya jenis hardware yang berbeda-beda dengan jenis hardware pada smartphone lain. Cara flashing yang bisa Anda lakukan sendiri juga berbeda tergantung jenis chipset yang dipakai pada perangkat Android Anda.

Semoga Artikel Smartphone Android Sering Tiba-tiba Restart? Atasi dengan Cara Ini bermanfaat.