Ahok Rapat Dengan Serikat Buruh Perihal UMP

http://dangstars.blogspot.com/2014/10/ahok-rapat-dengan-serikat-buruh-perihal-ump.html

Sepanjang seputar 1 jam, 20 perwakilan buruh bersua dengan Pelaksana Pekerjaan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Buruh menuntut kenaikan gaji minimal propinsi (UMP) DKI Jakarta ke angka Rp 3 juta. Pertemuan dijalankan di ruangan rapat wakil gubernur lantai 2, Balaikota, Jakarta.

Tetapi selesai pertemuan, Ahok mengakui, belum ada perbincangan mengenai soal kesepakatan tuntutan kenaikan UMP. Perbincangan masih tetap bergelut pada survey Kebutuhan Hidup Layak (KHL) sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan UMP 2015.

” Kita belum bicara UMP. Kita cuma bicara bagaimana keadilan perihal masalah survey, contohnya masalah air minum, wajar tidak sih orang hanya bisa 3 liter atau berapa. Masalah air mandi 2 kubik. Itu kita musti perjuangkan yang wajar, ” tutur Ahok di Balaikota, Jakarta, Kamis (23/10/2014).

Ahok mengingatkan, KHL musti disusun berdasar pada argumentasi yang masuk akal. Satu diantaranya masalah poin pada buah. Menurut Ahok, pertimbangan nilai buah belum masuk dalam logika.

” Namun bila masalah buah-buahan, lantaran tambah pepaya serta pisang jadi murah KHL-nya, saya juga tidak terima, saya katakan. Saya juga setiap hari makan pisang serta pepaya. Mengapa tidak kiwi sekalian saya katakan, ” lanjut mantan politikus Partai Gerindra itu.

Ahok memperingatkan, buruh juga juga mesti dapat mengkalkulasi dengan cara nalar dan masuk akal. Bila hitungan itu penuhi ketentuan untuk diputuskan UMP sejumlah Rp 3 juta, kemungkinan ditetapkan.

” Ya seandainya kalau itu benar-benar bisa Rp 3 juta, ya Rp 3 juta. Kalau memang Rp 2, 4 atau Rp 2, 5 juta, ya segitu. Jadi bukan hanya tentuin duitnya dahulu lantas ini diatur-atur, ” tegas mantan Bupati Belitung Timur itu.

Dalam rapat juga sukses disetujui masalah poin pada susu. Waktu di survey, dijelaskan penyediaan susu per bln. meraih 900 gr. Nyatanya di market, susu yang tersedia dalam ukuran 800 gr. ” Bila surveinya 900 gr, tidak cukup dong. Jadi kita mesti konversi seakan-akan 900 gr. Itu yang kita perjuangkan, ” ucap Ahok.



Selalu Beraksi

Sekjen Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Muhammad Rusdi menuturkan, memang terdapat beberapa kesepakatan dan juga evaluasi yang diajukan Ahok. Sebagian poin yang sudah sepakat untuk diperbaiki yaitu susu bubuk, rinso, juga air bersih. Sedang, untuk poin pada daging, buah, sayuran, rekreasi, transportasi, sewa kamar, bersama pendidikan belum dapat di setujui.

” Buah umpamanya. Kami minta yang dimasukkan cukup jeruk saja. Namun, BPS (Badan Pusat Statistik) memasukan 3 buah umpamanya jeruk, pepaya, pisang, lantas dibagi 3 akhirnya. Kan nilainya jadi lebih murah. Ini argumen yang belum dapat di terima Pak Ahok, ” ungkap Rusdi.

Rusdi meyakinkan, buruh terus akan lakukan rangkaian tindakan di Balaikota untuk mengawal jalannya perumusan UMP DKI Jakarta. Dia mengharapkan, Ahok akan terima tuntutan mereka. ” Tindakan kita akan terus jalankan. Kita mengharapkan Rp 3 juta ini dapat terwujud, ” tandas Rusdi.


Ahok Rapat Dengan Serikat Buruh Perihal UMP 
Foto : detik