Kerugian Motor Tanpa Tutup Pentil

http://dangstars.blogspot.com/2014/10/kerugian-motor-tanpa-tutup-pentil.html

Banyak penggendara sepeda motor yang menyepelekan peran sebuah tutup pentil yang biasanya bertengger di roda depan dan belakang. Padahal, tutup pentil yang berukuran kecil itu kaya manfaat untuk sepeda motor yang kita gunakan.

Tak heran jika kemudian ada saja polisi yang melakukan tilang kepada pengendara motor lantaran tidak menjejali tutup pentil pada rodanya. Lantas apa sebenarnya manfaat tutup pentil pada ban motor?

Seperti ditulis Welovehonda, di dalam pentil, atau yang memiliki nama beken Valve Cap terdapat komponen kecil berupa sil berbahan karet, penonjok, dan per. Komponen-komponen inilah yang sejatinya wajib dilindungi oleh si penutup pentil.

Seperti diketahui, cara kerja masuk dan keluarnya angin ialah melalui penonjok pentil yang ditekan. Jika itu sudah dilakukan, angin pun akan mudah masuk dan keluar.

Namun, jika peran tutup pentil diabaikan, banyak kemungkinan jika udara bisa keluar secara tiba-tiba. Terlebih sifat jalan di ibu kota yang kerap dihantui batu, dan kerikil berukuran agak besar, tentu udara akan keluar sedikit demi sedikit, hingga akhirnya ban pun kempes.

Jika itu terjadi, risiko pun bakal kerap menghampiri. Seperti tarikan motor terasa lebih berat, lalu konsumsi BBM pun jadi lebih boros.

Yang lebih bahaya, ban kempes bisa membuat motor tidak stabil dan sulit untuk dikendalikan.