Belajar Dari Orang Jepang

Seperti yang kita ketahui Jepang adalah salah satu negara maju yang berada di Asia. Pada saat ini Jepang sangat berperan terhadap globalisasi di dunia. Apa yang menyebabkan mereka lebih sukses dan maju dari negara kita ? Jepang memiliki motivasi dan tekad yang kuat untuk mencapai sesuatu. Yakin bahwa Jepang memiliki sejumlah motivasi yang membuat kebanyakan masyarakat Jepang hidup makmur seperti sekarang ini.

1. Kerja Keras

Hal ini patut dijadikan sebagai teladan. Mereka menjadi pekerja keras dalam hidupnya. Mereka bekerja keras menggapai apa yang dia impikan. Segala apa yang membuatya menyerah itu tersingkir oleh tekat yang kuat. Seperti halnya Ken Kutaragi yang berjuang menggapai impian masa kecilnya yang sekarang itu telah terwujud yakni membuat Playstation.

Kata Mutiara motivasi : ” Di dunia ini tidak ada yang namanya kegagalan, yang ada hanya kita kurang bekerja keras ”.



2. Pantang Menyerah

Masyarakat Jepang memiliki sifat pantang menyerah, segala yang menghadang akan ia lalui. Orang Jepang membuktikan hal ini terbukti pada tahun 1946 Jepang telah porak-poranda akibat perang dunia ke-II. Tak membutuhkan waktu berapa lama Jepang kembali sebagai pusat ekonomi dunia.Buktikan bahwa anda bisa !

Kata motivasi : ” Menyerahlah ketika peluang sudah benar-benar habis. Tetapi jika maish ada satu harapan, raihlan dengan kerja keras dan buang semua hal yang menghadang ”

3. Menjaga Kehormatan

Jika kita sering menonton film Jepang ataupun membaca artikel mengenai Jepang pastilah kita mendengar yang namanya ” Harakiri ”, harakiri berarti bunuh diri dengan menusukkan pedag ke perut. Harakiri dilakukan oleh masyarakat Jepang karena mereka gagal dan mereka tahu malu.

Teringatkah anda dengan Kasus Menteri Kesehatan Jepang yang mengundurkan diri karena melakukan kesalahan ?. Atau pejabat tersebut yang akhirnya bunuh diri karena telah melakukan korupsi. Dan hal ini menjadikan Jepang sebagai negara nomor satu dalam kasus bunuh diri.

‘‘ Ingat ! Tulisan ini tak memerintah atau menganjurkan anda unutk bunuh diri bila gagal, tetapi ambilah sisi Positifnya. ”

4. Rajin Membaca



Membaca seperti sebuah budaya di Jepang. Bukanlah hal yang aneh bila kita pergi ke Jepang dan disudut jalan ataupun diatas mobil umum para penumpang membaca buku. Karena itulah masayyarakat Jepang menjadi lebih maju dari masyarakat negara lain.

Pesan motivasi : Banyak-banyaklah membaca buku, artikel, dengan membaca ilmu akan bertambah dan mengetahui informasi terbaru dibandingkan dengan orang yang tak rajin membaca. Ini mendekatkan anda kepada tujuan. Apalagi sekarang sudah ada internet kita bisa mendapatkan artikel dengan berbagai topik. Seperti halnya dangstars.blogspot.com

5. Menjaga Tradisi

Masyarakat Jepang tak pernah meninggalkan tradisi mereka walau perkembangan kemajuan teknologi dan ekonomi sudah sangat pesat. Jepang mampu memamerkan nilai budaya lokalnya walaupun mereka sebuah negara industri yang menjadi pusat ekonomi dunia.

” Kobarkan semangat anda. Sukses adalah hak setiap orang yang mau menerima dan berusaha. ”