Inilah Pemenang Duta Tanpa Rokok Sumut

http://dangstars.blogspot.com/2014/11/inilah-pemenang-duta-tanpa-rokok-sumut.html
“Tidak membenci perokok, tapi yang dihindari itu kebiasaan merokoknya".

Terpilihnya Meniq dan Dede sebagai Duta Tanpa Roko versi Kotipsu (Komunitas Tidak Perokok Sumatera Utara) ini mewakili remaja Kota Medan untuk menjauhi rokok. Penobatan tersebut berlangsung di Hotel Saka, Jalan Ringroad, Medan, 11 Oktober 2014yang lalu.

Menurut Meniq yang sejak awal memang sudah tak menyukai rokok, begitu mendapatkan tawaran, gadis berdarah Batak ini langsung menyetujuinya.

Baginya, sebagai Duta Tanpa Rokok bukan berarti membenci perokok, melainkan bagaimana caranya untuk mereka para perokok aktif bisa berhenti dari kebiasaan buruknya itu.

"Secara tak langsungkan aku bisa perlahan menyadarkan para pecandu rokok untuk menjauh. Dan bagi mereka yang baru pemula kenal dengan rokok, bisa langsung berhenti sebelum kecanduan. Karena lebih bahaya perokok pasif ketimbang perokok aktif," jelas model senior yang sekarang jadi juri di dunia modeling ini di Medan, Ahad (9/11/2014).

Padahal seperti yang kita ketahui, bahwa di dunia modeling, rokok, minuman alkohol dan narkoba sudah tak tabu lagi bagi mereka. Tapi lain hal menurut Meniq dan Dede, mereka tak mau berkecimpung di dunia hitam entertaitment, yang mulanya hanya merokok lantas bisa terpengaruh dengan narkoba. Meniq sendiri mempunyai alasan kuat untuk tidak merokok, karena dia tak suka dengan asap rokok, apalagi untuk mengisapnya bisa mengganggu kesehatan.

"Karena di dalam rokok mengandung zat-zat berbahaya yang dapat menyerang kesehatan tubuh terutama dibagian paru paru dan jantung. Merokok membuat noda di gigi, yang menyebabkan gigi kuning yang merusak penampilan. Rokok dapat mengurangi kadar oksigen dalam kulit sehingga kulit yang kekurangan oksigen dapat menjadi keriput dan kering," aku Meniq yang juga diamini Dede.

Kotipsu sendiri punya kriteria sendiri sampai memilih Meniq dan Dede sebagai Duta Tanpa Rokok. Ada sepuluh kriteria yang harus dilihat dari calon duta tersebut, salah satunya sehat jasmani, bibir tidak kering, rambut tidak rontok, mata dan kulit cerah, wajah tidak pucat.

"Semua kriteria ini ada di Meniq dan Dede dan jika selama mereka menjabat sebagai Duta Tanpa Rokok, kita lihat atau tidak terlihat memang dua orang ini tidak boleh merokok, jika ketahuan akan dicopot gelarnya. Untuk calon duta lainnya, minimal enam tahun belakangan ini tidak merokok bisa dipilih jadi duta tanpa perokok, masih bias diobati maksudnya," Ketua Umum Kotipsu Manala Hutagaol di tempat yang sama.

Menurut Hutagaol, tujuan Kotipsu sendiri sebagaimana visi dan misi memberikan penyuluhan bahwa rokok itu dapat membunuh dan generasi muda bisa tak menyentuh rokok. Sudah 5 tahun lalu peraturan pemeritah dan perda sudah memberlakukan peraturan tanpa rokok dan menggerakkan displinnya tersebut. Siapa yang menindak mereka yang melanggar peraturan itu tidak ada. Seperti larangan merokok di Kereta Api (KA). Apabila anda didapatkan merokok di gerbong akan diturunkan di stasiun terdekat.

"Saya lihat di dalam gerbong tersebut tidak ada yang merokok. Artinya mereka selektif dengan peraturan tersebut. Komunitas orang yang tidak merokok itu terlindung dari perokok pasif dari merka yang perokok berat. Sudah ada peraturan Pemko Medan tentang kawasan tanpa rokok, yang agak sulit penegak itu siapa? Apakah sudah dikenakan denda Rp50 ribu? Nah siapa yang menangkap mereka dan sipa yang mengajukan masalah ke pengadilan tak ada, beda dengan kasus kriminal," ujar Hatagaol.

Menutur Dede, peran mereka sebagai duta dan anggota Kotipsu, bisa langsung diterapkan di tempat umum misalnya di dalam angkot, keluarga dan dalam lingkungan. Dengan imbauan tersebut, mudah-mudahan mereka akan menyadari akan bahaya rokok.

"Saya juga pria dan model, tapi tak harus merokok kan? Hidup dan masa depan kita, ya kita sendirilah yang menentukan. Begitu juga dengan kesehatan kita," beber pria bintang iklan Extra Joss ini. (Abdurrahman)

Nama Lengkap: Marni Flotentina Simbolon
Nama panggilan: MeniQ
TTL: Sidikalang 7 Nov
Alamat: Jalan Jamin Ginting No 411 F Padang Bulan Medan
Ayah: P Simbolon
Ibu: P Siburian
Pekerjaan: Kabag Keuangan di salah satu media
Path, FB, Instagram dan Twitter: meniQ Sirimbang
Pendidikan: SD Negeri 033913 Sidikalang, SMP St Paulus Sidikalang, SMA Negeri 1 Sidikalang, Universitas Methodist Indonesia Jurusan Management

Nama Lengkap: Dede Rahmanda Hasibuan
TTL: Medan, 5 Oktober 1991
Alamat: Jalan Setia Budi Pasar I Gang Anggrek No 21
Orang Tua: Alm Mandala Hasibuan dan Dra Istu Sri Poneni MHum (Dosen UISU dan LP3I)
Pendidikan: SD Ikal Medan, SMP Ar Rahman, SMA Panca Budi, LP3I Jakarta Jurusan Design Grafis Multi Media.
Source berita sumut