Logo Google Doodle Memperingati 25 Tahun Runtuhnya Tembok Berlin

Hari ini di Google Doodle ternyata merubah gambar logonya dengan video tembok Berlin yang merupakan peringatan 25 tahun runtuhnya Tembok Berlin. Pada 9 November 1989, tembok perbatasan yang memisahkan Jerman Barat dan Timur itu diruntuhkan. Namun, banyak korban mantan komunis Jerman Timur yang masih sangat trauma atas kejadian ini.
Hari ini, 9 November 2014, rakyat Jerman merayakan 25 tahun runtuhnya Tembok Berlin. Raksasa internet Google pun turut memperingatinya dengan menampilkan animasi kreatif di Google Doodle.

Jika Anda mengakses Google pada hari ini, maka di halaman muka mesin pencarinya langsung muncul Google Doodle dengan tampilan animasi. Saat logo 'Play' diklik, maka akan terputar video mengenai riwayat singkat runtuhnya Tembok Berlin.

Tak hanya itu, video ini juga menampilkan berbagai kota di dunia yang menyimpan sisa runtuhan Tembok Berlin tersebut.
Menurut sekelompok lobi untuk perubahan, ribuan orang yang dikunci pandangan politiknya, atau mereka yang anaknya diamankan karena tidak dianggap negara, masih sangat tertekan. Kondisi mereka diperburuk oleh fakta bahwa keadilan dan pengakuan belum diberikan.

“Tentu saja peringatan itu merupakan peluang untuk mengkaji masa lalu dan merayakan perubahan dari kediktatoran menuju pesta demokrasi,” kata Rainer Wagner, kepala UOKG Umbrella Group for the Victims of Communist Tyranny, seperti dilansir Reuters, Jumat (7/11/2014).

Ketika Jerman bersatu, pemerintah baru mengambil tugas besasr untuk menyelidiki kejahatan di Jerman Timur. Mereka akan merehabilitasi seluruh korban dan menjelaskan penderitaan ini kepada generasi mendatang.

Berdasarkan laporan pemerintah 2013, antara 1993 hingga 2011, Jerman menghabiskan 1,2 miliar poundsterling atau menjadi Rp23,1 triliun untuk membiayai rehabilitasi.
http://dangstars.blogspot.com/2014/11/logo-google-doodle-memperingati-25-tahun-runtuhnya-tembok-berlin.html