Selfie Telah Ada Sejak 100 Tahun Lalu

http://dangstars.blogspot.com/2014/11/selfie-telah-ada-sejak-100-tahun-lalu.html

Foto Joseph Byron, dianggap sebagai salah satu praktik selfie pertama di dunia - huffingtonpost.com

“Selfie” alias berfoto dengan tangan sendiri yang kerap dilakukan masyarakat masa kini sebenarnya sudah dilakukan oleh orang di zaman dulu. Bahkan lebih dari sekitar seratus tahun silam.

Joseph_ByronBuktinya, hasil foto dengan metode fotografi yang banyak menuai cibiran itu pernah dilakukan pada tahun 1839, dan diperkirakan menjadi salah satu praktik selfie pertama dalam sejarah selfie. Menurut berita yang dirilis oleh The Huffington Post, ditampilkan sejumlah foto selfie yang didapatkan dari penggalian arsip masa lalu, yakni kumpulan foto Joseph Byron dan teman-temannya pada pergantian abad ke 20.

Tom, cicit dari Byron mengunggah gambar hitam putih tersebut dan menyebutnya sebagai foto selfie terbaik sepanjang masa. Tom memasukkan keterangan dalam foto tersebut berbunyi “Kakek buyut saya mulai melakukan hal ini sedini 1909,” tulisnya.

Menurut Gizmodo, Byron membantu ayahnya di studio selama remaja, kemudian, menjelang usia dewasa, ia melanjutkan pekerjaan sebagai asisten fotografer di London. Dia bekerja sebagai fotografer berita lepas. Dari sana, ia membangun karir di dunia fotografi.

http://dangstars.blogspot.com/2014/11/selfie-telah-ada-sejak-100-tahun-lalu.html

Tampak dalam gambar tersebut, Pada 1909 Byron dan teman-temannya mengambil foto dalam satu tembakan BFF klasik. Foto lainnya, Byron mengambil foto bagi dirinya sendiri kemungkinan untuk melihat kecocokan pakaian yang ia kenakan. Mungkin saja, kegiatan tersebut bukan selfie pertama, tapi menjadi “usie” pertama.


Sumber : Republika.co.id