Ical kembali pimpin Golkar dan ini daftar 15 kadernya yang dipecat

Aburizal Bakrie alias Ical secara aklamasi ditetapkan menjadi Ketua Umum Partai Golkar periode 2014-2019 dalam Musyawarah Nasional (Munas) IX partai tersebut di Nusa Dua, Bali, Rabu (03/12/2014). Ditetapkannya Ical sebagai Ketum Golkar disampaikan langsung oleh pemimpin Munas Partai Golkar, Nurdin Halid.



“Aburizal Bakire telah mendapatkan 100 persen dari pemegang hak suara, dengan demikian Ical menjadi ketua terpilih periode 2014-2019,” kata pemimpin Munas Partai Golkar Nurdin Halid sebagaimana dilansir Antara.

Begitu Nurdin Halid selesai mengumumkan penetapan Aburizal sebagai Ketua Umum Golkar, suasana jadi riuh dengan suara peserta Munas yang menyanyi, “ARB siapa yang punya… ARB siapa yang punya…, yang punya kita semua.”

Penetapan Ical menjadi pemimpin partai berlambang beringin itu berjalan cepat, dimulai dengan pembahasan tata tertib, pembentukan formatur, pengajuan bakal calon dan kemudian ditetapkan secara aklamasi.

Tak hanya mengumumkan terpilihnya Ical pimpinan Munas IX Golkar juga membacakan daftar nama Presidium Penyelamat Partai yang dipecat. Kader Golkar menyambut keputusan itu dengan tepuk tangan meriah.

Pembacaan nama-nama itu dilakukan oleh Sekretaris Pimpinan Munas Golkar Ula Nukrawati dalam sidang paripurna di Mangupura Hall, Hotel Westin, Bali.

Ada 15 nama kader terpecat yang dibacakan oleh Ula. ‎Peserta awalnya datar menanggapi, namun saat nama Agung, Priyo dan Yorrys disebut, peserta munas bertepuk tangan meriah.

Tak hanya tepuk tangan, para peserta munas juga bersorak-sorai, seolah menyambut gembira pemecatan ini. “Pecat! Pecat!” terdengar teriakan peserta munas.

Berikut nama-nama kader Golkar yang dipecat sebagaimana dikutip DetikNews:


1. Ace Hasan Syadzily

2. Lamhot Sinaga

3. Melchias Markus Mekeng

4. Andi Sinulingga

5. Djasri Marin

6. Laurens Siburian

7. Zainuddin Amali

8. Juslin Nasutio

9. Leo Nababan

10. Agung Laksono

11. Priyo Budi Santoso

12. Yorrys Raweyai

13. Ibnu Munzier

14. Ricky Rahmadi

15. Agun Gunandjar


“Diberhentikan dari kepengurusan dan keanggotaan Partai Golkar,” kata‎ Ula.

15 Nama itu dipecat karena merupakan bagian dari Presidium Penyelamat Partai.‎ Mereka dianggap berpotensi memecah belah partai.

Agus Gumiwang dan Nusron Wahid juga dipecat. Namun keduanya dipecat dalam Surat Keputusan berbeda, terkait Pilpres 2014.

“Mencabut segala hak mereka atas Golkar,” ujar Ula.