Tips Liburan Asyik di Akhir Tahun


Liburan akhir tahun selalu ditunggu oleh para traveler, untuk mengisi energi kembali menghadapi tahun yang baru depan. Ada beberapa tips yang bisa Anda simak, karena libur akhir tahun juga butuh persiapan khusus.

Tips ini akan sangat berguna untuk Anda, agar liburan akhir tahunnya sempurna. Dihimpun detikTravel, Kamis (11/12/2014), inilah 5 tips liburan asyik di akhir tahun.



Acara pergantian tahun tidak selalu berjalan seperti yang Anda bayangkan. Liburan akhir tahun harus siap dengan kondisi ramai, penuh dan macet di destinasi wisata.

Usahakan untuk selalu mempunyai rencana cadangan apabila rencana utama yang kita punya gagal di tengah jalan. Biasanya karena akomodasi full dan tidak tersedia.

Anda bisa pesan jauh-jauh hari agar tidak kehabisan tiket, baik itu pesawat ataupun kereta api. Jangan lupa juga untuk booking hotel minimal sebulan sebelum hari H keberangkatan. Jangan serba mendadak karena suka kehabisan.


Hal yang perlu dipersiapkan selanjutnya adalah mental yang kuat agar tidak mudah kecewa. Kekecewaan muncul karena kondisi asli di lapangan berbeda jauh dari harapan kita. Untuk menyiasatinya, dibawa happy saja ya traveler!

Kondisi destinasi yang penuh oleh wisatawan ketika akhir tahun memang tidak bisa dihindari. Satu hal yang bisa dilakukan ya nikmati saja. Bersyukurlah masih bisa liburan akhir tahun, karena beberapa traveler mau izin cuti saja susah.



Tips berikutnya yaitu jangan pelit! Biasanya liburan akhir tahun merupakan peak season, dimana tingkat hunian hotel dan destinasi wisata akan penuh dan harganya melambung tinggi. Hal tersebut wajar, selama harga masih bisa kita jangkau tidak masalah dan jangan mengeluh.

Apabila mahalnya sudah tidak masuk diakal, barulah kita perlu siasat lagi agar liburan bisa terlaksana dengan baik. Mengurangi satu dua agenda tentu tidak jadi masalah bagi Anda, asal agenda utama terpenuhi, yaitu menikmati momen countdown pergantian tahun dan pesta kembang apinya!



Hal yang tidak bisa dihindari lainnya yaitu macet! Jumlah pengunjung yang membludak saat Tahun Baru membuat kondisi jalanan pasti akan macet parah. Untuk itu, Anda harus mempersiapkan fisik yang prima sebelum bermacet ria di jalanan.

Kota destinasi wisata seperti Yogyakarta, Bandung apalagi Bali, tentunya akan penuh dengan wisatawan di akhir tahun. Hal tersebut berimbas pada kemacetan jalan yang tidak manusiawi. Jadi, siap-siap bermacet-macetan ya traveler!




Tips terakhir untuk Anda yaitu carilah destinasi wisata lain untuk melewatkan malam Tahun Baru Anda. Apabila Anda bosan bermacet-macet ria di jalanan, carilah destinasi wisata baru yang masih agak sepi agar lebih asik untuk menikmati malam tahun baru.

Anda bisa berwisata ke pulau, mendirikan tenda, membuat api unggun serta pesta barbeque bersama teman-teman. Cara baru yang unik dan asik untuk melewati malam tahun baru yang patut Anda coba!

11 Comments

wih tips nya berguna bgt nih buat nnti kalo liburan , makasih ya :)

Reply

makasih yah buat tipsnya, pasti ke pake nih buat nanti liburan :)

Reply

makasih ya buat tips liburannya, bermanfaat :)

Reply

piknik saat musim liburan seperti sekarang ini, bukan kenikmatan yang di dapat, tapi macet, mendingan milih liburan di kebun Ubi Cilembu belakang rumah ajah ah

Reply