BELAJAR DARI KESALAHAN ANDA

BELAJAR DARI KESALAHAN ANDA

Kita semua pernah berubat salah di tempat kerja, tapi, kita seringkali tidak mengambil hikmah dari kesalahan-kesalahan ini. Dalam rangka menghindari terulangnya kesalahan-kesalahan, anda perlu mengidentifikasi, belajar dari dan menerapkan pembelajaran anda ini untuk menghadapi situasi-situasi di masa yang akan datang.


Mampu mengidentifikasi kesalahan-kesalahan anda. Barabgkali ini kesan terlalu umum dan mencolok, tapi banyak orang yang tidak melihat kesalahan-kesalahan itu sebagai awal dari semua malapetaka. Sebagai contoh, seorang mitra kerja marah kepada anda karena anda tidak memberitahu tentang ketiadaan suku cadang yang memmpengaruhi pekerjaannya.


Anda mengambil sikap defensif dan menjelaskan bahwa bukan pekerjaan anda untuk memberitahu dirinya. Apakah anda sudah mengambil hikmah dari situasi ini dan mencoba menghindarinya agar tidak terjadi lagi di masa-masa yang akan datang, ataukah anda menganggap situasi ini sebagai “masalahnya dia”? definisikan kesalahan sebagai “ketika sesuatu tidak terjadi seperti yang anda perkirakan,” atau “ketika anda mendapatkan kejutan yang tidak mengenakan dalam cara-cara yang tidak menyenangkan.” Cara mengidentifiksi masalah ini memungkinkan anda melihat problem-problem potensi yang mempengaruhi andad, pekerjaan anda atau hubungan-hubungan anda dengan orang lain di tempat kerja sehingga anda bisa mencegah agar tidak terjadi situasi-situasi negatif seperti ini.


Tanyakan kepada diri anda sendiri (dan orang lain) apa yang bisa dikerjakan secara berbeda. Sekalipun problem itu bukan kesalahan anda, ambilah inisiatif dan asumsikan tanggungjawabb di pundak anda untuk menemukan suatu solusi yang akan membuat pekerjaan anda – dan pekerjaan mita-mitra kerja anda – jauh lebih mudah di msaa depan.


Mintalah umpan balik dari orang-orang yang berpengaruh oleh problem itu atau dari manajer anda atau dari mitra-mitra kerja anda. Jika mereka tidak terlibatt dalam problem ini, jelaskan situsinya dan mintalah pendapat mereka tentang langkah-langkah apa yang sekiranya akan mereka lakukan. Kemukakan semua skenario yang mungkin agr problem-problem itu tidak muncul lagi.


Rencanakan untuk menerapkan apa yang telah anda pelajrai dalam menghadapi situasi-situasi seperti itu di masa depan. Bersiaplah proaktif untuk mencegah agar kesalahan-kesalahann yang sama atau yang terkait tidak muncul kembali. Katakan kepada orang lain tentang rencana-rencana anda, khususnya bila mereka juga akan terpengaruh oleh masalah itu.