9 Macam Jenis Batu Giok Aceh


Sejak tahun 2013 yang lalu batu giok aceh mulai mencuat ke permukaan pecinta batu akik, memang belum sepopuler sekarang, jika dulu batu giok aceh hanya di kenal oleh kalangan terbatas saja yaitu para pecinta batu akik, atau komutintas batu akik namun sekarang batu giok aceh sudah meluas ke hampir seluruh lapisan masyarakat khususnya di Aceh.

Banyak orang yang dulunya tidak menyukai akan batu akik sekarang malah jadi pecandu batu akik atau batu giok dengan berbagai alasan, ada karena ikut-ikutan dengan teman yang semua merupakan pecinta batu akik ada juga karena suka berbisnis batu giok sebab sangat cepat mendatangkan keuntungan yang berlipat.

Batu giok aceh ternyata memiliki jenis yang bermacam-macam, memang yang paling populer itu adalah batu giok aceh Idocrase dan giok solar namun selain itu ada banyak lagi batu giok Aceh yang bisa Anda temukan di pasaran batu giok aceh.

Berikut ini beberapa jenis batu giok aceh yang berhasil kami kumpulkan foto foto dan namanya:

1. Batu Giok Lumut (Idocarase)
Kelebihan Batu Giok Aceh Idocrase yang Istimewa


Batu giok Aceh memang lagi naik daun karena memenangkan beberapa kali kontes batu akik di Indonesia, ada batu giok aceh idocrase yang dihargai hingga 300jt satu butirnya. Jadi Anda tidak usah kaget jika Ada yang menawarkan batu giok idocrase asal aceh yg dijual dengan harga puluhan juta.

Saat melihat pesona keindahan batu giok Aceh, kelebihannya dapat terlihat dengan cukup jelas. Banyak nilai lebih yang dipancarkannya sehingga tampak elok dan spesial, tidak hanya secara estetika namun juga secara kualitas.

Kelebihan batu giok Aceh yang paling istimewa dan sangat indah adalah kemampuannya untuk bermetamorfosis. Selain itu, batu mulia dari Serambi Mekah ini juga memiliki fenomena warna unik yang menyerupai mata kucing.

Warna batu giok idocrase seperti lumut yang transparan dimana terlihat serat giok didalamnya kehijau-hijauan.

Berikut gambar batu giok aceh idocrase terbaru kualitas super

Batu Giok Aceh Idocrase

Dari gambar diatas sudah cukup jelas bagaimana keindahan dari Batu Giok Aceh Idocrase, memang pantaslah giok aceh idocrase memenangkan kontes batu akik di Indonesia.

Kelebihan Batu Giok Aceh yang Mendunia
Reputasi batu giok Aceh telah mendapat pengakuan dari para kolektor batu mulia. Tidak hanya populer di dalam negeri, namun juga tersohor di dunia. Sesungguhnya apa kelebihan batu giok Aceh sehingga membuatnya istimewa?

Tentu saja ada sesuatu yang spesial dari batu alam asli Indonesia ini. Bukan tanpa alasan jika kemudian ia menjadi primadona dengan ketenaran yang makin melambung. Bahkan, para pecinta gemstone manca negara rela membayar dengan harga yang tidak murah untuk bisa memperoleh batu ini.

Kelebihan Batu Giok Aceh yang Istimewa
Dari segi kualitas, level kekerasan yang dimilikinya sangat memenuhi syarat untuk dikategorikan sebagai batu mulia bermutu. Berdasarkan hasil penelitian, kekerasan batu giok Aceh mencapai 7 Mohs. Ini sudah mendekati kekerasan batu mulia unggul seperti zamrud, rubi, bahkan safir. Sebagian peniliti bahkan meyakini, jika dieksplorasi lebih mendalam, sangat mungkin ditemukan giok yang bisa menyamai kekerasan safir di daerah dengan kondisi alam yang sangat potensial seperti Aceh.

Selain kelebihan-kelebihan di atas, batu giok Aceh juga mempunyai karakteristik unik, yakni akan terasa dingin saat dipegang. Bagi yang percaya, hal tersebut menunjukkan pancaran aura damai yang dapat dirasakan oleh pemakainya.

Berbagai keunikan dan kelebihan batu giok Aceh di atas, sejalan dengan kebutuhan para kolektor yang senantiasa berburu batu-batu mulia yang lain dari yang lain. Mereka mengapresiasinya dengan sangat tinggi. Sebagai contoh, pernah tercatat seseorang berkewarganegaraan Taiwan membeli batu giok Aceh seberat dua setengah kilogram dengan harga fantastis 2,5 Miliar rupiah!

Batu Giok Aceh Langganan Juara Pameran
Keistimewaan yang dimiliki batu giok Aceh membuatnya layak diganjar dengan penghargaan yang setimpal. Sangat sering dalam pameran Indonesian Gemstone, batu mulia yang berasal dari penambang tradisional di Nagan Raya dan Aceh Tengah ini mendapatkan predikat juara. Hal ini menunjukkan pengakuan yang valid dan objektif atas kualitas yang dimilikinya.

Terakhir pada pameran Indonesian Gemstone 2014, batu giok asal Aceh mendominasi lomba dengan predikat juara untuk kategori giok “idocrase solar” dan “idocrase lumut”. Bahkan dalam pameran tersebut, batu mulia Tanah Rencong ini laku keras dengan dengan total penjualan ratusan juta rupiah.

Fakta ini makin mengukuhkan kelebihan batu giok idocrase Aceh, dan semakin mengangkat namanya di kancah batu mulia Indonesia maupun dunia. Di Indonesia, dia telah dianggap sebagai yang terbaik kualitasnya. Sementara di dunia, hanya Myanmar dan Cina yang dipandang bisa mengalahkan batu giok Aceh.
Batu giok aceh yang satu ini yang paling fenomenal karena memenangkan kompetisi batu akik yang diadakan di jakarta dua tahun lalu, warna giok idocrase ini hijau muda dan transparan, ada bercak-bercak hijau didalamnya yang menandakan itu adalah batu giok.

2. Batu giok Solar
Batu giok solar juga berhasil laku dengan harga yang fantastis karena bisa di jual dengan harga 2,5 milyard dengan berat total 2,5 kg. warna batu giok ini mirip sekali dengan minyak solar, coklat muda transparan. Batu giok solar juga ada dua macam, ada yang giok solar saja, ada yang batu giok bio solar aceh.
bahan batu giok bio solar


3. Batu giok Nenas
Batu Giok ini memiliki warna putih dengan serat didalamnya menyerupai daging buah nenas.

4. Batu giok Anggur
Seperti batu giok yang lain, batu giok anggur ini berwarna menyerupai warna daging buah anggur dengan serat yang mirip juga dengan daging buah anggur.

5. Batu giok Loreng

Batu ini memang jarang ditemukan, namun bukanlah merupakan batu giok yang super karena serat-serat didalamnya mirip sekali seperti baju loreng kesatuan bersenjata.

6. Batu giok Salju


Seperti namanya batu giok salju ini berwarna putih seperti salju. Lihat lebih lengkap tentang batu giok salju Aceh.

7. Batu giok Hitam (Black Jade)
Batu giok ini berwarna hitam pekat namun memiliki serat khas batu giok

8. Batu giok Neprhate

Batu giok neprite merupakan batu giok yang berwarna hijau, batu giok ini merupakan yang paling umum ditemukan, baik di Aceh maupun di china.

9. Batu Giok Neprite Pucuk pisang

Batu niprite putuk pisang ini masih sejenis batu giok niprite hanya saja warnanya yang akak hijau muda yang membuat batu giok ini meskipun murah tapi indah di pandang jika sudah di asah menjadi batu cincin atau gelang.

Mungkin masih ada lagi jenis batu giok yang ditemukan di Aceh, hanya saja untuk saat ini saya baru menemukan 9 macam jenis batu giok aceh tersebut. Semoga informasi ini bermanfaat.