Resep Mi Barongsai ala Chef Muto

SAJIAN mi memiliki hubungan yang lekat dengan perayaan Imlek. Pasalnya, dalam kepercayaan budaya Tionghoa, mi memiliki makna umur panjang dan keberkahan yang tidak pernah putus. Karena alasan inilah sajian mi wajib dihidangkan saat perayaan Tahun Baru China.

Dalam memeriahkan Imlek yang jatuh pada 19 Februari, Chef Mutofik Sultoni, yang terkenal lewat acara memasaknya, Kung Fu Chef di stasiun televisi Global TV, juga memiliki kreasi sajian berbahan mi yang bisa Anda sajikan saat perayaan nanti. Ia memberi nama kreasi olahannya itu dengan Mi Barongsai.

Ketika berkunjung ke Kantor Redaksi Okezone, di Gedung HighEnd, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (16/2/2015), chef yang akrab disapa dengan Chef Muto ini bersedia memberi resep Mi Barongsai.

Bahan-bahan:

1 bungkus mi telur kemasan, rebus setengah matang

3 butir telur ayam

500 gram udang pancet (pisahkan kepalanya)

1 helai daun bawang (iris kecil)

5 helai sawi hijau

Margarin (secukupnya )

1 sendok makan kecap manis

½ sendok makan kecap inggris

2 sendok makan saus tiram

1 sendok teh garam

1 sendok teh kaldu bubuk

Bumbu yang dihaluskan:

6 siung bawang merah

6 siung bawang putih

4 cabai rawit

4 cabai merah besar

20 gram gula merah

Cara membuat:

1. Semua bumbu halus, kecuali gula merah digoreng sampai berwarna kecokelatan. Lalu haluskan bumbunya dengan cara diulek.

2. Kemudian, panaskan wajan lalu masukkan margarin, tumis bumbunya hingga harum, kemudian tambahkan semua bahan-bahan, dan aduk hingga semuanya matang dan tercampur rata. Lalu sajikan ke dalam piring.

3. Kepala udang jangan dibuang. Goreng kepala udangnya hingga garing dan dapat dijadikan hiasan di tepian piring mi seperti barongsai. Mi barongsai pun siap dinikmati.

Resep untuk lima orang