Kenapa Lawang Sewu Tempat Terangker

Lawang sewu merupakan gedung bekas peninggalan penjajah Belanda yang dibangun pada tahun 1904. Gedung tersebut terletak di Bundaran Tugu Muda yang pada jaman dulu disebut dengan Wilhelminaplein. Gedung ini dinamakan lawang sewu karena dalam bahasa Jawa lawang sewu artinya pintu seribu.

Hal ini dikarenakan lawang sewu memiliki banyak sekali pintu sehingga disebut dengan nama lawang sewu. Sudah lebih dari satu abad bangunan lawang sewu tersebut berdiri dan tentunya menjadi saksi sejarah akan kisah-kisah masa lalu. Lawang sewu yang saat ini menjadi salah satu tempat tujuan para wisata ternyata juga banyak menyimpan cerita mistis.

Banyak warga Semarang yang melihat berbagai penampakan tentara Belanda atau suara penyiksaan seperti halnya saat penjajahan dulu. Karena tersebutlah banyak orang yang menyebut jika lawang sewu merupakan tempat terangker ke-2 di Asia. Berikut enam faktanya.




1. Misteri teriakan dari sumur

Jika kamu berkunjung ke Lawang sewu, maka kamu akan menemukan sumur tua di halaman gedung Lawang sewu tersebut. Sumur tua tersebut setiap hari di kunci dan tidak pernah di buka. Sumur tua yang berbentuk tembok tinggi dengan atap genting berwarna merah. Konon kerap terdengar suara teriakan, kesakitan, ketakutan dari tentara Belanda. Menurut sejarah, tempat tersebut digunakan tentara Jepang untuk membunuh tentara Belanda dengan cara menyembelihnya.

2. Bau darah di penjara berdiri

Di lawang sewu terdapat ruangan bawah tanah yang dulu di jadikan sebagai tempat penjara berdiri. Ditempat tersebut ada sekitar 5-6 orang di jejalkan dalam kotak kecil dengan ukuran 60 cm kali 1 meter. Para tahanan berdiri berdesakan kemudian di tutup pintu besi hingga semuanya mati. Jika masih ada yang hidup, kepala mereka akan di penggal dan jasatnya di buang di sungai kecil dekat Lawang sewu. Hingga sampai saat ini masih kerap tercium bau anyir darah dari tempat tersebut.

3. Penampakan di ruang tengah

Jika kamu masuk ke banguan Lawang sewu. Kamu pasti akan melewati pintu gerbang besar sebelum menuju keruangan utama. Banyak sekali orang yang melihat penampakan di ruangan tersebut. Ada yang mengaku pernah melihat tangan hitam besar, ada pula yang melihat pocong dengan wajah yang rusak. Ada pula yang melihat bayangan putih yang bisa menembus tembok. Jika kamu tidak percaya kamu bisa datang ke tempat tersebut pada malam hari.

4. Penampakan serdadu belanda penjaga pintu

Diantara penampakan lainnya, penampakan serdadu penjaga pintu ini merupakan penampakan yang paling sering terjadi. Penampakan serdadu lengkap dengan senjata laras panjangnya ini kerap muncul di pintu paling barat atau paling timur. Konon jika seseorang menyadari keberadaan hantu tersebut dia akan merasakan hembusan angin agak kencang, bau wangi seperti kemeyan dan bau busuk seperti darah.

5. Noni Belanda korban pemerkosaan

Dulu ketika Jepang datang ke Indonesia, Jepang langsung melakukan penyerbuan terhadap Belanda, tak terkecuali di Lawang sewu ini. Di Lawang sewu ini terjadi pemerkosaan sekitar puluhan noni Belanda oleh tentara Jepang. Setelah di perkosa noni-noni tersebut langsung di penggal kepalanya. Hingga saat ini sering kali noni-noni tersebut sering menampakan diri, noni-noni tersebut tidak menganggu, mereka hanya mondar-mandir dengan wajah cantik dan pucat yang bersimpah darah.

6.Lorong hantu

Di bawah tanah juga terdapat penjara serta bunker yang memiliki lorong yang disebut dengan lorong hantu. Dipercaya jika orang diam dan jongkok disana akan melihat bayangan berbentuk manusia dengan mata berwarna hijau menyala. Bayangan tersebut merangkak di atas dan berusaha mendekati siapa saja yang melihatnya.

Demikianlah 6 fakta jika lawang sewu tempat terangker no 2 di asia. Setelah kamu mengetahui hal tersebut, masihkah kamu berani berkunjung ke lawang sewu pada malam hari. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan terimakasih.