Cara Mengecek Apakah Facebook Kita Kena ‘Hack’ Atau Tidak

Para pengguna Facebook acapkali tidak sadar jikalau akun miliknya sedang atau bahkan sudah diretas. Tetapi, ada sebuah cara untuk mengetahui apakah sebuah akun Facebook tersebut sudah diretas atau belum.

Dalam menggunakan social media, khususnya Facebook kita haruslah berhati-hati dengan setiap informasi atau data pribadi kita, karena jika seandainya sampai informasi bisa diretas oleh pihak yang tidak bertanggungjawab dan disalahgunakan maka akan dapat berdampak yang merugikan kita.

Para pengguna Facebook acapkali tidak sadar jikalau akun miliknya sedang atau bahkan sudah diretas. Tetapi, ada sebuah cara untuk mengetahui apakah sebuah akun Facebook tersebut sudah diretas atau belum.

Cara ini sangatlah mudah bahkan sederhana. Yang perlu kita lakukan adalah hanya perlu masuk ke bagian settings, lalu pilih security. Pilihan menu security ini terletak dibagian kiri layar, tepatnya dibawah General atau diatas privacy.

Pada menu security, pilih menu Where You’re Logged In. 

Didalam menu tersebut, dapat kita lihat melalui perangkat apa dan dimana saja akun milik kita ini telah diakses. 

Seandainya ada sebuah akitivitas yang mencurigakan pada akun Facebook kita, maka yang harus dilakukan adalah langsung saja tekan tombol End All Activity.

Dengan menggunakan tombol tersebut, dipastikan si peretas akan langsung log-out dari akun milik kita. Langkah selanjutnya untuk keamanan akun kita adalah dengan mengganti Password atau kata sandi untuk mencegah peretas masuk kembali ke akun milik kita.

Selain cara diatas, kita juga dapat meminta sistem Facebook untuk memberikan peringatan setiap kali ada yang mencoba untuk mengakses akun kita di perangkat atau browser baru. Pemberitahuan tersebut bakal diberikan di tiga tempat sekaligus, yaitu lewat Facebook itu sendiri, E-mail, atau SMS ke nomor yang sudah didaftarkan oleh pengguna.

Untuk memakai fitur tersebut juga gampang. Masih pada menu Security, kemudian pilih menu Login Alerts. Didalam menu tersebut, pengguna dapat mengatur sendiri kemana notifikasi akan diberikan.

Seandainya memilih pemberitahuan melalui e-mail, setiap ada login baru, Facebook akan mengirimkan pemberitahuan ke alamat yang sudah ditetapkan sebelumnya.
Image : Facebook Security Settings (gambar : thinkbeard)