Cara untuk memperbaiki kehidupan seksual

Kehidupan seks yang harmonis merupakan hal penting dalam sebuah hubungan. Namun, bagaimana jika kehidupan seksual kurang bergairah? Atau gairah seksual menurun? Nah, penurunan gairah seksual tersebut bisa disebabkan oleh depresi yang terjadi pada seseorang. Depresi bisa disebabkan oleh banyak faktor, misalnya karena tekanan dalam pekerjaan atau adanya masalah dalam hubungan seksual dengan pasangan.

Seorang terapis seks dari College of Education and Human Development pada University of Maine di Orono mengatakan, bahwa salah satu kunci dari depresi adalah tenang dan menghindari tekanan. Dengan begitu Anda akan kembali pada kehidupan seksual yang lebih baik. Nah, berikut beberapa cara untuk memperbaiki kehidupan seksual Anda:

1.Obati dahulu depresi yang Anda alami

Jika Anda ingin mendapatkan kehidupan seksual yang lebih bergairah, ada baiknya untuk mengobati dahulu depresi yang Anda alami. Pasalnya, jika tidak maka selamanya kehidupan seksual Anda akan terganggu. Anda bisa mengunjungi psikiater atau psikolog untuk mengatasi masalah yang anda alami. Pastikan masalah anda benar-benar terselesaikan, karena stres pun akan sangat menggagu kehidupan seksual.

2.Olahraga

Untuk mendapakan kehidupan seks yang lebih bergairah, olahraga salah satu hal yang disarankan untuk Anda lakukan. Sebuah penelitian menunjukan bahwa olahraga atau latihan fisik selama 20 atau 30 menit sehari dapat meningkatkan libido pada seseorang. Bahkan, olahraga dapat meningkatkan gairah seksual seseorang. Jadi, hal tersebut bisa terjadi karena saat seseorang latihan fisik maka dapat melancarkan darah, serta melepaskan endorphine dalam tubuh yang dapat meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik.

3.Sentuhan fisik

Salah satu hal yang dapat meningkatkan keintiman suatu hubungan adalah sentuhan fisik. Misalnya saja seperti pelukan dan pijatan yang dapat Anda ekpsplorasi sesuai keinginan anda dan pasangan. Pijatan lembut serta belaian saat berhubungan seksual dapat meningkatkan libido Anda.

4.Pelumas

Salah satu hal lain yang bisa Anda lakukan untuk menginkatkan gairah seksual adalah dengan menggunakan pelumas pada saat berhubungan seksual. Pasalnya, pada beberapa kasus wanita yang sulit terangsang diakibatkan karena mengalami kekeringan pada vagina. Hal tersebutlah yang menyebabkan seorang wanita merasa trauma atau mengalami penurunan gairah seksual. Pasalnya, saat berhubungan seksual dan vagina kering akan mengakibatkan seks yang menyakitkan hingga lecet. Oleh karena itu disarankan untuk menggunakan pelumas.

5.Lebih bereksplorasi

Terkadang, berhubungan seksual yang itu-itu saja dapat membuat Anda bosan. Nah, hal lain yang dapat Anda lakukan untuk menambah gairah seksual adalah dengan bereksplorasi, mulai dari gaya berhubungan ataupun lokasinya. Selain itu, Anda bisa membeli lingerie baru atau melihat beberapa film untuk mengatahui berbagai macam gaya yang bsia Anda dan pasangan coba. (DV)

Ditinjau oleh: dr. Rahajeng A.P