Cara Mudah Menjaga Penampilan Mobil Meski Sering Terpapar Sinar Matahari


Meski musim hujan sudah muncul di berbagai daerah di Indonesia, suhu cuaca masih sering panas dengan sinar matahari yang terik.


Apalagi di kota-kota besar, cuaca pasti akan semakin panas dan mobil pun mau tak mau harus tersiksa ketika harus berkendara di bawah terik matahari tersebut.

Mobil yang sering di parkir di bawah teriknya sinar matahari pasti akan mengalami berbagai dampak buruk.

Contohnya saja adalah bagian eksterior yakni cat yang bila terkena sinar matahari langsung maka warna akan kusam serta pada bagian yang terbuat dari bahan karet pasti bakal melar sehingga menjadi tidak elastis lagi.

Termasuk karet wiper bisa juga menjadi keras dan akibatnya saat digunakan untuk membersihkan kaca justru menjadi beret atau tergores.

Cara yang paling tepat untuk mencegah hal tersebut adalah usahakan jangan parkir di tempat terbuka dan selalu tempatkan di tempat yang tertutup, lebih baik lagi kalau mobil Anda ditutup agar semakin terawat.

Sebenarnya ada beberapa tips lain supaya mobil Anda tetap dalam kondisi baik meskipun berada di bawah sinar matahari.

Misalnya saja sebelum meninggalkan mobil tegakkan terlebih dulu batang wiper agar karetnya tidak mengeras.

Cara lainnya adalah lapisi kaca mobil Anda menggunakan kaca film yang dapat menangkal sinar ultraviolet ke dalam kabin, usahakan pilih yang berkualitas baik meskipun harganya lebih mahal.

Selain itu selalu rutin melakukan poles bodi pada mobil agar cat mempunyai lapisan pelindung.

Yang tidak kalah pentingnya yaitu jangan pernah menaruh benda-benda mudah meledak atau terbakar di dalam kabin saat meninggalkan mobil seperti korek gas, botol parfum dan bahan bakar.

Pasalnya jika terkena panas maka sangat berbahaya sekali dan bisa saja kendaraan Anda terbakar.