Hari Lahir Charles Perrault ke 388 di Google Doodle

Hari Lahir Charles Perrault ke 388 di Google Doodle
Bukan kali pertama, sang mesin telusur raksasa selalu turut dalam sederet perayaan dengan mempersembahkan Doodle unik. Hari ini, Selasa (12/1), giliran Hari Lahir Charles Perrault ke 388 di Google Doodle yang jadi tema Doodle.

Bukan tanpa alasan, laki-laki yang lahir di Paris pada 1628 itu adalah penulis kisah yang mungkin saja menghiasi masa kecil sebagian anak-anak dunia. Sebut saja Little Red Riding Hood, Sleeping Beauty, dan Cinderella. Nama-nama itu tak lagi asing di telinga, bahkan setelah 388 tahun 'usia' sang penulis.

Sebagaimana dimuat Telegraph, Charles berprofesi sebagai pengacara sebelum akhirnya jadi 'ayah' bagi tokoh-tokoh negeri dongeng. 200 tahun silam, kisah-kisah yang semua semula 'dikisahkan' dalam bahasa Perancis itu ditulis Charles. Hingga pada 1695, ia menuslis Tales and Stories of the Past with Morals.

Sukes besar-besaran. Buku yang ditulis di usianya yang mencapai 67 tahun itu diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris pada 1729 oleh Robert Samber. Telegraph memuat, banyak pemabaca yang terkejut saat mendapati dongeng karya Charles yang hilang satu-dua

Little Red Riding Hood, misalnya yang secara eksplisit menggambarkan sosok serigala sebagai laki-laki penganggu gadis muda yang berkeliaran sendiri di hutan. 

Juga, versi Sleeping Beauty yang diketahui sekarang merupakan kombinasi antara kisah Charles Perrault (dongeng lama di abad ke-14) dengan karya adaptasi yang dilakukan Briar Rose. Meski demikian, tak tertampik kalau laki-laki yang meninggal pada 16 Mei 1703 silam itu merupakan salah satu tokoh yang membawa warna lain ke dunia dengan rangkaian aksaranya.

Demikian sedikit ulasan mengenai Hari Lahir Charles Perrault ke 388 di Google Doodle.